Kusen Minimalis untuk Rumah Sederhana

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Ketika hendak membangun rumah apakah kusen merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan? Apakah konsep rumah sederhana yang akan dibangun cocok dengan jenis kusen minimalis? Sebagian berpendapat bahwa jenis dan model kusen tidaklah begitu penting untuk diperhatikan. Namun sesungguhnya, baik kusen pintu ataupun kusen jendela juga sebaiknya diperhitungkan.

Kenapa penting untuk dipertimbangkan? Tentu saja, rumah hendaknya mamang menerapkan satu kesatuan konsep. Sebagai contoh jika rumah menggunakan konsep minimalis maka akan lebih cocok jika komponen lain juga menggunakan konsep tersebut. Sebut saja misalnya penggunaan kusen jendela minimalis tentu akan lebih serasi jika dibandingkan dengan penggunaan jendela mewah.

Pemilihan desain, jenis atau konsep dari komponen rumah tentu saja merupakan hal masing-masing. Karena pada intinya semua orang ingin membuat rumah yang bukan hanya nyaman untuk tempat tinggal tetapi juga indah dan juga elegan. Maka wajar jika pemilihan kusen juga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Ya, secara umum, rumah sederhana memang cocok untuk menerapkan kusen dengan gaya minimalis. Tetapi tidak perlu khawatir, untuk gaya minimalis tersebut juga banyak variasinya, tidak hanya satu dua saja. Anda dapat memilih mana yang paling sesuai untuk digunakan. Seperti apa contoh kusen-kusen tersebut?

Aneka pilihan kusen rumah

Jika anda berfikir kusen dengan konsep minimalis tidak ada yang bagus maka itu salah. Meski minimalis namun banyak sekali pilihan desain yang bisa anda terapkan untuk kusen rumah. Diantara pilihan tersebut juga banyak kusen-kusen yang bagus dan indah. Anda ingin mendapatkan kesan lebih modern di rumah anda, anda dapat menggunakan jenis kusen minimalis modern.

Atau bisa juga jika anda tidak ingin terlihat ketinggalan maka bisa memilih kusen minimalis terbaru yang banyak tersedia. Bahkan kusen-kusen seperti itu juga banyak yang berpenampilan mewah dan cukup elegan. Kalau anda ingin mencari yang biasa maka anda dapat memilih kusen model sederhana.

Itu tadi kalau dilihat dari sisi desain, nah kalau dilihat dari sisi anggaran maka anda juga dapat menyeleksi kusen minimalis murah atau mungkin yang mahal sekalian. Semua tentu tergantung bagaimana kebutuhan dan keinginan anda masing-masing. Yang jelas banyak pilihan-pilihan yang dapat anda terapkan. Beberapa pilihan model yang dapat dipertimbangkan antara lain sebagai berikut!

1) Model kusen kupu tarung
2) Model kusen geser
3) Model kusen kayu jati
4) Model kusen aluminium

Ada banyak bukan pilihannya? Ya, anda memiliki banyak sekali pilihan. Pilihan tersebut dapat diseleksi baik berdasarkan modelnya, berdasarkan bahannya dan seterusnya. Semua tinggal disesuaikan dengan keadaan rumah anda mana yang paling cocok. Untuk lebih mudah anda dapat mencari gambar kusen minimalis yang diinginkan.

Tips memilih kusen rumah minimalis

Jika dikatakan memilih kusen adalah hak bagi pemilik rumah maka itu sudah jelas. Namun demikian tentu semua orang ingin mendapatkan kusen yang terbaik dari segala macam sisi. Yang terbaik dari segi harga, terbaik dari segi estetis, terbaik bahannya dan seterusnya. Maka dari itu, agar mendapatkan yang paling memuaskan anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

1) Pilih desain yang sesuai
Desain yang dipilih bisa sesuai dengan keinginan anda namun jangan pula asal sesuai keinginan. Anda sebaiknya juga mempertimbangkan apakah desain tersebut cocok dan serasi atau tidak jika digunakan di rumah anda. Harus sesuailah pokoknya, mendukung satu sama lain. Sebagai contoh, corak atau model pada kusen pintu sebaiknya sejalan dengan tema rumah.

Jadi, memang perlu pertimbangan yang bijak dan bukan hanya mengutamakan mana yang anda senang saja. Karena terkadang jika hanya mempertimbangkan yang anda sukai maka desain yang dipilih bisa juga tidak cocok atau sesuai dengan konsep rumahnya sendiri. Selain desain, apakah ada hal lain yang juga harus dipertimbangkan?

2) Pilih bahan yang cocok
Bahan, bahan merupakan hal yang juga sebaiknya diperhitungkan. Kalau zaman dahulu tidak perlu memperhitungkan hal ini karena bahan kusen kebanyakan hanya kayu saja. Lain halnya dengan sekarang, bahan untuk kusen pun sudah mulai beragam. Maka dari itu anda juga harus mempertimbangkan bahan yang cocok.

Bisa saja anda memilih kusen dengan bahan lain yang berbeda. Semua tinggal anda sesuaikan dengan keadaan rumah. Diharapkan dengan mempertimbangkan juga masalah bahan maka anda dapat memilih yang benar-benar bagus. Bahan ini juga akan berkaitan dengan daya tahan atau ketahanan kusen tersebut.

3) Pilih model yang pas
Model kusennya juga harus dilihat ya, misalnya apakah anda membutuhkan kusen minimalis 2 pintu atau kusen untuk pintu tunggal. Didalamnya juga akan memilih beberapa model yang bisa dipilih dan bisa anda sesuaikan lebih lanjut. Jangan lupa juga, anda juga perlu mempertimbangkan masalah ukuran kusennya.

Ukuran dapat dipertimbangkan misalnya dengan mengetahui bagaimana ukuran kusen minimalis yang akan anda pilih. Ukuran ini nantinya juga dapat digunakan untuk memperkirakan banyaknya bahan yang digunakan sekaligus memperkirakan biaya pengadaannya. Terserah anda mau memilih model kusen minimalis 2015, kusen minimalis 2014 atau model terbaru 2016 dan seterusnya.

Jika mau mempertimbangkan dan melihat contohnya, maka ada banyak pilihan untuk kusen minimalis yang cocok untuk rumah sederhana yang anda miliki. Dari segi bahan, model, tipe, corak bahkan warna juga banyak yang dapat dipilih. Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas dapat menjadi sedikit ide dan pertimbangan pembaca semua.