Cara Mendekorasi Rumah Kayu Agar Indah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Memiliki rumah kayu terkadang bingung cara mendekorasi rumah kayu agar indah dan menarik. Padahal sebenarnya menurut saya pribadi, mendekorasi rumah seperti ini lebih mudah. Pasalnya rumah kayu akan lebih menonjolkan nuansa bahan bangunan yang digunakan dalam rumah tersebut. Sebagai contoh, dekorasi tidak begitu membutuhkan cat karena rumah ini akan lebih kental dengan nuansa alam.

Tentu saja, meski dikatakan mudah namun tetap saja kita harus memiliki pengetahuan dasar dalam menata dan mendekor rumah idaman tersebut. Karena jika tidak memiliki dasar kemampuan maka sering kali kita hanya bingung saat mendekor rumah ini. Pada prinsipnya, cara dekor rumah kayu tidak berbeda jauh dengan mendekorasi rumah biasa. Hanya saja kita akan memiliki konsep dekorasi yang benar-benar berbeda dengan rumah biasa. Dalam hal ini ada beberapa hal yang nanti bisa kita pertimbangkan antara lain sebagai berikut!

1) Skema warna dan tone 
2) Aksen kayu 
3) Pencahayaan untuk rumah kayu
4) Aksesoris rumah kayu
5) Cara mendekorasi rumah sederhana
6) Cara mendekorasi rumah kontrakan
7) Cara mendekorasi rumah tipe 36

Pada dasarnya ada empat hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan dekorasi khusus untuk rumah kayu. Hal penting tersebut yaitu meliputi warna, motif atau akses kayu, pencahayaan dan juga perabot atau aksesoris rumah yang digunakan. Beberapa hal memang mendasar dan khusus untuk tipe rumah ini namun lainnya secara umum tidak berbeda dengan prinsip dekorasi rumah lainnya.

Skema warna dan tone

Model rumah kayu tentu tidak akan cocok jika menggunakan skema warna rumah modern lain yang bukan kayu. Hal ini mengingat konsep asli dari rumah kayu adalah nuansa alam yang asri. Maka dari itu, pilihan warna yang diterapkan dalam rumah tersebut juga sebaiknya mengadopsi tema alami. Jadi dapat dikatakan bahwa skema warna yang cocok untuk rumah ini adalah skema warna yang sesuai alam yaitu warna-warna yang ada di alam. Pemilihan warna-warna alam sekitar tersebut akan mendukung tema rumah secara keseluruhan.

Aplikasi atau penerapan dari warna tersebut tentunya bisa diterapkan pada berbagai aksesoris atau peralatan rumah yang digunakan. Hal ini karena untuk dinding sendiri tentu akan lebih menarik jika menggunakan warna asli dari bahan kayu yang digunakan. Kalau kita cat dinding dengan warna lain maka nuansa alami dari rumah kayu tersebut nantinya akan pudar dan tentu saja akan mengurangi keindahan rumah kayu.

Perabotan yang bisa digunakan untuk memperkuat skema warna di rumah kayu antara lain berbagai aksesoris, karya seni, furnitur atau bahkan kain yang bisa diaplikasikan di berbagai ruang. Lalu, warna-warna apa saja yang sesuai dengan konsep alami rumah kayu tersebut? Warna yang bisa diterapkan untuk memperkuat kesan alami adalah berbagai warna yang diadobsi dari alam, sebut saja misalnya warna tumbuhan, bunga, tanah, atau juga warna yang ada di lingkungan sekitar rumah. Warna lain yang bisa menambah nuansa segar antara lain aksen warna hijau lemon, oranye, dan ungu.

Aksen kayu

Rumah kayu akan lebih terlihat indah jika aksen kayu yang ada begitu kental. Maka dari itu kita dapat melengkapi rumah tersebut dengan berbagai perabotan yang juga terbuat dari kayu. Dalam pemilihan perabotan perlu dipertimbangkan benar bagaimana aksen warna dari perabotan tersebut. Artinya, sebaiknya kita memilih perabotan bayu yang memiliki warna yang sama dengan warna kayu yang banyak digunakan dalam rumah tersebut.

Jadi warna keseluruhan bisa saling menyatu dan mendukung dan bukan sebaliknya. Sebagai contoh, jika rumah dibangun dengan menggunakan kayu jati sebagai bahan utama maka akan lebih baik jika perabotan juga dipilih yang terbuat dari kayu jati. Atau bisa juga memilih jenis kayu lain tetapi yang penting aksen kayu yang ada tidak bertentangan satu sama lain.

Secara keseluruhan, dalam mendekorasi rumah kayu kita harus memperhitungkan dan mempertimbangkan dengan baik mengenai aksen kayu yang digunakan baik yang digunakan untuk konstruksi bangunan maupun kayu yang digunakan dalam perabotan dan peralatan lainnya.

Konsep pencahayaan rumah kayu

Masalah pencahayaan juga akan berkaitan dengan bahan yang digunakan yaitu material lampu yang dipilih. Artinya, dalam mendukung pencahayaan pada rumah kayu kita tetap harus memilih lampu dengan bahan alami mulai dari dudukan lampunya sekalipun. Sebagai contoh, kita bisa menggunakan tempat atau kap lampu yang terbuat dari bahan kayu atau juga brushes rod iron. Tempat lampu yang digunakan dapat kita biarkan polos tanpa cat agar mendukung nuansa alami yang dimilikinya.

Inti dari pencahayaan dalam rumah ini kita harus bisa menghadirkan nuansa yang lembut yang mendukung seluruh konsep rumah. Untuk masalah lampu dan pencahayaan ini ada banyak pilihan prabot yang bisa membantu kita mempertegas konsep rumah kayu yang kita miliki. Intinya adalah memadupadan antara nuansa yang ada dengan pencahayaan yang dipilih.

Aksesoris rumah kayu

Aksesoris juga dapat digunakan untuk mendekorasi rumah kayu agar indah. Aksesoris rumah tersebut bisa dipilih yang menggunakan bahan alami yang akan mendukung dan memperkuat nuansa yang ada. Sebagai contoh kita dapat menambahkan dekorasi yang antik, misalnya saja bisa menambahkan aksesoris kain rajutan, atau hiasan dari kulit binatang. Untuk rumah kayu hendaknya dihindari penggunaan aksesoris atau perabotan rumah yang menggunakan konsep modern.

Di atas adalah beberapa bagian yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan dekorasi pada rumah khas yang kita miliki. Bagian-bagian tersebut dapat kita pertimbangkan dalam menerapkan konsep desain yang sudah dipilih. Tentu saja harus ada pilihan konsep dekorasi yang akan diterapkan secara keseluruhan. Nah, berikut ada beberapa pilihan konsep dekorasi rumah kayu yang bisa kita terapkan.

Konsep dekorasi dengan nuansa kolonial
Kita dapat mendekorasi interior rumah dengan menggunakan konsep yang satu ini. Untuk konsep dekorasi kolonial ini kita akan mengedepankan kesan sederhana. Jadi, penataan interior akan lebih mengutamakan kesan kesederhanaan. Maka dari itu untuk konsep ini dekorasi yang dilakukan hanya akan menekankan pada fungsinya saja. Pada konsep dekorasi kolonial ini aksen dekoratif akan kurang begitu cocok.

Konsep interior bergaya rustic
Interior desain dengan nuansa rustic lebih banyak menekankan pada perpaduan elemen – elemen outdoor. Dekorasi dan aksen berupa motif binatang, furnitur kayu, hingga peralatan memancing, camping, dan berburu yang dijadikan salah satu pajangan rumah. Maka, tak heran jika kita akan menemukan benda – benda seperti lampu minyak, pancing, jaring, tenda, dan peralatan outdoor lain yang dipajang di beberapa sudut rumah.

Konsep interior bergaya country
Kebanyakan log homes atau rumah kayu di luar negeri dibangun dengan interior bernuansa country. Motif – motif bunga, hingga bunga segar pun dihadirkan di dalam rumah untuk mendukung interior rumah kayu, yang dapat memberikan country feel sekaligus membawa unsur natural ke dalam rumah.

Foto: architectaria.com

Itulah sedikit tips bagi anda yang sedang mencari cara mendekorasi rumah kayu yang kita miliki agar indah dan lebih berkesan. Dalam melakukan dekorasi jangan lupa untuk mempertimbangkan bagaimana kebutuhan modal yang akan dikeluarkan. Perlu diingat, modal untuk dekorasi rumah kayu akan cukup mahal mengingat bahan kayu berkualitas memang harganya cukup tinggi. Namun tentu saja hal itu akan sesuai dengan hasil dan kualitas yang dimiliki. Itu saja, mudah-mudahan sedikit pembahahasan kita kali ini bisa bermanfaat.