Agar Rumah dan Kamar Selalu Wangi

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tip Agar Rumah dan Kamar Selalu Wangi - Rumah idaman tentu bukan hanya harus indah dan sedap dipandang mata namun juga harus wangi dan tidak ada aroma yang tidak sedap dari sudut manapun. Pada kesempatan kali ini kita akan berbicara sedikit mengenai beberapa kiat atau tip yang dapat kita lakukan untuk menjaga rumah tetap wangi. Karena terkadang hanya mengandalkan pengharum ruangan saja tidak cukup maka dari itu kita perlu menerapkan beberapa kiat lain agar pemeliharaan rumah bisa maksimal.

Bisa kita bayangkan, meski rumah kita tertata rapi dan indah namun jika tidak didukung dengan udara yang segar maka kenyamanan pasti akan terganggu. Maka dari itu kita harus bisa membuat rumah dan kamar tetap wangi setiap waktu. Tentu saja untuk mewujudkan hal itu perlu tindakan nyata yang harus dilakukan. Nah, agar rumah dan kamar selalu wangi kita bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1) Jaga kebersihan
2) Rawat karpet dengan baik
3) Gunakan filter udara
4) Gunakan wewangian atau aroma terapi
5) Tempatkan semangkuk kopi di sekitar rumah

Dengan menerapkan beberapa tip di atas maka diharapkan kita bisa memastikan seluruh bagian di rumah kita akan wangi dan harum dan tidak sedikitpun tercium aroma yang tidak sedap. Beberapa tip atau cara menjaga rumah tetap wangi ini dilansir dari allwomenstalk dan bisa kita coba dan terapkan langsung di rumah kita. Tentunya setelah kita mengetahui apa saja kiat-kiat yang dapat kita lakukan untuk tetap menjaga dan memelihara udara segar di rumah.

Jaga kebersihan rumah
Pertama dan yang utama tentu saja udara harum akan tercipta dari rumah yang bersih. Maka dari itu untuk mendapatkan kenyamanan ruangan yang wangi pertama kita harus memastikan rumah selalu dalam keadaan bersih. Dengan begitu tidak akan ada kesempatan bagi udara yang tidak sedap berada di ruangan dan atau rumah kita.

Rumah yang selalu terjaga kebersihannya akan terhindar dari aroma-aroma dan udara yang tidak sedap atau berbau. Selain itu dengan keadaan bersih maka kita bisa memberikan pengharum yang bisa bekerja lebih maksimal. Kebersihan ini harus kita utamakan karena bukan hanya untuk urusan udara yang segar melainkan juga untuk kebutuhan kesehatan. Setiap sudut ruang harus kita pelihara dan kita jaga kebersihannya.

Rawat karpet dengan baik
Selain menjaga kebersihan, menciptakan udara yang segar di lingkungan rumah juga dapat dilakukan dengan mencegah aroma tidak sedap muncul di rumah kita. Salah satunya yang sering menjadi sumber aroma tidak sedap tersebut adalah karpet. Maka dari itu, untuk menghindari bau tidak sedap kita harus memperhatikan dan merawat karpet. Kenapa harus demikian?

Karpet adalah salah satu perabotan yang cukup penting peranannya untuk kenyamanan dan keindahan namun karpe juga bisa menjadi sarang atau sumber aroma tak sedap di dalam rumah khususnya untuk karpet yang tidak dijaga dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya kita bersihkan karpet beberapa kali dalam satu minggu.

Untuk membersihkan karpet dari kotoran dan aroma tak sedap kita dapat menggunakan baking soda. Caranya taburkan baking soda pada karbet dan diamkan selama 15 menit, setelah itu baru karpet dibersihkan dengan penyedot debu. Baking soda yang kita gunakan tersebut berfungsi untuk menyerap debu yang menempel di dalam karpet. Dengan karpet yang bersih maka rumah dan ruangan kamar bisa harum.

Gunakan filter udara
Agar menjaga udara di dalam rumah, kita bisa menggunakan filter udara untuk memastikan sirkulasi udara di dalam rumah kita tetap terjaga dan berkualitas. Filter ini juga tentunya berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara di dalam rumah kita tetap lancar. Dengan begitu udara yang ada di ruangan tidak hanya akan bersih melainkan akan sehat juga.

Masalah wangi dan tidaknya ruangan atau kamar di rumah kita sangat ditunjang dengan sirkulasi udara. Ini jangan sampai kita lupakan karena meski kita banyak menggunakan pengharum sekalipun jika sirkulasi udara tidak lancar maka rumah tidak akan selalu wangi atau bahkan apek dan terlalu menyengat dengan pengharum.

Gunakan wewangian atau aroma terapi
Mendukung sirkulasi udara sehat yang ada di rumah kita dapat mengaplikasikan wewangian alami atau pengharum ruangan modern. Ini akan menghilangkan aroma udara yang tidak sedap untuk kita hirup. Dalam menggunakan wewangian sebaiknya kita pilih yang bahannya paling alami agar tidak mengganggu kesehatan. Sebagai contoh, agar ruangan wangi kita bisa menggunakan aroma kopi untuk menghindari bau yang tidak sedap.


Kita dapat menempatkan semangkuk kopi di sekitar rumah agar udara di ruangan tersebut bisa tercium aroma segar dari kopi tersebut. Seperti kita tahu, mayoritas orang suka dengan kopi makanya kita bisa menerapkan alternatif ini di rumah. Agar wangi kopi bisa menyebar maksimal kita bisa menempatkan sebuah lilin di mangkuk tersebut.

Demikianlah tadi beberapa kiat agar rumah dan kamar selalu wangi, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua yang membutuhkan. Jangan lupa, dalam menciptakan ruangan tetap harum pastikan juga untuk mempelajari beberapa kiat lain yang ada di bawah ini. Mudah-mudahan berkenan.