Memilih Kusen Rumah Minimalis yang Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Memilih kusen – kusen untuk rumah minimalis memang gampang-gampang susah, apalagi untuk mendapatkan yang bagus.  Kadang bahkan seseorang bisa salah pilih karena banyaknya pilihan yang ada. Sebenarnya intinya sederhana, rumah harus dibuat dengan satu kesatuan utuh sesuai tema. Karena konsep rumah yang dibangun adalah rumah minimalis maka kusen yang akan digunakan pun sebaiknya dengan tema minimalis.

Dalam memilih kusen untuk rumah, yang perlu dipertimbangkan adalah desain rumah yang anda miliki. Untuk mendapatkan hasil yang serasi maka kusen sebaiknya memang disesuaikan dengan rumahnya. Berkaitan dengan desain tersebut setidaknya anda dapat mempertimbangkan beberapa jenis kusen mulai dari kusen biasa, kusen bergaya tertentu atau kusen terbaru yang modern. Sebagai contoh, untuk rumah minimalis anda dapat menggunakan gaya kusen rumah minimalis modern.

Suka-suka anda saja sih sebenarnya namun dalam memilih kusen yang paling bagus paling tidak ada hal yang harus dipertimbangkan. Agar mendapatkan kusen rumah yang bagus dan sesuai baiknya anda membaca beberapa tips yang akan dibahas berikut. Dengan begitu anda dapat lebih mudah mencari kusen yang diinginkan.

Tips memilih kusen rumah

Dalam memilih dan mencari kusen pada dasarnya anda harus mencari yang cocok dan pas untuk rumah anda. Yang cocok dan pas biasanya sesuai dengan tema atau konsep rumah yang dibuat. Untuk rumah minimalis anda dapat menggunakan kusen minimalis. Namun ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan yaitu sebagai berikut.

1) Sesuaikan bahan
Saat ini kusen juga tidak hanya terdiri dari bahan kayu, ada kusen yang juga menggunakan bahan lain. Misalnya, ada jenis kusen jendela aluminium untuk kebutuhan yang lebih tahan lama dan ekonomis. Yang jelas, anda perlu juga mempertimbangkan bahan untuk kusen-kusen yang akan di pasang.

Sebenarnya, anda bisa langsung menggunakan kusen kayu. Tetapi jika rumah anda memiliki kebutuhan khusus atau anda ingin sesuatu yang berbeda dengan pertimbangan anda sendiri maka anda bisa memanfaatkan kusen dari bahan lain. Ada beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dan dipertimbangkan.

2) Sesuaikan corak
Yang tak kalah penting dalam pemilihan kusen adalah model atau coraknya. Untuk rumah minimalis, anda bisa menggunakan jenis atau model kusen pintu dan jendela rumah minimalis. Atau jika dibutuhkan anda dapat menyesuaikan corak dan model kusen sesuai selera dan keinginan anda.

3) Sesuaikan warna cat
Pemilihan kusen hendaknya juga tidak mengesampingkan masalah warna. Maka dari itu anda sebaiknya juga mempertimbangkan warna atau cat yang nantinya akan digunakna. Misalnya anda sebaiknya tahu jenis dan warna cat kusen rumah minimalis yang nantinya akan dipasang. Dengan memperhatikan hal ini maka anda dapat memastikan kusen yang dipilih nantinya benar-benar sesuai.

4) Sesuaikan ruangan
Bisa saja antara ruangan yang satu dengan lainnya membutuhkan jenis kusen berbeda. Maka dari itu anda bisa juga menyesuaikan kusen dengan ruangan yang akan dipasangi kusen tersebut. Sebut saja misalnya, untuk ruang tamu anda dapat mencari model kusen jendela ruang tamu yang bergaya minimalis.

Anda juga dapat menyesuaikan dengan ruangan lain. Misalnya untuk kamar anda dapat mempertimbangkan model kusen jendela kamar tidur yang sesuai dengan konsep sederhana rumah minimalis. Jangan lupa, menyesuaikan ruangan juga akan memberikan pilihan yang lebih banyak pada jenis kusen yang dapat anda gunakan.

5) Sesuaikan ukuran
Terkadang anda juga bisa menerapkan ide dan gagasan anda sendiri dalam membuat dan menyediakan kusen rumah. Salah satunya yaitu dengan bermain pada ukuran kusen. Untuk rumah minimalis anda, anda dapat menggunakan ukuran kusen jendela minimalis yang standar atau biasa atau bisa juga menggunakan ukuran sendiri.

Penyesuaian seperti ini biasanya dapat dilakukan untuk rumah-rumah yang kental dengan nuansa berbeda atau unik. Pertimbangannya tentu agar hasil akhir pada rumah tersebut dapat sesuai dengan keinginan dan harapan anda. Jika tidak dibutuhkan maka sebaiknya tidak perlu dipaksa, akan lebih mudah jika anda mengikuti ukuran yang umum saja.

Contoh kusen rumah minimalis

Kalau ada banyak contoh maka anda tinggal memilih saja mana yang paling sesuai keinginan. Maka dari itu setelah memiliki berbagai pertimbangan tersebut seperti dijelaskan dalam tips di atas anda tinggal memperbanyak contohnya saja. Di mana mencari contoh-contoh yang dibutuhkan? Tentu banyak, anda dapat mencari di majalah cetak tentang rumah, atau bisa juga mencari dari sumber online.

Dalam mengumpulkan contoh yang dibutuhkan anda dapat mencari gambar kusen pintu dan jendela rumah yang sesuai. Atau anda bisa langsung mencari beberapa gambar kusen pintu minimalis yang lebih lengkap lagi. Tinggal anda pilih saja yang sesuai dengan pertimbangan utama yang anda inginkan.

Mulai dari warna, bahan, corak dan jenis kusennya, semua dapat anda pertimbangkan lebih lanjut setelah memiliki beberapa contoh yang sesuai. Jangan lupa juga untuk melihat-lihat beberapa model kusen pintu minimalis terbaru yang banyak dipakai masyarakat umum. Dengan begitu anda berkesempatan mendapatkan kusen yang tidak ketinggalan zaman. Untuk sekedar tambahan berikut beberapa contoh kusen yang dapat dipertimbangkan.

Demikianlah sedikit kiat dan beberapa pertimbangan untuk mencari serta memilih kusen rumah gaya minimalis anda. Mudah-mudahan beberapa pertimbangan di atas dapat menjadi inspirasi dan ide pembaca semua. Sampai disini, sampai jumpa pada pembahasan – pembahasan selanjutnya.