Tips Menata Kamar Tidur yang Sempit

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tips Menata Kamar Tidur yang Sempit - Memiliki sebuah kamar tidur yang tidak begitu luas memang sering kali membuat stress saat melakukan deko. Hal ini mengingat banyak sekali keterbatasan yang harus disiasati karena sempitnya area kamar yang bisa digunakan. Namun tidak usah takut, jika sudah terlanjut membuat kamar tidur yang ukurannya minimal tersebut kita masih bisa melakukan beberapa tips untuk membuat ruangan tersebut lebih maksimal. Jadi jangan buru-buru membongkar dinding ruangan ini jika belum mencoba beberapa tips yang ada di bawah ini.

Untuk menghindari masalah kamar yang sempit ini maka sebaiknya dalam membangun sebuah rumah hendaknya kita benar-benar mempertimbangkan segala aspek, misalnya mengenai luas masing-masing kamar. Tidak ada alasan untuk membuat ruangan terlalu sempit bahkan meski rumah kita ukurannya tidak terlalu besar. Menurut hemat penulis, akan lebih baik jika kita memiliki ruangan yang cukup lebar meski hanya sedikit dari pada memiliki banyak ruang kamar namun terlalu sempit.

Perlu di ingat bahwa tidak ada satu carapun untuk membuat kamar sempit jadi luas kecuali membongkarnya karena pada dasarnya tips berikut hanya untuk membuat ruang kamar yang sempit tersebut tidak terlihat sempit. Bagi yang sudah terlanjut jangan berkecil hati karena banyak yang mengalami masalah seperti ini. Ini bisa dilihat dari adanya beberapa pembahasan lain sebagai berikut:
  1. Cara menata ruang sempit
  2. Membuat ruangan kecil terlihat luas
  3. Dekorasi rumah dengan cermin
  4. Cara dekorasi rumah kecil yang bagus
  5. Tip menata ruangan rumah indah
  6. Kamar remaja menyatu dengan kamar mandi
  7. Menyiasati kamar tidur sempit
  8. Hiasan dinding kamar tidur
  9. Menata ruang tidur yang sempit
  10. Desain kamar tidur minimalis
  11. Kamar tidur sempit sederhana
  12. Kamar tidur sempit mewah
  13. Kamar tidur sempit terlihat luas
  14. Kamar tidur sempit minimalis

Kembali ke pokok pembahasan, untuk menata kamar tidur sempit masih ada beberapa langkah efektif yang bisa kita lakukan. Langkah - langkah tersebut dapat kita lakukan saat kita melakukan dekorasi interior kamar mulai dari pemilihan perabotan, penempatan dan lain sebagainya. Agar lebih jelas mari kita bahas berbagai tips rumah idaman tersebut di bawah ini.

Batasi hiasan dan furniture
Hal yang perlu kita ingat adalah ruangan sempit tidak akan mampu menampung banyak perabotan. Maka dari itu akan lebih baik jika kita bisa bijak memilih perabotan yang paling penting dan yang paling dibutuhkan dalam ruangan kamar tersebut. Agar ruangan tidak terlihat tampah sumpek dan sempit maka kita bisa membatasi hiasan dan berbagai perabotan yang kurang bermanfaat.

Pilihlah furniture yang paling dibutuhkan dalam kamar tersebut mulai dari tempat tidur, lemari pakaian dan meja hias. Jangan tempatkan perabotan lain yang kurang begitu bernilai karena hanya akan menambah sempit ruangan tersebut.

Maksimalkan penggunaan ruang
Selanjutnya, karena ruangan tidak luas maka kita harus memaksimalkan penggunaan semua ruang kosong di dalam kamar. Agar lebih maksimal kita bisa memanfaatkan bagian ruangan yang biasanya tidak dipakai misalnya di bagian pojok ruangan dan bagian atas ruangan. Untuk menggunakan pojok ruangan kita dapat memesan perabotan khusus dengan bentuk yang bisa disesuaikan dengan bidang yang akan diisi. Dengan begitu meski ruangannya kecil tapi kita masih bisa menempatkan furnitur lain yang dibutuhkan.

Aplikasinya kita bisa menempatkan meja belajar atau cermin hias atau bahkan lemari di bagian pojok kamar tersebut. Tapi ingat, proposi penggunaan ruang juga tetap harus diperhatikan baik dari sisi kepantasan, kenyamanan maupun keindahan.

Tambahkan cermin
Tip berikutnya untuk menyiasati ruangan kamar tersebut adalah dengan memasang cermin besar di salah satu bagian dinding kamar. Cermin ini akan berfungsi sebagai pengalih pandangan dari tembok kamar yang akan membatasi pandangan mata. Dengan adanya cermin tersebut maka ruangan akan terkesan lebih luas karena cermin ini akan menampilkan fisual dari keadaan yang ada di depannya.

Foto: Aplikasi cermin untuk ruangan sempit/popsugar.com

Penggunaan cermin ini dapat dilakukan untuk membuat ruangan kamar tidak nampak seperti yang sebenarnya karena efek cermin tersebut. Aplikasi cermin seperti ini dapat kita lihat banyak diterpkan di berbagai pusat perbelanjaan misalnya di swalayan atau mall. Yang perlu kita lakukan adalah memilih besaran cermin yang sesuai dengan dinding dan ruangan yang ada.

Pilih furniture yang compact
Furniture compact yang dimaksud disini adalah furniture minimalis yang multi fungsi. Disini, untuk memaksimalkan penggunaan ruangan yang tidak terlalu luas maka akan lebih baik jika kita menggunakan model perabotan yang multi fungsi dan compact. Sebagai salah satu contohnya untuk ranjang atau tempat tidur kita bisa menggunakan ranjang bertingkat untuk menghemat ruangan yang terbatas tersebut.

Foto: Penerapan furniture multi fungsi/infobisnisproperti.com

Selain tempat tidur, perabotan lain yang kita butuhkan juga bisa pilih dengan modal seperti ini mulai dari meja belajar, cermin hias, lemari pakaian dan lain sebagainya. Dengan menggunakan perabotan furniture seperti ini maka ruangan sempit akan bisa difungsikan dengan lebih maksimal. Untuk contoh aplikasi dari berbagai furniture tersebut dapat di lihat pada gambar.

Demikianlah sedikit Tips Menata Kamar Tidur yang Sempit yang bisa kita terapkan untuk ruangan kamar yang ada di rumah kita. Tips ini bisa kita gunakan untuk deko kamar cowok maupun kamar cewek. Selain itu tip ini juga dapat diterapkan di jenis ruangan lain misalnya saja ruang tamu, dapur, ruang kerja bahkan ruang keluarga sekalipun. Mudah-mudahan sedikit kiat di atas bisa bermanfaat.