Cara Menata Pohon di Halaman Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Sudah tahu bagaimana Cara Menata Pohon di Halaman Rumah yang kita miliki? Ya, seolah tidak ada habisnya memang jika kita berbicara mengenai rumah. Ada saja yang harus dibenahi agar rumah yang kita miliki menjadi rumah idaman yang indah sekaligus nyaman untuk ditinggali. Kali ini kita akan melakukan penataan tanaman yang ada di halaman rumah kita. Maksudnya agar halaman rumah tidak gersang tetapi sejuk, asri dan indah dipandang. 

Sebelum kita melakukan petanaan halaman dengan berbagai jenis tanaman atau pohon kita akan belajar terlebih dahulu beberapa kiat dan tips bagaimana cara melakukannya. Kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang harus kita pertimbangkan ketika hendak menata atau menanam berbagai pohon yang diinginkan. Penataannya bagaimana, jenis pohonnya apa, semua itu akan kita pelajari terlebih dahulu agar nantinya berbagai tanaman pohon yang kita tanam benar-benar bisa berfungsi seperti keinginan. Untuk itu nanti kita juga akan mengupas satu contoh untuk Gambar Menata Pohon di Halaman Rumah yang bisa jadi bahan rujukan kita.

Penanaman pohon di halaman rumah memiliki beberapa fungsi penting. Fungsi utama penanaman pohon adalah untuk membuat rumah kita tampak lebih indah dan asri. Kedua, kita bisa menanam pohon tersebut untuk menjaga agar rumah lebih rindang dan alami dengan udara yang bersih dan segar. Oleh karena itu, agar memenuhi dua fungsi penting tersebut kita tidak boleh sembarangan menanam pohon karena jika sembarangan bukannya rumah tambah indah malah tambah berantakan.

Pohon yang ditanam harus sesuai dan lokasi penanaman juga harus disesuaikan dengan benar. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini, kita juga pelru mempertimbangkan beberapa hal penting lainnya, misalnya mengenai:

1) Gambar menata pohon di halaman rumah
2) Menata halaman rumah yang sempit
3) Menata halaman rumah dengan tanaman
4) Menata halaman rumah yang luas
5) Menata halaman rumah yg sempit
6) Menata halaman rumah minimalis
7) Memilih dan menanam tanaman pagar indah

Intinya, penanaman pohon ini bertujuan untuk membuat rumah lebih indah, segar, nyaman dan sehat. Makanya kita perlu tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik untuk mendapatkan sebuah halaman rumah yang menarik. Dalam proses menata pohon di halaman rumah kita bisa menerapkan beberapa tips yang ada di bawah ini.

Pilih jenis pohon yang tepat
Tidak semua jenis pohon baik dan cocok untuk ditanam di areal rumah termasuk halaman depan. Pohon yang bisa ditanam di halaman haruslah merupakan pohon yang tidak terlalu tinggi, termasuk jenis perlu. Selain itu pohon yang ditanam juga harus memiliki nilai seni atau keindahan yang bisa dijadikan pemandangan. Atau bisa juga jenis pohon yang bisa memberikan keteduhan atau pohon rindang. 

Jika kita ingin menata halaman dengan tanaman atau pohon maka sebaiknya kita pilih jenis pohon yang tepat dan sesuai. Misalnya saja kita bisa memilih jenis pohon perdu, jenis pohon bonsai, dan atau yang termasuk tanaman bunga. Intinya dalam pemilihan kita perlu mempertimbangkan tinggi pohon dan besar pohon nantinya agar tidak membuat lingkungan rumah kita terlihat seperti hutan belantara.

Tanam pohon di tepi halaman
Dalam menanam pohon di area halaman hendaknya kita perhatikan benar tata letak yang akan digunakan. Yang terpenting adalah tempatkan atau tanam pohon dengan tata letak yang sesuai dengan luas halaman. Untuk halaman yang sempit atau tidak terlalu luas sebaiknya utamakan menata pohon di bagian pinggir atau tepi halaman agar luas halaman tidak hilang.

Dalam pemilihan lokasi ini hendaknya kita sesuaikan juga dengan jenis pohon yang akan ditanam. Misalnya kita bisa mengkombinasikan letak tanaman tersebut berdasarkan jenis pohon yang dipilih misalnya untuk pohon rindang kita tanam di tepi sedangkan pohon lain kita sesuaikan.

Kombinasikan jenis pohon
Bukan hanya tata letak yang harus kita perhatikan, jenis tanaman juga harus kita perhatikan. Untuk mendapatkan kesan alami dan indah kita bisa mengkombinasikan beberapa jenis pohon dalam satu halaman. Yang perlu di ingat, kombinasi tersebut hendaknya terdiri dari jenis pohon kecil, pohon rindang dan juga pohon bunga.

Jika tidak memungkinkan tidak perlu terlalu memaksa yang terpenting ada kombinasi jenis tanaman yang kita tanam di area halaman rumah tersebut. Jika halaman hanya berisi satu jenis pohon saja mungkin rumah tersebut akan asri tetapi dari sisi keindahan tentu akan sedikit berkurang.

Variasikan dengan bunga
Untuk mendapatkan sebuah halaman rumah yang asri dan indah kita juga bisa mengkombinasikan penanaman pohon rindang dengan berbagai tanaman bunga. Tanaman bunga tersebut bisa kita pilih dan sesuaikan baik dari sisi warna bunganya, tinggi pohonnya dan lain sebagainya. 

Untuk menimbulkan kesan penuh warna kita bisa memilih beberapa jenis bunga yang memiliki warna berbeda. Namun perlu diingat juga bahwa warna bunga tersebut juga harus disesuaikan dengan lingkungan dan luas lahan. Terkadang warna yang terlalu banyak ragamnya juga justru menimbulkan kesan yang tidak sejuk dan justru terkesan semrawut. Maka dari itu hendaknya di sesuaikan sampai pada jumlah warna yang diinginkan.

Bentuk satu rumpun pohon
Dalam menata pepohonan atau tumbuhan di lingkungan halaman sebaiknya kita kombinasikan dalam bentuk rumpun. Jadi misalnya kita buat satu rumpun tanaman yang terdiri dari beberapa jenis. Kombinasi dalam satu rumpun dapat dibentuk dari susunan pohon yang bervariasi bentuk, tinggi dan juga warnanya. Pohon yang lebih tinggi kita kombinasikan dengan beberapa tanaman yang lebih rendah seperti dalam satu rumpun bambu.

Cara Menata Pohon di Halaman Rumah
Foto: Ilustrasi/rsud.wonogirikab.go.id

Pembentukan satu rumpun pohon ini akan menimbulkan kesan yang lebih elok dan alami dengan beberapa kombinasi yang dapat disesuaikan dengan selera dan keadaan halaman. Untuk membentuk satu rumpun tanaman kita juga dapat memanfaatkan beberapa tanaman bunga yang ditempatkan di dalam pot. Caranya kita susun sedemikian rupa di sekitar pohon yang paling tinggi sehingga membentuk rumpun.

Demikianlah sedikit tips dan kiat untuk cara manata pohon di halaman rumah kita. Perlu kita ingat bahwa yang dipaparkan di atas hanya sekedar tips dan kiat dan tentunya dalam aplikasinya kita tidak harus menuruti apa yang dijelaskan. Kita ambil yang sesuai dan cocok untuk kita terapkan di lingkungan halaman rumah idaman yang kita miliki. Itu saja, selamat menata lingkungan asri yang indah.