Tips Memilih Design Rumah Murah yang Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Bisa saja anda mencari design rumah terkini namun harus tetap disesuaikan dengan anggaran. Artinya, design rumah yang anda cari tersebut memang harus bagus atau berkualitas tetapi dengan harga yang murah. Mungkin saja alasannya bukan karena tidak memiliki cukup anggaran namun anda ingin memaksimalkan efektivitas tanpa mengesampingkan hasil. Jadi wajar jika desain rumah yang murah masuk dalam pertimbangan.

Desain sendiri adalah pola atau media yang akan diterapkan dalam pembangunan rumah. desain ini biasanya didapatkan dari para penyedia jasa desain profesional. Dan biasanya desain tersebut bisa digunakan setelah anda membeli dari penyedianya. Masalahnya, kadang kala pengadaan desain tersebut membutuhkan alokasi dana yang tidak sedikit. Padahal anda sendiri merasa dana tersebut cukup bermanfaat jika digunakan untuk anggaran lain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa desain rumah sangatlah diperlukan. Namun begitu tentu anda tidak selalu harus membayarnya dengan harga tinggi. Sebagai contoh, anda dapat mencari penyedia jasa desain yang menawarkan harga yang lebih bersaing. Bukan karena mengabaikan peran dari desain tersebut tetapi karena ingin memaksimalkan anggaran yang ada.

Jika anda memiliki ide-ide seperti tadi maka tidak ada salahnya jika desain untuk rumah anda cari dari penyedia yang menawarkan harga terjangkau. Namun begitu apakah tidak akan ada masalah jika kita menggunakan desain seperti itu? Tentu saja tidak, tergantung bagaimana anda mengatur dan menyiasati hal tersebut.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa desain memang memegang peran yang sangat penting. Maka dari itu meski anda ingin mencari yang terjangkau tetapi bukan berarti anda harus mengabaikan kualitasnya. Bagaimanapun anda harus menemukan konsep atau desain yang benar-benar bagus dan sesuai keinginan anda.

Agar mendapatkan desain sesuai maka harus ada beberapa hal yang dipertimbangkan. Hal tersebut menyangkut masalah kualitas rumah, fungsi dan juga keindahan rumah yang akan dibagun. Intinya anda tetap harus mendapatkan desain rumah murah berkualitas, benar bukan? Agar lebih jelas, mari kita bahas lebih jauh mengenai aspek-aspek pertimbangan yang sebaiknya anda lakukan tersebut.

1) Tentukan anggaran
Sebelum mencari desain rumah murah meriah maka akan lebih mudah jika anda telah memiliki gambaran bagaimana anggaran yang akan dihabiskan. Anggaran yang dimaksud disini bukan hanya anggaran untuk mencari desain tetapi juga anggaran untuk membangun rumah anda. Kenapa harus begitu?

Jelas, kalau anda sudah tahu atau sudah ada gambaran biaya maka anda akan lebih mudah menentukan desain yang dibutuhkan. Ini bukan hanya memilih desain yang bagus tetapi juga yang sesuai. Kalau hanya mencari desain yang lalu biaya atau anggaran untuk mewujudkan desain tersebut tidak terjangkau maka kesulitan pasti akan menghadang.

Walaupun mungkin anda tidak perlu menghitung detailnya namun perkiraan anggaran yang disiapkan akan memberikan ruang bagi anda untuk memilih. Termasuk juga untuk mengatur alokasi dana yang bisa dihabiskan untuk mencari desain rumah tersebut. Jika tidak ada masalah dengan pendanaan maka anda bisa langsung ke proses selanjutnya.

2) Pertimbangkan kualitas
Cari yang murah juga bukan berati harus mengabaikan kualitas bukan? Murah juga tetap harus bagus, maka dari itu anda sama sekali tidak disarankan mengabaikan kualitas. Karena jika tidak memikirkan kualitas tentu hasil yang didapat pun tidak akan sesuai harapan. Jadi ya tetap harus dipilih lagi, dari sekian banyak pilihan harus satu yang paling bagus.

Maka dari itu anda harus mulai mencari referensi desain dari karya-karya yang memang sudah dikenal bagus. Sebagai contoh, saat ini ada desain rumah murah yu sing yang digadang-gadang cukup inspiratif. Atau anda bisa juga mencari karya dari arsitek lain yang memang menyediakan jasa untuk konsep atau desain yang anda butuhkan.

3) Sesuaikan type
Tipe rumah seperti apa yang anda inginkan? Sebaiknya jangan lupa juga untuk menyesuaikan tipenya terlebih dahulu. Pertimbangan masalah tipe yang sesuai tersebut termasuk mengenai konsep dan juga ukuran dari rumah yang ingin anda bangun. Sebut saja misalnya anda ingin membangun rumah 36 maka sebaiknya anda mencari desain rumah murah type 36.

Tidak perlu dijelaskan lebih jauh tentu ini seharusnya sudah masuk dalam pertimbangan anda. Karena pada dasarnya pasti semua ingin membangun rumah yang bagus, modern dan sesuai kebutuhan. Pemilihan konsep desain ini hanyalah permulaan.

4) Sesuaikan konsep
Bisa diibaratkan, kalau hendak ke toko maka sebaiknya anda tahu apa yang akan dibeli. Begitu juga dengan desain rumah, anda juga sebaiknya sudah tahu konsep rumah seperti apa yang akan anda cari. Misalnya, untuk rumah minimalis anda dapat mencari khusus desain rumah murah sederhana atau desain rumah murah minimalis.

Kalau anda ingin membuat rumah klasik maka tentu anda membutuhkan desain rumah klasik. Dengan begitu anda akan lebih mudah mendapatkan yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda. Memang, pada akhirnya semua terserah pada apa yang anda inginkan, bagaimanapun desain yang anda pilih, anda tahu mana yang terbaik.

5) Lihat contoh
Ketika anda mulai mencari desain anda dapat menghubungi langsung penyedia jasa desain rumah murah. Disana anda dapat memberikan informasi tentang konsep rumah seperti apa yang anda inginkan. Anda bisa memberikan detail hal yang anda inginkan dari desain yang sedang dicari tersebut.

Tapi perlu diingat, ketika anda sudah mendapatkan jasa arsitek desain rumah yang diinginkan maka jangan lupa untuk melihat-lihat contoh yang sudah ada. Melihat contoh desain ini dapat memberikan inspirasi sekaligus melihat seberapa bagus karya-karya yang sudah jadi. Dengan begitu pertimbangan anda akan lebih lengkap lagi.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan dalam memilih desain rumah khususnya yang harganya murah. Dengan beberapa hal di atas mudah-mudahan anda mendapatkan inspirasi mengenai hal yang perlu dipertimbangkan. Semua keputusan ada di tangan anda, jadi pertimbangkan baik-baik sebelum memilih.