Taman Depan Rumah Minimalis Lahan Sempit

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Bagian depan rumah memang seolah wajib dibuat taman.  Namun bagaimana jika anda memiliki rumah minimalis dengan lahan sempit, apakah mungkin untuk membuat taman yang indah? Tentu saja, yang penting anda telah memiliki gambaran bagaimana model taman depan rumah yang akan dibuat. Untuk membuat taman yang indah lahannya juga tidak harus  luas, anggarannya pun tidak harus mahal.

Dalam membuat taman, cantik tidaknya adalah tergantung pada sentuhan tangan pembuatnya. Maka untuk mendapatkan sebuah taman yang sesuai keinginan maka anda harus pandai-pandai menata taman tersebut sedemikian rupa. Bentuk taman penting, elemen hias taman penting, penataan juga penting untuk menghasilkan sebuah taman impian.

Entah itu taman sederhana di depan rumah, taman belakang, atau taman minimalis samping rumah, ketiga taman tersebut tetap dapat dibuat seindah mungkin. Tidak perlu berkecil hati karena keterbatasan lahan atau dana karena pasti ada cara untuk mewujudkan ide anda tersebut.

Lahan sempit memang kurang bisa memberikan keleluasaan namun dengan memperhatikan aspek-aspek dasar pada pembuatan taman anda tetap akan mampu menciptakan yang terbaik. Yang terpenting anda dapat menemukan dan menentukan konsep atau desain taman yang tepat untuk kondisi anda tersebut.

Desain taman untuk rumah minimalis

Memiliki rumah minimalis akan cocok jika menerapkan tema minimalis pada taman yang akan dibuat. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan secara keseluruhan antara rumah dan juga lingkungannya. Maka sudah tepat jika pada akhirnya anda mengambil keputusan untuk membuat taman dengan konsep minimalis.

Dalam mempersiapkan desain yang akan dibuat tersebut tentu saja anda membutuhkan beberapa referensi gambar taman yang akan dipilih. Ferensi atau contoh tersebut nantinya akan dipertimbangkan lebih jauh mana yang benar-benar sesuai, cocok dan pas untuk kebutuhan taman di rumah anda. Untuk melengkapi referensi anda, berikut diberikan beberapa contoh desain yang dapat anda pertimbangkan.

1) Desain taman kolam
Jenis taman kolam juga cocok diaplikasikan di lahan yang sempit. Taman kolam tersebut dapat dibuat berlekuk atau meliuk memanjang seperti sungai sehingga tidak memerlukan lahan yang luas. Kemudian pada bagian sisi kolam dapat dimanfaatkan untuk mempercantik pandangan. Taman ini juga dapat dikombinasikan dengan membuat lingkungan taman yang asri dan alami.

Dengan kombinasi mata air yang mengalir ke kolam, bebatuan dan beberapa tanaman di sekitarnya, kolam tersebut dapat menjadi taman yang cukup indah dan menyegarkan. Untuk bentuk-bentuk atau model taman ini anda dapat mencari contoh gambar taman kolam tersebut di internet. Di internet banyak disediakan berbagai contoh konsep taman ideal untuk lahan sempit.

2) Desain taman bunga
Jika anda menyukai suasana yang ramai dengan warna-warni maka anda dapat membuat taman bunga minimalis. Namun, untuk taman seperti ini perlu benar-benar dipertimbangkan tanaman bunga yang akan ditanam disana. Anda harus bisa memilih tanaman bunga yang cocok di lahan terbatas misalnya dengan memperhatikan ukuran tingginya.

Untuk menyiasati ruang yang sempit anda dapat memaksimalkan penggunaan tepian dengan aneka tumbuhan bunga yang kecil-kecil atau pendek. Kombinasikan dengan satu dua tanaman yang lebih tinggi dan juga ornamen lain, taman ini dapat menjadi sangat menarik jika anda mampu memadukan semua unsur yang ada.

3) Desain taman hijau
Atau jika tidak menyukai taman bunga anda dapat membuat taman hijau. Taman hijau ini adalah landscape yang lebih didominasi dengan warna hijau mulai dari rumput sampai berbagai jenis tanaman di atasnya.

Sebenarnya anda juga dapat mengkombinasikan taman ini baik dengan taman bunga maupun taman kolam. Dalam arti anda membuat taman yang didalamnya terdapat ketiga unsur model taman tersebut. Untuk lebih jelasnya anda bisa memperbanyak contoh gambar taman dari beragai sumber.

Membuat taman minimalis di lahan sempit
Taman minimalis di depan rumah dapat anda buat menggunakan jasa orang lain yang sudah berpengalaman. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan konsepnya seperti apa lalu menyiapkan anggarannya. Selanjutnya tinggal serahkan dan tunggu saja hasilnya, itu cara yang paling mudah untuk membuat taman yang anda inginkan.

Lain halnya jika anda ingin membuat taman tersebut sendiri, maka anda harus mempersiapkan  terlebih dahulu segala sesuatunya dengan baik. Lalu bagaimana langkah atau caranya ketika anda ingin membuat taman di depan rumah tersebut? Untuk membuat taman tersebut anda dapat mempertimbangkan beberapa langkah berikut.

1) Mempelajari detail desain taman
Jika anda menggunakan konsep atau desain sendiri maka anda tidak perlu terlalu pusing namun jika anda akan menerapkan desain taman orang lain maka anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Meniru sebuah desain taman itu tidaklah sederhana, anda perlu lebih dahulu mempelajari detail gambar tersebut dengan baik.

Kalau dibuat asal-asalan tanpa mempelajari lebih jauh konsep yang digunakan maka sudah pasti hasilnya nanti akan jauh dari gambar aslinya. Perlu diingat, pada gambar, taman biasanya akan terlihat lebih indah namun kadang berbeda dengan kenyataannya. Maka dari itu anda harus tahu detailnya seperti apa.

Coba pelajari bagaimana konsep penataannya, bagian-bagiannya, susunannya, barang-barang atau hiasan yang digunakan dan lain sebagainya. Bahkan anda juga harus memiliki gambaran mengenai tanaman yang digunakan, rumput dan seterusnya. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk membuat taman tersebut sesuai gambar atau desain yang dipilih.

2) Menyiapkan lahan yang memadai
Jadi sebenarnya sebelum menjatuhkan pilihan anda harus memperkirakan dan memperhitungkan luas lahan yang dibutuhkan. Ingat, jika anda memiliki lahan terbatas dan benar-benar sempit maka anda harus cermat memperkirakan luas masing-masing bagian taman.

Taman terlihat indah karena bagian-bagiannya proporsional dan sesuai. Maka jika pada proses pembuatan anda tidak memperhitungkannya bisa jadi taman yang dibuat tidak akan memuaskan. Sebagai contoh apakah anda akan menggunakan semua sisa lahan kosong atau tidak. Jika ukurannya cukup lalu bagaimana dengan lahan sisa di halaman tersebut.

Persiapkan lahan dengan baik bila perlu anda memiliki ukuran detail dari taman yang akan dibuat sehingga mampu menyiapkan lahan sesuai kebutuhan. Jika ingin diperkecil maka perhatikan skala yang digunakan demikianpun sebaliknya. Dengan begitu taman akan terlihat sempurna sesuai konsep yang digunakan.

3) Menyiapkan bahan, hiasan dan peralatan
Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan bahan dan berbagai keperluan untuk membuat taman. Jika mungkin siapkan semua sampai hal-hal terkecil agar nanti bisa langsung diterapkan pada taman tersebut. Jika menggunakan rumput misalnya, siapkan rumput yang sesuai baik dari jumlah maupun jenis rumput yang akan digunakan.

Bebatuan jika diperlukan juga harus segera disiapkan terlebih dahulu. Tanaman hias, bunga dan lain sebagainya juga perlu disiapkan. Ketika anda menggunakan gambar desain taman maka semua aspek yang ada didalam gambar tersebut adalah satu kesatuan. Satu bagian saja tidak ada maka keindahan secara keseluruhan pun akan berbeda.

4) Proses pengerjaan
Pada tahap pengerjaan lakukan dengan teliti dan detail. Bentuk, ukuran, susunan dan juga kombinasi harus anda pertimbangkan dan anda terapkan dengan tepat. Lakukan pengerjaan dengan hati-hati dan santai agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Sesekali jangan lupa lihat konsep landscape yang anda gunakan, apakah sesuai dengan yang sedang anda buat atau tidak.

Membuat taman sendiri memerlukan keterampilan khusus dan sentuhan perasaan. Kepekaan anda dalam merasakan nuansa estetis taman akan mempengaruhi hasil akhirnya. Jika anda tidak memiliki jiwa seni sama sekali mungkin akan sedikit sulit. maka putuskan dengan bijak apakah taman depan rumah tersebut akan anda buat sendiri atau menggunakan jasa pembuat taman.