Pilih Desain Jendela Sesuai Konsep Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Desain jendela untuk rumah sebenarnya tidak boleh dipilih sembarangan. Ini karena jendela juga akan berperan untuk menentukan bagus tidaknya sebuah rumah. Anda tentu ingin rumah idaman anda bukan hanya nyaman tetapi bisa terlihat indah bahkan megah. Maka dari itu setiap bagian rumah harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik, termasuk pemilihan jendela.

Jendela bukan hanya berfungsi sebagai sarana sirkulasi udara. Jendela – terutama yang ada dibagian depan rumah – juga akan berperan untuk membuat rumah tampak cantik, indah, megah dan mewah. Jadi selain untuk fungsi dasarnya, jendela juga memiliki fungsi estetis yang perlu dipertimbangkan dengan baik.

Semua bagian, termasuk desain pintu dan jendela, harus dipilih yang benar-benar indah dan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Intinya, dalam memilih jendela anda sebaiknya juga mempertimbangkan sisi estetisnya juga. Lalu, untuk mendapatkan desain yang benar-benar bagus bagaimana caranya? Tidak sulit, anda hanya perlu mencari referensi dan contoh jendela yang sesuai konsep.

Sederhananya, anda bisa melihat kanan kiri, melihat rumah-rumah dilingkungan anda yang memiliki jendela – jendela yang cukup bagus dan mungkin cocok dengan kondisi rumah anda. Kumpulkan beberapa referensi, setelah itu anda dapat mempertimbangkannya lebih jauh mana yang cocok dan mana yang tidak.

Desain jendela yang bagus
Wah, kalau berbicara mengenai bagus dan tidak sebenarnya tergantung rumah masing-masing. Dalam arti, desain untuk jendela yang bagus adalah yang cocok dan sesuai dengan konsep rumah yang dibanguan. Jadi, kalau tidak sesuai dengan rumahnya ya tidak bagus karena tidak “macthing” dengan keseluruhan konsep yang ada.

Maka dari itu masing-masing rumah memiliki pilihan jendela yang berbeda-beda. Maka tinggal bagaimana anda memilih desain yang cocok tersebut. Harus disesuaikan dengan keadaan rumah. nah, agar lebih mudah, berikut ada beberapa pilihan desain jendela yang dapat anda pertimbangkan lebih jauh.

1) Desain jendela rumah klasik
2) Desain jendela rumah mewah
3) Desain jendela rumah modern
4) Desain jendela rumah minimalis
5) Desain jendela rumah minimalis modern

Untuk rumah dengan desain klasik maka yang paling cocok adalah menggunakan jendela dengan gaya klasik. Rumah klasik tentu akan lucu dan kurang serasi jika diberi jendela yang memiliki gaya mewah. Demikian juga dengan rumah modern, minimalis dan juga mewah, semua jendela hendaknya dapat disesuaikan dengan konsep tersebut.

Rumah mewah tentu akan lebih bagus dan lebih serasi jika menggunakan jendela dengan gaya yang juga mewah. Kemewahan tersebut dimulai dari bahan, bentuk, detail jendela, warna dan seterusnya. Rumah dengan gaya modern juga begitu, bisa anda pilihkan dengan jenis-jenis jendela dengan gaya modern.

Pemilihan gaya dan desain untuk jendela rumah tersebut yang paling penting harus sesuai dengan konsep. Karena rumah adalah satu kesatuan utuh yang sebaiknya menggunakan satu konsep bahkan sampai taman dan pagarnya sekalipun. Nah, untuk menyiasati dan mendapatkan desain yang benar-benar ideal bagi rumah, anda dapat menyesuaikan atau memodifikasi contoh jendela yang ada.

Tips memilih desain jendela
Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jendela? Ya itu tadi, keindahan dan keserasian yang utama selain fungsi dasar jendela itu sendiri. Tidak ada aturan yang harus diikuti, tinggal tergantung bagaimana keinginan anda saja. Yang pasti tujuannya adalah untuk membuat rumah bukan hanya sehat tetapi juga indah dan menarik, benar bukan? Untuk itu, mungkin dalam memilih desain untuk jendela tersebut anda dapat mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

1) Desain jendela rumah kayu
Pilih memilih, anda bisa mempertimbangkan masalah bahannya terlebih dahulu. Masalah bahan jendela yang akan dipakai bisa anda pertimbangkan terlebih dahulu. Karena bahan ini juga berkaitan dengan hal lain misalnya dari harga, daya tahan atau umur dan sebagainya. Yang umum digunakan tentu saja desain jendela kayu tetapi jika dibutuhkan anda tentu boleh menggunakan jendela dari bahan lain.

Sebagai contoh, jika anda ingin memilih jendela yang lebih tahan lama dan tidak mudah rusak, maka anda dapat mempertimbangkan penggunaan bahan selain kayu. Jika anda ingin memiliki konsep alami yang kental mungkin anda dapat menggunakan bahan kayu yang berkualitas meski harganya mungkin lebih mahal.

2) Desain jendela rumah terbaru
Pertimbangan kedua adalah masalah gaya. Gaya disini misalnya gaya terbaru, gaya klasik, gaya eropa dan lain sebagainya. Gaya jendela tersebut selanjutnya dapat anda pertimbangkan mana yang paling serasi dengan konsep rumah yang anda miliki. Misalnya, jika rumah anda menggunakan gaya terbaru maka sebaiknya anda menggunakan jendela dengan model yang paling baru.

Jika anda menggunakan desain rumah yang unik, itu berarti jendela yang dipilih juga sebaiknya kuat dan kental dengan unsur unik tersebut. Jika tidak maka hasilnya mungkin akan sedikit aneh, kurang menarik atau bahkan lucu jika dilihat dari keseluruhan rumah anda. Tentu saja, semua itu kembali kepada tujuan dan keinginan anda.

Untuk memastikan rumah tetap menarik maka memang lebih baik jika anda menerapkan desain-desain yang terkini atau terbaru. Hal ini agar ke depan rumah masih tetap terlihat menarik dan tidak mudah ketinggalan dari model-model yang akan berkembang. Biasanya desain-desain terkini akan memberikan banyak pilihan yang menarik dan indah.

3) Ukuran jendela minimalis
Ukuran juga dapat dimasukkan dalam pertimbangan. Ukuran ini akan berhubungan dengan kesesuaian dan keserasian konsep rumah secara keseluruhan. Sebagai perbandingan, jendela-jendela model lama tentu biasanya akan memiliki ukuran yang berbeda dengan jendela-jendela terbaru.

Contohnya, ketika anda membuat rumah dengan gaya minimalis maka anda dapat memperhitungkan dan mencari informasi bagaimana ukuran jendela untuk rumah minimalis tersebut. Dengan begitu maka dipastikan jendela yang akan dipasang akan sesuai dan cocok dengan konsep yang ada.

Demikian tadi beberapa hal terkait pertimbangan dalam memilih dan menentukan desain jendela untuk rumah anda. Hal di atas bukan merupakan pedoman yang harus diikuti tetapi setidaknya dengan poin-poin di atas anda memiliki tambahan ide dan referensi tentang apa saja yang dapat dipertimbangkan. Lain waktu akan kita bahas lagi contoh desain jendela untuk tambahan referensi bersama.