Model Taman untuk Depan Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Ada banyak pilihan sebenarnya jika anda ingin membuat sebuah taman depan rumah. pilihan tersebut dapat didasarkan pada keinginan dan tujuan anda dalam membuat taman. Bisa saja anda memilih taman yang diletakkan sesuai tempatnya atau bahkan mungkin memilih taman berdasarkan jenisnya. Apapun itu tujuannya adalah membuat rumah lebih indah, nyaman, sejuk dan bernilai.

Taman adalah bagian penting dalam sebuah hunian. Taman bukan hanya akan memperindah rumah ettapi akan membuat rumah lebih sejuk dan nyaman untuk di huni. Bagi anda yang memiliki rumah baru dan belum memiliki taman pasti anda juga ingin membuatnya. Nah, jika anda berniat untuk membuat taman maka anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bagaimana model taman yang akan dibuat.

Sebelum membuat taman anda bisa memilih dahulu modelnya seperti apa, sebut saja misalnya anda memilih model taman minimalis sesuai dengan rumah anda. Atau anda bisa memilih tetak atau lokasi taman yang sesuai. Bisa juga anda memilih jenis taman seperti yang didambakan. Yang terpenting adalah anda telah memiliki pilihan model atau desain yang akan diterapkan.

Jika anda tidak ingin sesuatu yang rumit dan sulit mungkin anda bisa mempertimbangkan model taman depan rumah sederhana. Anda bisa memilih dan menerapkan konsep-konsep minimalis yang sesuai. Konsep tersebut dapat disesuaikan dengan model rumah minimalis, anggaran atau luas ruang yang akan digunakan.

Taman rumah sederhana nantinya dapat anda atur sedemikian rupa agar tetap dapat memenuhi fungsi dan tujuannya baik dari segi tanamannya, ornamen atau hiasan, bentuk dan lain sebagainya. Anda juga dapat menentukan lokasi yang sesuai misalnya dibelakang, samping atau mungkin di depan rumah.

Nah, jika anda sedang mencari ide untuk model taman di depan rumah anda bisa mempertimbangkan beberapa pilihan. Pilihan tersebut antara lain jenis atau model taman kolam, taman bunga atau bahkan taman hias biasa. Seperti apa model atau desain taman tersebut, mari kita kupas satu persatu.

1) Model taman kolam
Taman kolam adalah taman yang bagian utamanya adalah kolam ikan. Jika anda memiliki ruang yang tidak begitu luas anda dapat memilih jenis atau model taman kolam seperti ini. Taman kolam dapat dibuat bahkan dengan luas lahan yang terbatas sekalipun. Taman ini biasanya akan dikombinasikan dengan aliran air mancur yang menjadi sumber mata air kolam.

Anda penggemar ikan, atau anda salah satu penikmat nuansa percikan air yang menenangkan? Mungkin anda bisa membuat kolam sebagai taman kecil depan rumah anda. Taman jenis ini biasanya banyak dibuat untuk bagian depan karena memiliki daya tarik tersendiri. Kesejukan jelas ada dalam taman ini, begitupun dengan unsur keindahannya.

Unsur estetis dari taman seperti ini biasanya akan sangat ditentukan oleh susunan atau bentuk taman, material bebatuan yang digunakan, aliran air dan juga jenis ikan yang dipelihara. Karena itu jika anda menjatuhkan pilihan pada model taman kolam maka anda tentunya perlu mempertimbangkan berbagai aspek tersebut.

2) Model taman bunga
Selain taman kolam, untuk bagian depan rumah anda juga dapat mempertimbangkan jenis taman bunga. Taman bunga selain dapat dijadikan taman belakang rumah juga cukup cocon dan menarik jika dibuat dibagian depan. Taman bunga sendiri adala jenis taman yang didominasi dengan berbagai tumbuhan berbunga.

Dalam satu taman, mesk kecil sekalipun, biasanya dapat dikombinasikan sampai beberapa jenis bunga sekaligus. Pada akhirnya taman tersebut selain indah juga dapat mempertegas unsur keceriaan di lingkungan hunian anda. Bayangkan, ketika keluar rumah anda akan disambut dengan bunga yang berwarna-warni. Belum lagi jika ditambah dengan berbagai jenis kupu-kupu yang terbang kesana-kemari, mengagumkan bukan?

Ketika membuat taman ini anda bisa mengkombinasikan tanaman bunga dengan berbagai variasi. Anda dapat menanam tanaman yang tingginya bervariasi, bunganya berbagai macam bentuk dan atau warnanya yang beragam. Kesan segar dan cerita mungkin akan lebih kental dirasakan dilingkungan rumah anda tersebut.

3) Model taman hias
Ada banyak variasi yang dapat diterapkan dalam sebuah taman, misalnya anda bisa menyesuaikan taman dengan model teras rumah atau mungkin membuat taman menyatu dengan bagian teras. Untuk model taman hias misalnya, banyak diterapkan menyatu langsung dengan bagian teras.

Sebutan taman hias sendiri saya tujukan untuk konsep taman yang lebih didominasi dengan warna hijau dengan berbagai kombinasi ornamen di dalamnya. Meski sebenarnya secara luas kedua model taman di atas juga dapat dikategorikan dalam model taman ini.

Ya, di depan rumah konsep taman yang hijau dengan kombinasi bebatuan, patung, dan ornamen taman lainnya dapat di terapkan untuk menambah keindahan. Kombinasi tanaman hijau diambil dengan variasi tinggi yang berbeda mulai dari rumput, tanaman perdu dan sebagainya. Konsep atau model taman ini dapat membuat rumah anda lebih terasa dingin dan sejuk.

Selanjutnya, model taman yang digunakan dapat anda sesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan. Untuk rumah minimalis misalnya dapat menerapkan taman rumah minimalis, untuk rumah dengan gaya modern dapat menggunakan konsep taman modern dan seterusnya. Dengan begitu antara rumah, taman, halaman, pagar dan lainnya akan membentuk satu kesatuan utuh yang indah.

Sedangkan untuk cara membuat taman depan rumah tersebut anda dapat menyewa jasa pembuat taman atau melakukan pengerjaan taman sendiri. Jika menggunakan jasa orang lain maka anda tinggal memilih model atau desain taman yang diinginkan. Sediakan anggaran dan anda bisa tinggal menunggu hasilnya.

Jika anda ingin membuat sendiri maka anda harus mulai dengan mempelajari lebih detail mengenai bentuk, susunan, ornamen, tanaman dan aspek lain pada taman yang ingin dibuat. Setelah persiapan detail tersebut anda dapat lanjut dengan mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Selanjutnya anda dapat memulai pembuatan kolam dengan santai.

Jika dikerjakan sendiri hendaknya anda mengerjakan pembuatan kolam tersebut dengan perlahan dan tidak perlu tergesa-gesa. Pastikan semua detail terlihat sesuai dengan yang diinginkan agar hasil akhir yang diharapkan tidak mengecewakan. Pastikan juga untuk menyiapkan segala ornamen hiasan yang diperlukan. Mudah-mudahan anda dapat membuat taman yang indah sesuai harapan anda.