Memilih Cat Genteng Terbaik untuk Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Pasti anda ingin menggunakan cat genteng yang bagus bukan, saatnya mencari yang terbaik untuk hal tersebut. Tentu, untuk membuat rumah anda menjadi indah, nyaman dan membanggakan semua sebaiknya ditunjang dengan produk berkualitas baik di tinjau dari sisi fungsi maupun estetis. Tidak ada tawar-menawar untuk hal tersebut bukan?

Rencana membangun rumah kadang memang begitu melelahkan, apalagi harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari desain, anggaran, dan sebagainya. Tetapi semua itu pasti akan anda lakukan dengan senang hati mengingat sebentar lagi anda akan memiliki sebuah rumah idaman yang indah. Untuk mewujudkan hal tersebut hal sekecil apapun sebaiknya dipertimbangkan, termasuk pemilihan cat genteng yang akan digunakan.

Apakah semua cat yang mahal itu bagus? Tidak, harga tidak serta merta menjamin kualitas. Kadang bahkan anda bisa saja mendapatkan barang yang kurang bagus meskipun harganya mahal. Memang, kebanyakan yang bagus itu biasanya harganya lebih tinggi namun tetap harus dipertimbangkan lebih jauh.

Sederhananya, untuk mencari cat untuk genteng yang berkualitas anda dapat bertanya kepada yang ahli. Atau anda bisa juga melihat dan mengamati cat yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat di lingkungan anda. Tetapi jika mengamati langsung tentunya butuh waktu lama maka dari itu perlu cari tips dan informasinya. Paling tidak, dalam mencari cat tersebut anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1) Pertimbangkan bahan genteng
Cat tentu saja berkaitan dengan dasar yang akan dicat. Artinya jika akan memilih cat genteng maka sebaiknya dipertimbangkan bahan gentengnya. Cat untuk genteng asbes belum tentu baik untuk diaplikasikan pada genteng biasa yang terbuat dari tanah liat. Contoh lainnya, jika anda menggunakan genteng metal terbaik maka sebaiknya juga mempertimbangkan masalah cat tersebut.

Untuk jenis bahan metal mungkin sudah tersedia dalam warna sekaligus namun untuk bahan lain belum tentu. Maka anda pertimbangkan bagaimana jika cat tersebut diterapkan dengan bahan tersebut. Dengan mempertimbangkan hal ini maka anda dapat mengetahui dan mendapatkan gambaran mengenai daya tahan cat, kemampuan dan sebagainya.

2) Pertimbangkan daya tahan cat
Ya, yang terbaik tentunya bukan hanya dari sisi penampilannya saja. Cat juga sebaiknya dipilih yang memiliki daya tahan paling bagus. Artinya sebaiknya anda dapat memilih cat yang mampu bertahan paling lama di cuaca ekstreem sekalipun. Ibarat kata, jangan sampai anda menggunakan cat yang baru satu bulan sudah mengelupas atau rusak.

Kalau masalah seperti ini memang sedikit sulit karena untuk mendapatkan pilihan yang tepat biasanya harus melihat hasilnya. Namun begitu anda bisa mulai dengan menyeleksi jenis atau merek cat. Beberapa merek cat yang dapat dipertimbangkan yaitu antara lain sebagai berikut!

- Cat genteng mowilex
- Cat genteng dulux
- Cat genteng jotun
- Cat genteng nippon

Dari berbagai merek yang sudah ada tentu anda dapat menyeleksi lebih jauh bagaimana kemampuan atau kualitas catnya. Cari yang sudah terbukti dan dikenal bagus sehingga anda dapat mengetahui mana merk cat genteng terbaik yang dapat anda gunakan.

3) Pertimbangkan warna
Warna sangat penting untuk dipertimbangkan. Anda pasti tahu, ada banyak produk cat genteng maka dari itu anda harus mampu memilih warna yang benar-benar sesuai. Pada dasarnya pemilihan warna bisa sesuka-suka anda. Namun begitu ada baiknya anda mempertimbangkan kesatuan atau skema warna yang ingin anda terapkan di rumah tersebut. Kalau tidak padu satu sama lain sudah tentu akan berkurang keindahan rumahnya.

4) Pertimbangan harga
Bagi sebagian orang, harga memang tidak menjadi masalah apapun tetapi bagi masyarakat umum lainnya mungkin harga bisa menjadi hal yang harus dipertimbangkan secara cermat. Maka dari itu disini dimasukkan juga masalah pertimbangan harga. Bukan untuk mengecilkan masalah harga tetapi karena anda ingin mencari yang terbaik maka itu juga seharusnya dari sisi harga.

Kalau menurut konsumen kabanyakan, barang yang terbaik adalah barang yang kualitasnya paling bagus dan harganya paling rendah. Dari pernyataan tersebut maka anda dapat menarik benang lurus mengenai harga tersebut. Untuk kualitas yang paling bagus tentu anda tetap harus mencari yang harganya paling rendah.

Sebagai contoh, jika anda tertarik menggunakan cat merk nippon maka tentu pertama harus anda cari tahu lebih dahulu berapa harga cat genteng nippon tersebut. Baru setelah itu anda dapat membandingkan harga tersebut dengan harga cat merek lain. Mana yang paling berkualitas dan harganya lebih terjangkau itulah yang patut anda pilih.

Jadi, yang terbaik tergantung dari sudut pandang mana anda menilai. Bisa saja, cat genteng terbaik adalah cat yang paling murah karena pertimbangan utama anda adalah harga. Bisa juga yang paling bagus adalah yang warnanya sesuai dan seterusnya. Apapun itu sebaiknya anda mempertimbangkan pemilihan dengan tepat. Pastikan juga untuk melihat terlebih dahulu bagaimana hasil cat jika diaplikasikan.