Penataan Rumah Sederhana dan Apik

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Konsep Penataan Rumah Sederhana dan Apik tentu saja banyak dan selalu didambakan oleh banyak orang. Meski kebanyakan lebih suka tatanan yang mewah namun interior sederhana yang tertata dengan apik juga menjadi salah satu yang digemari.

Dalam kesederhanaan juga bisa ditonjolkan kemewahan yang sesuai dengan keinginan. Dalam melakukan penataan dalam sebuah rumah sebenarnya banyak yang meski dipertimbangkan. Semakin detail perhatian kita maka akan semakin sempurna dekorasi penataan yang dihasilkan.

Kadang ada yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan sebuah "penataan runah sederhana dan apik" kita membutuhkan dana lebih padahal sebenarnya inti dari penataan yang indah adalah pada keserasian semua detail yang ada.

Tanpa memperhatikan detail di berbagai bagian rumah maka akan sulit bagi kita untuk mendapatkan hasil yang di inginkan. Begitupun jika kita ingin menciptakan sebuah suasana nyaman dan indah untuk setiap ruangan yang ada. Sebelum lebih jauh membahas mengenai hal ini baiknya baca juga:

1) Cara menata pohon di halaman rumah
2) Penataan rumah minimalis type 45
3) Penataan rumah mungil
4) Penataan rumah minimalis

Indah atau tidak rumah kita sangat tergantung seberapa mampu tangan kita dalam memberikan sentuhan yang tepat. Tidak harus mahal, bahkan yang sederhana sekalipun dapat menimbulkan kesan apik, mewah, elegan dan berwibawa serta menyenangkan. 

Tips Penataan Rumah Sederhana

Dalam melakukan penataan untuk rumah dengan konsep yang sederhana, agar terlihat apik maka kita perlu memperhatikan beberapa hal dasar. Setidaknya ada empat hal dasar yang perlu dipertimbangkan dengan serasi yaitu pertama mengenai warna yang digunakan, perkakas atau perabotan dan juga mengenai penggunaan dekorasi hiasan.

Pemilihan kombinasi warna
Warna yang ada di dalam rumah memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan kesan yang ingin dibangun dalam sebuah rumah. Dengan pemilihan warna yang tepat kita dapat memberikan suasana megah, mewah atau bahkan elegan. Pengaruh warna ini sangatlah besar karena itu untuk melakukan penataan atau dekorasi rumah kita harus benar-benar mempertimbangkannya dengan baik.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan kesan elegan kita dapat menggunakan skema warna yang cenderung lembur. Berebeda jika kita ingin mendapatkan kesan tegas yaitu menggunakan pilihan warna yang lebih terang dan berani. Akan sulit mendapatkan gambaran mengenai hal ini, maka dari itu sempatkan untuk melihat beberapa contoh gambar penataan rumah yang sudah disediakan.

Pemilihan perkakas dan furniture
Perkakas dan atau furniture yang digunakan juga berperan untuk memperkuat suasana atau kesan yang ingin ditampilkan. Dalam penataan rumah kita perlu memperhatikan pilihan perkakas atau furniture yang akan digunakan. Kita hendaknya memperhatikan dan mempertimbangkan mulai dair bentuk, ukuran, warna, tekstur dan lain sebagainya.

Penggunaan karpel atau ambal
Karpet atau hambal juga dapat memperkuat kesan apik yang ingin ditampilkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka perlu dipertimbangkan mengenai penggunaan karpet lantai. Pilih bentuk atau motif karpet yang sesuai dengan kesan yang ingin didapatkan. Perhatikan juga masalah pemilihan warnanya karena warna karpet juga akan berpengaruh terhadap hasil keseluruhan penataan.

Penambahan hiasan dinding
Masalah hiasan dinding jangan sampai berlebihan. Tambahkan hiasan dinding dalam jumlah yang sedikit, jangan lebih dari tiga hiasan karena terlalu banyak hiasan justru akan menimbulkan kesan semrawut. Pilih bentuk atau jenis hiasan yang dapat mendukung tema dekorasi yang dipakai. 

Contoh Penataan Rumah Apik

Berbagai tips dan kiat yang kita pelajari tentu tidak akan berdampak maksimal jika kita tidak mempelajari pula berbagai contoh hasil dari penataan tersebut. Maka dari itu kita sudah siapkan sebuah contoh gambar untuk hasil penataan interior rumah sederhana yang memiliki kesan apik dan elegan. Agar lebih jelas bagaimana kita dapat menata rumah kita maka mari kita perhatikan gambar interior di bawah ini.

Penataan Rumah Sederhana dan Apik

Sebuah ruangan yang tampil sederhana namun elegan dan apik. Tidak begitu terlihat mewah namun ada unsur kesejukan dan wibawa dalam penataannya. Coba lihat pilihan warna yang digunakan, warna dinding serasi dengan pilihan warna lain yang ada di ruangan tersebut. Kombinasi antara warna tua atau gelap dengan warna yang lebih terang dengan sentuhan warna yang sedikit berani dibagian hiasan. Motif bantal di sofa dan juga karpet juga selaras dengan pembatas ruangan yang digunakan dalam ruang tersebut. Sungguh sebuah penataan rumah sederhana dan apik yang patut untuk dicontoh.

Di atas hanyalah contoh untuk sebuah hasil konsep penataan yang cukup menarik. Untuk contoh-contoh lain kita bisa melihatnya di bagian akhir tulisan ini. Dengan adanya gambar di atas maka berakhirlah pembahasan kita kali ini. Mudah-mudahan tips dan kiat di atas bisa bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan. Itu saja, sampai jumpa di kesempatan berbeda.