Jendela untuk Rumah Idaman, Jangan Asal Pilih

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Jendela rumah adalah bagian yang memiliki fungsi sangat penting. Jendela memiliki fungsi utama sebagai sirkulasi udara agar rumah mendapatkan udara yang sehat. Selain itu jendela juga berfungsi sebagai sumber cahaya untuk tambahan penerangan di dalam rumah. Di dalam memenuhi fungsi utamanya tersebut jendala pada penerapannya juga mengemban fungsi lain yaitu fungsi estetis.

Pada kehidupan modern, jendala pada sebuah rumah tidak hanya berfungsi untuk sirkulasi udara. Lebih dari itu, jendela juga memiliki fungsi keindahan dalam membuat sebuah rumah tampak lebih indah, cantik, elegan dan juga lebih nyaman. Itulah sebabnya saat ini ketika berbicara mengenai jendela seseorang tidak boleh menganggapnya terlalu remah dan asal pilih.

Pada saat membangun rumah biasanya akan ada kebutuhan prestis yang harus terpenuhi. Rumah selain berfungsi sebagai tempat berlindung juga berfungsi sebagai kebanggaan maka dari itu rumah akan dibangun seindah dan semegah mungkin. Karena itulah dari hal terkecil sampai terbesar akan diperhatikan dengan baik, termasuk masalah jendela.

Nah, pada intinya untuk jendela tersebut akan dipilih yang paling bagus, berkualitas, indah dan sesuai atau serasi dengan rumah yang dibangun. Untuk itu anda harus mencari desain, bentuk, bahan dan juga harga yang menurut anda terbaik. Semua bagian rumah hendaknya demikian, jendela dan pintu rumah juga tidak luput dari perhatian.

Ukuran jendela
Umumnya memang tidak perlu ribet dan rumit ketika hendak membuat atau menyediakan jendela rumah baru. Tetapi jika anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, jika ingin rumah yang dibuat sempurna dan indah maka anda harus mempertimbangkan jendela tersebut. Dari ukuran, anda dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan ukuran jendela standar atau anda ingin menggunakan ukuran custom.

Ukuran jendela rumah tersebut dapat anda sesuaikan dengan rumah yang dibuat. Besar kecilnya atau bahkan bentuk ukurannya, bisa anda pilih sesuai tujuan dan kebutuhan anda. Siapa tahu anda membuat rumah yang unik dan ingin menciptakan sebuah jendela yang sesuai dengan konsep tersebut.

Atau, bisa juga anda menggunakan konsep tertentu dalam rumah anda, misalnya konsep minimalis maka anda dapat menyesuaikan ukuran jendela rumah minimalis modern sebagai pilihan. Tetapi hal seperti ini tentu bukanlah suatu keharusan, anda bisa memilih sesuai yang anda inginkan karena anda yang tahu mana yang paling bagus.

Model jendela
Jangan lupa, sekarang ini ada banyak sekali model yang dapat dipilih. Model jendela merupakan hal selanjutnya yang cukup penting untuk dicermati. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil yang paling bagus dan sesuai. Misalnya saja model bentuknya, ada model kusennya, model ukiran atau motifnya dan lain sebagainya.

Model-model atau desain jendela tersebut nantinya dapat anda sesuaikan dengan yang anda inginkan, atau dapat anda sesuaikan dengan keadaan rumah. Kembali kita ambil contoh rumah minimalis, dalam hal ini jika anda membangun rumah minimalis maka mungkin anda dapat mempertimbangkan model jendela rumah minimalis. Atau, jika menggunakan desain klasik, modern atau lainnya tinggal anda sesuaikan saja.

Pemilihan model ini nantinya juga akan berpengaruh pada penampilan rumah secara keseluruhan. Dalam arti bagus tidaknya model juga akan mempengaruhi bagus tidaknya rumah anda nantinya. Jadi, jangan sampai asal pilih ya, kecuali anda hanya ingin membuat rumah untuk sekedar tempat berteduh dan tidak perduli dengan kebutuhan lain.

Anda tidak perlu khawatir mengenai model-model yang bisa anda pilih. Saat ini ada banyak sekali model jendela yang bagus-bagus. Ada model jendela yang khusus untuk tipe-tipe rumah sederhana, ada model yang khusus dengan tema unik, ada model yang elegan dan mewah serta banyak lagi model jendela lainnya. Yang perlu anda lakukan adalah mencari contoh-contohnya dan memilih mana yang paling anda sukai.

Harga jendela
Pembahasan mengenai anggaran atau harga sebenarnya tidak perlu di ulas. Namun demikian, untuk bisa mendapatkan sesuatu yang benar-benar cocok dan bagus memang anda tidak dapat mengabaikan masalah harga. Harga jendela rumah bisa sangat bervariasi sesuai dengan kualitas dan jenis jendelanya. Ada yang mahal tetapi ada juga harga jendela yang murah dan cukup terjangkau.

Jika anda ingin membuat jendela yang khusus maka anda harus benar-benar memperhatikan masalah anggaran. Pasalnya anggaran tersebut nantinya akan berpengaruh kepada desain yang dipilih, kualitas bahan dan juga tingkat kualitas jendela secara keseluruhan. Tetapi, jika anda hanya ingin menggunakan atau mencari jendela rumah yang standar maka anda cukup mencari tahu saja berapa harga kisaran dari jendela-jendela tersebut.

Intinya jangan sampai jendela rumah kita tersebut hanya berfungsi sebagai jendela saja, tetapi kalau bisa harus juga memberikan fungsi estetis. Sesekali mungkin anda dapat melihat-lihat interior jendela rumah minimalis listing untuk sekedar mencari gambaran dan inspirasi yang lebih banyak.

Dari beberapa hal di atas anda juga dapat mempertimbangkan masalah bahan jendelanya, cat atau warna jendela dan seterusnya. Intinya, untuk jendela rumah sebisa mungkin jangan asal pilih. Meski rumah anda sederhana, jendela juga dapat menimbulkan kesan yang lebih bagus dan indah lagi. Maka dari itu mulailah pertimbangkan masalah tersebut.