Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus - Menyiasati berbagai keterbatasan yang ada dalam membangun rumah idaman biasanya pilihan yang paling banyak akan jauh pada desain minimalis. Dengan pemilihan desain seperti itu permasalahan pun teratasi. Namun jika kita akan menata lebih jauh rumah kecil tersebut pasti akan ada kendala yang dihadapi khususnya terbatasnya luas ruangan sehingga menyulitkan kita untuk dekorasi rumah kecil tersebut. 

Kali ini akan kita bahas secara khusus berbagai perlakuan yang bisa diterapkan saat kita hendak melakukan dekorasi pada rumah yang kecil dengan keterbatasan luas ruangan. Akan kita bahas lebih dalam mengenai model penataan seperti apa saja yang cocok dan bagaimana cara mudah mengatur ruangan sempit pada rumah kita tersebut.

Semakin hari kebutuhan memang akan semakin meningkat, begitu juga dengan kebutuhan rumah tinggal yang kita miliki. Kalau pada awalnya kita tidak begitu perduli dengan desain interior rumah kita selang berganti waktu seiring perkembangan akan sangat mungkin kita mulai memikirkan konsep interior yang lebih bagus, nyaman, indah dan bahkan mewah. 

Pada saat kita mulai serius dengan desain interior tersebut maka hal yang akan kita lakukan adalah melakukan dekorasi ulang. Lalu bagaimanakah cara dekorasi rumah yang bagus untuk hunian kecil yang kita miliki?

Contoh Desain dan Dekorasi Rumah Kecil

Sebelum diuraikan lebih lanjut mengenai berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk dekorasi rumah ada baiknya anda melihat beberapa pilihan desain rumah dan juga dekorasinya di bawah ini. Mudah-mudahan contoh berikut bisa menjadi gambaran bagaimana pemilihan rumah kecil dan juga penyesuaian pada dekorasi interior yang digunakan. Baca juga: merawat peralatan masak anti lengket

Meski tidak banyak namun dari gambar ini diharapkan anda bisa memiliki sedikit proyeksi atas bagaimana rumah anda akan diperlakukan. Coba bayangkan, mana yang cocok untuk hunian anda, dan mana yang cocok untuk diterapkan.

 

 

Gambar di atas merupakan gambar desain rumah unik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi anda khususnya yang baru melakukan perencanaan. Untuk anda yang rumahnya telah jadi dan mungkin sudah ditempati dan ingin melakukan sedikit perubahan pada interiornya bisa melihat beberapa contoh berikut.

Cara Dekorasi Rumah Kecil
Foto: Dekorasi Rumah Mungil/anneahira.com


Ada banyak lagi contoh-contoh gambar desain interior yang bagus-bagus dan mungkin bisa sesuai dengan minat dan keinginan anda. Jika anda membutuhkan lebih banyak gambar anda bisa mencarinya langsung di pencarian khusus gambar setelah itu baru anda bisa menerapkan Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus.

Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus

Sekarang kita lanjut dengan apa yang harus kita lakukan yaitu Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus. Anda tentu bisa melakukan perubahan apapun yang anda suka namun jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal untuk interior rumah, anda bisa mempelajari beberapa pilihan penataan yang sedang tenar. Beberapa pilihan dekorasi rumah yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut:
  1. Cara menata ruang sempit
  2. Desain kamar mandi kecil minimalis
  3. Dekorasi rumah dengan cermin
  4. Dekorasi rumah kecil minimalis
  5. Dekorasi rumah sempit
  6. Dekorasi rumah mungil
  7. Cara dekorasi kamar
  8. Cara dekorasi kamar sederhana
  9. Cara dekorasi kamar tidur
  10. Cara menghias rumah kecil

Silahkan pelajari langsung yang berkaitan dengan minat anda untuk mendapatkan ide yang anda butuhkan. Selebihnya, jika anda akan mulai melakukan penataan ada baiknya anda membaca beberapa tips dekorasi rumah yang akan diberikan.

Beberapa tips berikut ini dapat diterapkan untuk membuat ruang di dalam desain rumah mungil anda agar menjadi lebih lapang. Hasilnya, Anda akan menikmati suasana di dalam rumah yang lebih lega. Bagaimana tips selengkapnya, silahkan baca penjelasan berikut.

Membuat Atap yang tinggi
Jika ruangan Anda terbatas luasnya maka buatlah desain atap untuk rumah mungil anda lebih tinggi agar dapat memberi kesan ruang lebih lega karena adanya cukup ruang ke atas.

Mengurangi Sekat Ruangan
Sekat antar ruangan dapat membuat rumah terasa tidak lapang. Untuk itu, Anda dapat mengurangi penggunaan sekat. Misalnya dengan menghilangkan sekat antara ruang makan dengan dapur. 

Penggunaan Cahaya
Ruangan yang terang dapat menjadi salah satu cara agar ruangan lebih terlihat luas. Maka, desain ruangan rumah mungil Anda dengan pencahayaan yang cukup terang. 

Penggunaan Warna Cerah
Cat rumah, warna gorden atau furnitur sebaiknya menggunakan warna-warna yang terang. Warna putih pada tembok dapat menjadi salah satu pilihan untuk ruangan yang sempit. Atau jika Anda ingin menggunakan wallpaper pada dinding, pilihlah wallpaper dengan motif kecil. 

Menggunakan Jendela Berukuran Besar 
Agar pandangan lebih luas, Anda dapat menggunakan jendela ukuran besar pada bagian depan rumah. Dengan demikian, penghuni rumah dapat melihat area yang luas di luar rumah dengan mudah seperti taman atau jalan. Hal ini akan memberi kesan luas. 

Penggunaan Cermin 
Penggunaan cermin merupakan hal yang paling sering digunakan untuk memberi kesan luas pada ruangan. Dengan cermin, Anda seolah-olah memiliki ruangan yang dua kali lebih besar karena pantulannya. 

Pilih Furniture dengan Tepat
Memilih furniture seperti kursi, meja atau rak harus disesuaikan dengan desain rumah mungil nya. Karena terbatasnya besar ruangan, maka pilihlah furniture yang sederhana dan dalam ukuran yang kecil. Lalu cobalah pilih furniture dengan warna yang menyerupai warna cat rumah Anda. Selain menghemat tempat, ini juga dapat membuat kesesuaian yang baik dengan ukuran ruangan. Warna yang menyerupai cat tembok akan membuat kesan lebih luas.

Anda dapat pula memilih (desain furniture) multi fungsi. Misalnya meja yang juga dapat berfungsi sebagai kursi dengan menambahkan jok pada bagian atasnya. Furniture lainnya misalnya ranjang di mana pada bagian bawahnya dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan.
Yang tidak kalah pentingnya adalah tata letak dari furniture. Dengan posisi letak yang tepat dapat memberi ruang kosong pada ruangan. 

Pemanfaatan Ruangan Multi Fungsi
Untuk menyiasati rumah agar dapat memenuhi fungsi yang ada, jadikan sebuah ruangan menjadi multi fungsi. Misalnya, ruangan tamu yang juga berfungsi menjadi ruang keluarga. Hal ini akan membuat ruangan lebih besar jika dilakukan penggabungan beberapa ruangan sekaligus. 

Penggunaan Ruang Kosong 
Anda dapat memanfaatkan setiap bagian di rumah Anda yang masih kosong. Misalnya area di bawah tangga, biasanya kosong. Anda dapat meletakkan berbagai perlengkapan dan perkakas Anda di area bawah tangga.

Penataan Dekorasi Rumah Kecil memang membutuhkan perhatian khusus terutama jika anda ingin hunian anda benar-benar terlihat indah dan nyaman. Berbagai cara di atas bisa anda pertimbangkan saat anda ingin melakukan perubahan pada desain interior yang lama.

Jika anda membutuhkan informasi seputar rumah lainnya selain Cara Dekorasi Rumah Kecil yang Bagus ini silahkan anda baca di bagian bawah. Kami akan selalu berbagi berbagai informasi seputar rumah tinggal seperti interior rumah sederhana, rumah mungil, dan juga rumah sederhana yang anda butuhkan, jadi sempatkan diri anda untuk selalu berkunjung kembali.