Desain Bagian Belakang Untuk Rumah Minimalis

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Rumah baru memang perlu banyak penataan, bahkan untuk bagian belakang sekalipun, begitu pun dengan tipe rumah minimalis. Meski tak terlihat dari depan, bagian belakang rumah minimalis juga sebaiknya di desain sedemikian rupa agar fungsi dan manfaatnya maksimal. lalu untuk bagian tersebut bisa digunakan untuk apa?

Ruang kosong di bagian belakang rumah juga sebaiknya dapat di fungsikan dan tidak dibiarkan begitu saja. Anda tentu ingin seluruh bagian rumah anda indah dan berfungsi dengan baik bukan? Maka dari itu jika masih ada ruang kosong hendaknya dialokasikan untuk sesuatu yang bermanfaat. Bisa difungsikan untuk menambah keindahan rumah atau mungkin untuk meningkatkan kenyamanan.

Biasanya orang-orang akan cenderung mengabaikan bagian belakang rumah. Padahal ruang kosong tersebut jika tak diurus justru dapat menghilangkan atau mengurangi keindahan rumah. Agar tidak terjadi hal demikian maka anda dapat memfungsikan bagian tersebut. Caranya bagaimana, salah satunya misalnya dengan menggunakan ruang kosong tersebut sebagai taman belakang rumah minimalis.

Rumahnya sudah menggunakan konsep minimalis makanya anda juga dapat menggunakan konsep tersebut untuk membuat sebuah taman belakang. Tentu saja, dalam pembuatan taman tersebut anda harus menyesuaikan desain taman belakang rumah tersebut dengan ruang yang ada. Maksudnya, jika ruang belakang tidak terlalu luas maka anda dapat menata ruang tersebut dengan konsep yang sederhana.

Anda bisa mengadopsi desain taman mungil dengan konsep minimalis. Dengan model taman demikian diharapkan anda bisa menjadikan ruangan tersebut lebih bermanfaat. Jadi, untuk memanfaatkan ruang dibagian belakang anda dapat membuat taman, membuat teras atau membuat kombinasi keduanya.

1) Teras belakang rumah
Areal belakang rumah anda, entah itu rumah minimalis, modern, klasik dan lainnya tentu dapat dimanfaatkan sebagai teras. Teras ini dapat diatur sedemikian rupa agar dapat digunakan sebagai tempat santai atau keperluan lain. Selain untuk nongkrong atau melakukan aktivitas lain, teras juga dapat difungsikan sebagai ruang khusus lainnya.

Dalam membuat teras tersebut tentu anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan anda. Lebih lanjut anda juga dapat membuat teras menjadi bagian indah yang patut dinikmati. Jika ingin, anda dapat memanfaatkan areal tersebut hanya sebagai teras dan menyisakan sebagian untuk ruang terbuka. Tetapi jika mau anda juga dapat mengkombinasikannya dengan taman.

2) Taman belakang rumah
Selain digunakan untuk teras, bagian belakang tersebut juga dapat digunakan untuk membuat taman. Kecil saja tidak masalah yang penting tujuannya agar ruang kosong tersebut tidak begitu saja diabaikan dan dapat difungsikan untuk hal yang berguna.

Taman di bagian belakang tersebut juga dapat digunakan untuk santai. Anda dapat membuatnya dengan menyediakan tempat duduk di satu sisi dan atau menambahkan kolam hias sebagai alternatif. Dengan adanya taman maka akan membuat rumah lebih terasa segar, nyaman dan juga asri. Udara disekitar rumah juga pastinya akan lebih terjaga.

3) Kombinasi teras dan taman
Bagian belakang memang dapat dijadikan sebagai tempat yang istimewa. Jika memang anda ingin membuat satu lokasi yang cukup nyaman untuk seluruh anggota keluarga anda dapat membuat bagian tersebut untuk taman. Taman yang dipilih dapat dikombinasikan menggunakan teras yang unik, kolam ikan dan juga taman.

Tidak harus menggunakan lahan yang luas, areal rumah minimalis pun dapat difungsikan secara maksimal dengan menggunakan kombinasi taman tersebut. Dengan memanfaatkan ruang tersebut maka rumah akan terasa lebih sempurna lagi.

Yang perlu dipertimbangkan, dalam memanfaatkan ruang tersebut sebaiknya dipertimbangkan dengan baik. Jangan membuat ruang tersebut penuh sesak dan sumpek, jangan pula membuat ruangan tersebut terlihat kosong tak berfungsi. Tatalah bagian tersebut menjadi taman rumah yang asri, sejuk dan nyaman untuk digunakan.

Jadi, bagian belakang rumah minimalis anda dapat anda desain sedemikian rupa dengan menambahkan taman atau ruang khusus yang diperlukan. Yang jelas jangan sampai ruangan tersebut terlihat kosong karena akan mengganggu pemandangan dan kesan dari tema rumah secara keseluruhan.