Genteng Metal untuk Atap Tahan Lama

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Dewasa ini penggunaan genteng metal sudah semakin umum digunakan. Bukan hanya untuk jenis bangunan kantor atau gedung-gedung modern saja bahkan bangunan rumah tinggal pun sudah banyak yang menggunakan genteng tersebut. Kenapa bisa demikian, tentu saja ada alasan yang mendasari hal itu. Bagaimana dengan anda, apakah ada ide untuk memanfaatkan teknologi tersebut?

Salah satu pertimbangan yang banyak diperhitungkan dalam penggunaan genteng adalah bobot atau berat genteng. Karena perkembangan dunia properti ini mengarah pada penggunaan atap yang lebih ringan dan lebih tahan lama. Itulah salah satu dasar yang membuat mulai banyaknya genteng yang menggunakan bahan selain tanah.

Di luar negeri bahkan sudah ada genteng yang lebih ringan yang terbuat dari bahan khusus. Sedangkan di Indonesia sendiri yang sudah mulai banyak dimanfaatkan adalah jenis genteng metal. Bahan genteng metal tersebut terbuat dari bahan dasar plat zincalume. Bahkan saat ini sudah lumayan banyak jenis genteng tersebut yaitu jenis Maharoof, Mahacolor, Multiroof, Suryaroof, dan Wina Zincalum.

Secara umum genteng metal terdiri dari dua jenis yaitu genteng metal polos/colour dan genteng metal pasir. Genteng metal polos memiliki ciri permukaan yang halus dan lebih mengkilat sedangkan genteng metal pasir memiliki permukaan yang kasar. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Untuk genteng polos misalnya lebih terlihat elegan dengan warna yang mengkilat sedangkan genteng metal pasir lebih dapat meredam suara berisik.

Saat ini sudah banyak produsen genteng metal yang mampu menyediakan genteng dengan berbagai variasi baik dari segi warna, ukuran maupun modelnya. Khusus untuk ukuran genteng metal sendiri tentu tidak terlalu banyak variasi, berbeda dengan pilihan warna yang tersedia yang cenderung lebih banyak. Sedangkan untuk harga genteng metal sendiri bervariasi, ada yang mahal dan ada yang murah.

Genteng metal pasir

Di atas telah disebutkan bahwa di pasaran ada dua jenis yang dapat digunakan yaitu yang polos dan yang berpasir. Genteng metal berpasir hampir sama dengan yang polos, hanya saja bagian permukaan luar genteng tersebut tidak licin atau tidak halus.

Genteng yang juga dikenal dengan sebutan genteng metal batuan fulo roof memiliki aplikasi berupa laminasi polypropylene dan serbuk batuan. Nah, serbuk batuan itulah yang membuat lapisan luas lebih kasar.

Adanya serbuk batuan pada genteng ini bertujuan untuk meredam panas sinar matahari dan juga untuk meredam suara air hujan yang jatuh pada atap. Dengan adanya lapisan tersebut maka genteng yang dipasang tidak berisik dan menimbulkan polusi suara.

Genteng Metal Pasir FULO ROOF terbuat dengan bahan dasar zinc alume dengan bagian bawah dilapisi back coat zinc alumininium coating, zinc phosphat dan polyester paint. Sedangkan bagian atasnya dilapisi dengan top coat zinc aluminium coating, zinc phosphat, primary epoxy, synthetic resin dan stone chip serta acrilic finishing.

Untuk jenis genteng ini sendiri ada beberapa keunggulan yang bisa didapat. Beberapa keunggulan genteng metal berpasir tersebut yaitu anti rayap, anti bocor, anti panas, bebas korosi, insulasi suara, ringan dan kuat. Selain itu bahan atau genteng tersebut juga tidak merambat api. Genteng ini pemasangannya juga cepat dan cukup ekonomis. Lalu bagaimana dengan harganya?

Harga genteng metal berpasir sendiri tentu bervariasi tergantung penyedianya. Harga tergantung pada merek, ukuran dan juga kualitas bahan, ada yang berkisar antara 50 ribu dan ada juga yang sampai 100 ribuan per lembar. Untuk masalah harga tentu saja dapat anda cari informasinya lebih lanjut ke penyedia atau toko bangunan.

Genteng metal warna

Genteng metal ini juga ada yang polos dalam arti tidak seperti yang berpasir. Yang polos ini lebih dikenal dengan jenis genteng metal colour. Kelebihan dari jenis ini adalah permukaannya yang lebih enak dipandang karena lebih halus dan lebih tegas warnanya. Namun begitu genteng jenis ini tidak dibuat dengan lapisan tambahan seperti untuk peredam panas dan juga suara air hujan.

Tentu saja, jenis genteng polos ini dapat anda pilih sebagai alternatif yang tentunya dapat disesuaikan terlebih dahulu dengan keadaan. Tapi ingat, jangan asal mencari genteng metal murah karena tanpa diperhitungkan bisa saja anda menyesal kemudian. Untuk melengkapi variasi yang ada mungkin anda dapat mempertimbangkan juga bebrapa jenis genteng berikut!

1) Genteng metal multiroof
2) Genteng keramik

Dua jenis atap di atas juga sudah banyak diterapkan dan digunakan bahkan untuk bangunan rumah sekalipun. Semua tergantung bagaimana kebutuhan dan keinginan anda masing-masing. Yang jelas saat ini untuk genteng sudah ada pilihan selain genteng biasa.

Jika anda ingin menggunakan jenis genteng tersebut tentu  ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misalnya mengenai biaya, efektivitas, tujuan dan manfaat yang ingin dicapai. Bagaimana, apakah anda ingin mencoba jenis genteng tersebut, silahkan dipertimbangkan lebih lanjut!

Cara pasang genteng metal

Jangan tergesa-gesa, bagi anda yang berniat memasang atau menggunakan jenis genteng metal ada baiknya anda pertimbangkan beberapa hal. Yang pertama mengenai model yang diinginkan, warna dan juga mengenai cara pemasangan genteng tersebut. Perlu diketahui ukuran genteng ini ada beberapa macam sehingga akan berpengaruh juga pada rangka atap yang harus disiapkan.

Maka dari itu ketika berniat menggunakan genteng tahan lama ini perlu anda ketahui bagaimana spesifikasi genteng metal tersebut. Didalamnya perlu anda perhatikan ukuran, berat dan juga beberapa hal lain. Yang tak kalah penting juga disana ada informasi mengenai rangka atap yang perlu disiapkan.

Untuk pemasangan sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan jenis atap dari seng atau asbes. Bedanya genteng ini menggunakan skrup dalam pemasangannya. Untuk pemasangannya sendiri harus menggunakan teknik yang benar agar genteng tersebut dapat terpasang dengan tepat. Untuk itu perlu dipertimbangkan juga mengenai tenaga atau siapa yang akan memasang genteng tersebut.

Akan lebih baik, jika masih ragu, untuk menggunakan jasa ahli dalam pemasangan tersebut. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, genteng tidak bocor dan dapat tertata dengan rapi. Meski membutuhkan tambahan dana namun dengan menggunakan jasa ahli maka anda tidak perlu pusing dan khawatir pemasangan genteng tidak sesuai.

Genteng metal ini dapat anda gunakan untuk solusi yang lebih efektif karena genteng ini tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan genteng biasa. Jadi, genteng ini bisa awet dan tahan lama sekaligus cukup ekonomis untuk diterapkan di rumah tinggal. Demikian sedikit mengenai pemanfaatan genteng terbaru tersebut. Mudah-mudahan dapat bermanfaat, salam hangat dari kami.