Cara Menata Taman Rumah yang Simple

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Menata Taman Rumah yang Simple - Apapun memang harus banyak belajar, kalau tidak biasanya akan menghadapi kesulitan misalnya saja dalam hal penataan rumah seperti menata taman. Meski terkadang kita hanya ingin menata taman simpel namun tetap saja hal simpel sederhana tersebut tidak bisa kita lakukan dengan maksimal tanpa tahu ilmunya. Oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan berbicara sedikit mengenai cara menata taman agar dapat menjadi inspirasi dan ide bagi kita semua.

Dalam pembahasan kita kali ini kita akan mencoba memahami beberapa dasar pertimbangan yang sebaiknya kita gunakan dalam penataan berbagai taman yang dikehendaki. Dengan mengetahui berbagai pertimbangan tersebut diharapkan kita mampu membuat taman rumah sederhana yang indah dan sesuai dengan keinginan. Cukup menarik bukan, mau tahu bagaimana tips yang digunakan?

Ya, jika ingin simpel kita dapat langsung mencari contoh berbagai konsep taman seperti yang ada di atas dan menerapkannya. Tapi perlu diingat, contoh tentu saja tidak bisa secara total kita terapkan dengan mudah karena pada praktekknya terkadang kita memiliki kendala tersendiri. 

Oleh karena itu, dalam penataan hendaknya kita bisa mempertimbangkan berbagai komponen dengan baik sehingga taman yang dibuat bisa memenuhi harapan. Dalam menata taman sederhana ada beberapa tips yang bisa kita pergunakan yaitu sebagai berikut:

1) Perhatikan jarak
2) Perhatikan cara tanam
3) Berikan tanaman yang bervariasi
4) Perhatikan luas taman
5) Perhatikan kondisi tanah dan resapan air
6) Kombinasikan dengan paving
7) Tambahkan sedikit furniture

Dalam membuat taman hendaknya kita perhatikan jarak. Hindari menaruh deretan tanaman dengan jarak yang terlalu dekat. Hal ini akan membuat taman menjadi sempit dan terlihat berjubel dan penuh sesak. Tentu saja ini sangat penting untuk menciptakan sebuah pemandangan yang rapi dan indah. Selain itu jangan lupa juga untuk memperhatikan cara penanaman. Untuk taman kita bisa gunakan metode menanam dengan desain garis lurus. Karena dengan garis lurus taman akan terlihat rapi.

Untuk mendapatkan kesan yang sempurna kita bisa memberikan tanaman yang bervariasi. Misalnya, apabila membeli tanaman atau bunga untuk taman, jangan hanya memilih satu jenis tanaman. Tempatkan berbagai jenis tanaman dalam satu kelompok yang disusun rapi. Selain itu untuk alternatif, pada taman belakang rumah, bisa ditempatkan satu set furniture. Karena bagian belakang rumah bisa digunakan untuk area bersantai keluarga.

Dalam membangun atau membuat taman tersebut awalnya kita harus benar-benar memperhatikan luas taman. Luas taman ini akan berkaitan dengan jumlah dan jenis tanaman yang bisa ditanam. Selain itu luas ini nantinya juga akan berkaitan dengan hal lain seperti misalnya furniture dan sarana lainnya. Hendaknya kita bisa menyesuaikan berbagai hal yang ditempatkan di taman dengan luas taman secara keseluruhan. Jangan terlalu memaksa pada taman sempit karena hanya akan merusak pemandangan saja. 

Hal dasar lain dalam membuat taman yaitu mengenai kondisi tanah dan resapan air. Sedari awal hendaknya kita lihat bagaimana kondisi tanah dan aliran air, jangan sampai nanti di taman ada aliran air yang menggenang dan merusak keindahan. Untuk mempercantik tampilan dan juga untuk menjaga tanaman kita bisa menggunakan kombinasi paving baik untuk disekitar tanaman tertentu maupun untuk akses jalan. 

Cara Menata Taman Rumah yang Simple

Memang, dalam penataan seperti ini kita bisa langsung mencari dan menerapkan sebuah desain tertentu namun pada penerapannya pasti saja ada hal yang harus kita tentukan sendiri. Karena itu kita setidaknya harus mengetahui pertimbangan-pertimbangan dasar dalam penataan tersebut. Kalau ingin mendapatkan banyak referensi maka kita bisa mengawali proses penataan dengan mencari berbagai referensi, misalnya saja kita bisa mencari berbagai contoh untuk:
  1. Desain taman 
  2. Menata taman asri 
  3. Menata taman sendiri 
  4. Cara menata rumah kecil
  5. Cara menata rumah sederhana
  6. Menata taman di lahan sempit 
  7. Cara menata rumah minimalis
  8. Cara menata rumah agar rapi
  9. Menata taman depan rumah 
  10. Menata taman dalam rumah 
  11. Cara menata taman kecil
  12. Menata taman mungil 

Masing-masing dari poin di atas memberikan ide-ide tersendiri bagi kita yang akan segera mewujudkan sebuah taman idaman yang indah. Jadi untuk melengkapi pembahasan ini kita juga bisa belajar beberapa pembahasan lain seperti di atas. Kiranya itu saja sedikit tips Cara Menata Taman Rumah yang Simple yang bisa kita bahas kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menjadi sumber ide dan inspirasi kita semua. Jangan lupa lihat juga Kumpulan Gambar Desain Rumah Minimalis Dan Modern 2015. Desain Kamar Tidur, Ruang Tamu, Dapur, Ruang Keluarga. Sketsa Rumah Type 21, 36, 45, 48, 70, dan sebagainya.