Pilihan Gagang Pintu Rumah Minimalis Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Gagang pintu atau handle juga penting untuk diperhatikan jika ingin memiliki rumah yang indah. Meski kecil namun bagian ini juga tidak akan luput dari pandangan seseorang yang datang ke rumah anda. Maka dari itu untuk pintu minimalis yang anda gunakan anda sebaiknya mempertimbangkan dengan baik sebelum memilihnya.

Sebenarnya bukan hanya pintu atau handle saja yang patut diperhitungkan, pemilihan dan pembuatan kusen pintu minimalis juga tentunya merupakan satu kesatuan yang tak boleh dipisahkan. Tetapi anggap saja semua telah sesuai konsep tema rumah anda dan sekarang hanya perlu memikirkan handle atau gagang yang cocok.

Satu rumah memang akan tampak lebih selaras jika memiliki satu konsep tema. Misalnya saja, jika rumahnya klasik maka berbagai komponen rumah juga harus mendukung atau menggunakna konsep tersebut. Begitupun dengan rumah minimalis, jika anda misalnya telah menentukan model pintu rumah minimalis home interior design maka perlu disesuaikan juga bagaimana gagang atau handle pintu yang akan digunakan.

Ya, tidak sulit sih sebenarnya untuk mendapatkan ferensi desain, anda tinggal mencari saja gambar yang dibutuhkan, misalnya mencari pintu minimalis photo dengan semua perlengkapannya. Dari referensi tersebut nantinya akan anda pilih satu yang paling bagus. Nah, karena bagus itu harus didefinisikan lebih jelas maka anda sebaiknya memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih gagang pintu yang akan dipakai.

1) Pilihan sesuai desain
Gagang pintu minimalis sendiri sebenarnya desainnya tidak hanya satu. Jadi anda dapat mulai dengan mencari desain-desain yang menurut anda menarik dan bagus sesuai rumah. Dalam hal ini anda dapat menyeleksi dari hal bentuknya secara umum dan juga detail lekuk atau motif yang ada di model gagang tersebut.

Pilihannya tentu lebih dari satu, ada yang desainnya polos dan ada juga yang bermotif. Kemudian untuk bentuknya juga dapat disesuaikan karena sekarang banyak pilihan desain-desain pegangan pintu yang cukup menarik dan bagus. Yang penting anda bisa memilihnya sesuai konsep rumah atau pintu yang digunakan.

2) Pilihan sesuai jenis
Kalau dari jenisnya anda bisa mencari yang sesuai. Sebagai contoh apakah anda ingin menggunakan jenis gagang yang pull handle atau menggunakan lever handle. Selain itu anda juga dapat memilih berdasarkan jenis bahan yang digunakan untuk membuat handle atau gagang tersebut. Untuk bahannya bermacam-macam mulai dari kayu sampai kuningan.

Atau, jika diinginkan anda juga dapat memilih jenis gagang yang solid atau kosong. Pertimbangan-pertimbangan jenis tersebut tentu saja dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan anda. Yang penting anda harus mempertimbangkan dari berbagai aspek baik fungsi, manfaat maupun unsur estetis.

3) Pilihan sesuai keamanan
Untuk menghindari atau antisipasi hal yang tidak diinginkan baiknya juga dipertimbangkan masalah keamanan. Itu berarti ketika memilih handle gagang anda harus memperhatikan juga masalah kekuatannya. Ya, paling tidak jika handle tersebut kuat maka tidak akan mudah rusak dan tentunya awet.

Tetapi yang penting juga untuk diukur apakah gagang yang akan dipilih memiliki celah masalah keamanan atau tidak. Apalagi jika handle tersebut terkait dengan jenis kunci pintu. Ya pokoknya diperhitungkan yang paling bagus dan yang paling indah.

4) Pilihan sesuai harga
Satu gagang pintu atau sepuluh gagang pintu mungkin harganya tak seberapa namun melihat dari harga anda dapat memperkirakan kualitasnya. Tidak semua yang mahal itu bagus namun harga juga biasanya tergantung pada kualitas. Maka dari itu menanyakan atau mempertimbangkan harga akan memberikan anda ilustrasi atau gambaran dari produk yang akan anda beli.

Untuk kebutuhan rumah minimalis pun demikian, anda dapat mencari tahu juga berapa harga gagang pintu minimalis yang anda inginkan tersebut. Tidak usah dibuat rumit, sebenarnya pemilihan handle atau gagang pintu sangat sederhana tergantung kebutuhan dan keinginan anda masing-masing.

Jika anda memilih handle dari segi bahannya, misalnya dari bahan stainless maka sebaiknya anda lihat bagaimana harga handle pintu stainless steel tersebut. Demikian juga dengan jenis bahan lain misalnya kuningan, besi dan sebagainya.

Selain beberapa hal di atas perlu juga dipertimbangkan pintu mana yang akan dicarikan handle. Maksudnya, antara pintu belakang dan pintu utama tentu saja beda prioritas, demikian juga dengan pintu kamar. Sebagai contoh untuk pegangan pintu utama anda membutuhkan yang berkelas, bagus, kuat, indah dan sesuai keinginan. Sedangkan untuk pintu kamar atau lainnya tentu bisa dipilih yang lebih sederhana.

Perlu dipertimbangkan juga apakah gagang tersebut akan digunakan untuk pintu tunggal atau pintu kembar, anda dapat sesuaikan dengan aneka pintu yang dimiliki. Memang, tidak ada aturan baku yang harus anda penuhi tetapi setidaknya perhitungkan dari sisi estetis, efektivitas dan juga kegunaannya.

Demikianlah tadi sedikit tips memilih handle pintu yang dapat ada pertimbangkan. Semoga dengan beberapa informasi di atas anda lebih mudah dalam memilih dan menentukan gagang pintu untuk rumah minimalis anda. Itu saja, salam rumah indah dan hangat dari kami selaku admin situs.