Tip Menata Ruangan Rumah Indah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tip Menata Ruangan Rumah yang Indah - Ingin menjadikan semua ruangan di rumah Anda indah dan nyaman, sudah tahu apa tipnya? Tenang, kali ini kita akan berbicara mengenai berbagai kiat khusus dalam melakukan penataan ruangan di rumah idaman kita. Kita akan mendapatkan gambaran mengenai berbagai hal yang sebaiknya benar-benar dipertimbangkan dalam proses dekorasi tesebut. Dengan begitu kita bisa lebih mudah dalam menciptakan sebuah ruang yang memenuhi syarat baik dari sisi keindahan, kenyamanan maupun fungsi yang dimiliki.

Ruangan apapun di rumah kita semua sama saja, yang membedakan adalah bagaimana cara kita menata dan mendekorasi ruangan tersebut. Dalam penataan ruang ada hal-hal mendasar yang sebaiknya kita perhatikan. Jika tidak maka bisa dipastikan ruang yang dihasilkan dengan penataan asal-asalan pasti tidak memenuhi unsur yang kita inginkan pada ruang tersebut. Misalnya saja dari segi luas ruangan, kita pasti ingin memiliki ruangan yang cukup luas bukan, bahkan meski untuk ruangan yang sempit sekalipun kita pasti ingin ruangan tersebut tidak terlihat sempit. 

Dengan alasan tersebut maka wajib bagi kita untuk membekali diri dengan kemampuan dasar dalam penataan ruangan rumah agar bisa diterapkan di rumah idaman yang kita miliki. Beberapa yang bisa kita dalami sebagai bekal dasar dalam penataan desain interior rumah antara lain yaitu:
  1. Cara menata ruangan rumah
  2. Cara menata ruangan rumah type 36
  3. Menata ruangan rumah sederhana
  4. Cara menata ruangan rumah yang kecil
  5. Tips menata ruangan rumah
  6. Cara mengatur ruangan rumah
  7. Cara menata ruang tamu
  8. Menata kamar tidur
Berbekal berbagai kemampuan dasar dalam penataan tersebut maka kita akan lebih mampu menyiapkan sebuah ruangan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Sekarang, kembali ke tips menata ruangan rumah, mari kita pelajari beberapa hal dasar yang harus dipertimbangkan dalam penataan ruangan berikut. Seperti yang dilansir dari homeanddecor.ca, Rabu (01/07/2015), berikut 5 kunci dasar dalam menata ruangan yang ada di dalam rumah kita.

Perhatikan Perbandingan Skala
Penting untuk memperhatikan perbandingan antara ukuran perabotan dengan luas ruangan yang akan digunakan. Misalnya saja, jangan hanya pilih sofa yang ukurannya sesuai untuk keluarga Anda, namun pilih yang memadai dengan ruangan. Jangan sampai sebuah ruangan penuh berjubel dengan perabotan yang ukurannya tidak sesuai dengan perbandingan luas ruang.

Manfaatkan Detail Ruang
Maksimalkan apa yang ada, jangan terpaku pada keterbatasan, dalam penataan ruangan kita bisa bermain dengan sisi positif dari ruangan tersebut. Walau ruangan berukuran kecil kita bisa tonjolkan fitur terbaiknya. Misalnya, memiliki ruang makan kecil kita bisa memaksimalkan detail langit-langit bagus, buat titik fokal dengan menambahkan warna kontras ditambah lampu gantung dramatis. Mata yang melihatnya akan terfokus pada titik tersebut.

Perhatikan Kontras Warna
Untuk mendukung berbagai penataan yang ada kita bisa tambahkan energi di sebuah ruangan yaitu dengan menempatkan warna beragam. Warna netral memang warna aman di mana penggunaannya tidak akan "bertabrakan" dengan warna lain. Namun, jika sebuah ruangan keseluruhannya berwarna netral, akan memberi kesan membosankan. Dengan menggunakan jangkauan warna netral dan menggunakan beberapa titik warna cerah, sebuah ruangan akan terlihat lebih cerah dan berenergi.

Ciptakan harmoni dan keseimbangan
Mengapa titik fokal itu penting? Pada dasarnya, titik fokal mengarahkan mata pada apa yang pertama dilihat saat masuk ke sebuah ruangan. Sebuah jendela besar atau perabot bisa menjadi fokus dari sebuah ruangan. Pilih satu fitur yang menonjol di ruangan, dan buat perabot dan elemen lainnya mengkomplementasi.

Tip Menata Ruangan Rumah Indah
Foto: Contoh Penataan Ruangan/derumah

Berikan Variasi Tekstur, Pola, dan Kilap
Kadang-kadang, perabot dan dekor yang serba matching malah terlihat tidak mengesankan. Untuk membuat sebuah ruangan terasa lebih personal dan menarik, Anda perlu berbagai macam variasi pola, tekstur, dan kilap.

Bagaimana, sekarang dengan Tip Menata Ruangan Rumah yang Indah di atas kita sudah memiliki sedikit gambaran untuk menatata ruangan yang kita inginkan lebih menarik. Mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Jangan lupa baca juga beberapa tips lain yang ada di bagian akhir tulisan ini. Ada beberapa tip lain yang juga baik untuk kita pelajari khususnya yang berkaitan dengan interior rumah idaman kita, jangan sampai ketinggalan.