Desain Taman Minimalis, Cocok untuk Lahan Sempit

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Mendengar kata “minimalis” biasanya orang akan berpikir kepada sesuatu yang seadanya demikian juga dengan taman minimalis. Namun sebenarnya, tidak jarang bisa dijumpai sesuatu yang minimalis tetap tidak kalah dengan yang modern dan mewah. Sebut saja misalnya desain taman, meski menggunakan konsep minimalis namun taman tetap dapat dibuat seindah dan semewah mungkin. 

Desain taman yang minimalis ini biasanya akan lebih cocok tentunya untuk lokasi lahan yang sempit atau tidak begitu luas. Desain minimalis, baik itu untuk taman kolam minimalis atau taman rumah minimalis, dapat diaplikasikan dengan kondisi lahan yang cukup terbatas dan pendanaan yang pas-pasan. Karena perlu diingat bahwa konsep ini lebih mengedepankan cara atau teknik untuk mebuat yang sederhana dan biasa menjadi hal yang lebih istimewa. 

Dengan adanya desain semacam ini tentunya anda yang memiliki lahan terbatas tidak perlu risau atau berkecil hati jika ingin membuat taman rumah. Dengan lahan seadanya tersebut pun anda tetap bisa membuat sebuah taman yang indah, menarik dan tentunya membuat rumah anda lebih istimewa. 

Untuk membuat taman ini anda juga tetap punya keleluasaan dalam memustuskan baik itu mengenai pilihan desainnya maupun lokasinya. Karena intinya adalah membuat rumah kita lebih indah dan nyaman dengan adanya taman. Bagaimana, apakah anda ingin juga memiliki rumah indah dengan taman yang sejuk?

Pilihan desain taman
Untuk mewujudkan taman yang indah namun dengan lokasi yang sempit anda bisa memilih desain taman mungil. Jika lokasinya lebih luas anda juga tetap bisa memanfaatkan desain seperti ini, semua sesuai kebutuhan anda masing-masing. Lalu bagaimana dengan pilihan taman yang dapat kita bangun, apakah beragam?

Jenis taman yang bisa dibuat dengan minimalis tentu saja beragam. Pada dasarnya semua dapat disesuaikan dengan keadaan yang ada. Sebut saja misalnya anda ingin membuat taman bergaya eropa, anda dapat membuatnya dengan desain yang minimalis, begitu juga dengan gaya taman lainnya. Untuk tambahan referensi, berikut beberapa jenis taman yang dapat anda buat.

1) Taman minimalis jepang
2) Taman minimalis modern
3) Taman minimalis klasik
4) Taman minimalis unik
5) Taman minimalis oriental eropa

Dari gaya taman bisa anda lihat sendiri bahwa meski menggunakan konsep minimalis anda tetap dapat mengaplikasikan gaya taman pilihan anda. Yang terpenting adalah anda dapat benar-benar menyusun taman tersebut sedemikian rupa agar tampak indah meski seadanya. Jangan terlalu berpatokan dengan gaya asli yang ditiru, coba kembangkan dengan penataan sesuai keinginan anda.

Pilihan lokasi taman
Model taman minimalis ini juga dapat diterapkan untuk jenis taman dilokasi manapun. Untuk hal seperti ini sebenarnya tidak perlu dibahas lebih lanjut karena seharusnya anda juga sudah memahaminya. Namun begitu perlu diingat bahwa konsep minimalis ini nantinya juga hendaknya disesuaikan lagi dengan lokasi taman.

Artinya, konsep desain taman di lahan sangat sempit tentunya harus sedikit berbeda dengan taman dilahan yang lebih luas. Selain itu taman di luar rumah tentu juga akan berbeda konsep dengan taman di lingkungan dalam rumah. Misalnya dari segi ornamen dan tanaman yang bisa ditanam jelas berbeda.

Jadi meskipun sama-sama menggunakan desain taman minimalis di lahan sempit sebuah taman juga harus disesuaikan lagi dengan lokasinya apakah di dalam, di luar atau bahkan di atas. Nah, untuk pilihan lokasinya, anda dapat menerapkan konsep taman minimalis tersebut dibeberapa tempat yaitu sebagai berikut!

1) Taman minimalis dibelakang rumah
2) Taman minimalis samping rumah
3) Taman minimalis didalam rumah

Meski memiliki lahan yang cukup sempit, dibelakang rumah sekalipun anda dapat membuat taman dan menerapkan konsep minimalis ini. Untuk taman belakang mungkin yang perlu anda pertimbangkan lebih jauh mengenai berbagai tanaman yang akan ditaman. Tentu tanaman tersebut sedikit berbeda dengan jenis tanaman untuk taman ditempat lain.

Selain dibelakang, anda juga bisa membuat taman yang berada di samping rumah. taman ini juga dapat dibuat menggunakan lahan yang terbatas. Dengan taman ini anda dapat meningkatkan hawa sejuk dan suasana asri di sekitar rumah anda. Anda juga tetap bisa memadukannya dengan taman kolam agar memiliki nuansa yang lebih alami. 

Konsep atau model taman minimalis juga dapat anda gunakan untuk jenis taman di areal dalam rumah. Anda dapat menciptakan suasana yang lebih segar, udara yang sejuk serta nuansa yang alami dengan taman tersebut. Jadi, jenis taman minimalis sekalipun dapat diterapkan diberbagai areal rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. 

Jadi, apakah anda berminat untuk membuat taman rumah? Jika benar anda dapat menerapkan desain taman yang minimalis untuk menyiasati keadaan lahan yang terbatas dan sempit. Desain tersebut dapat menjadi solusi yang cukup bijak untuk anda pertimbangkan. Bagaimana, agar lebih puas jangan lupa untuk melihat beberapa contoh desain yang tersedia. Itu saja, semoga bermanfaat!