Desain Landscape Taman, Contoh dan Cara Memilihnya

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Pasti bingung kalau berbicara masalah pilih memilih, untuk desain taman juga begitu bukan? Ya, sebelum membuat taman yang indah tentu saja anda harus tahu bagaimana landscape yang akan dibagun. Landscape taman perlu dikaji lebih jauh apakah sudah sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan keadaan lahan yang akan digunakan.

Untuk itulah, meski hanya untuk membuat taman anda tetap harus membuat persiapan terlebih dahulu. Paling tidak, selain persiapan alat dan bahan anda harus menyiapkan model atau desain taman yang akan digunakan. Jangan hanta terima beres, terima jadi karena jika tidak dilihat terlebih dahulu seperti apa yang ingin anda buat bisa saja anda menyesal.

Ya, kurang lebih, sebelum memulai paling tidak anda telah memiliki satu gambar taman yang akan diaplikasikan nantinya. Terserah, anda bisa mendapatkan desain taman tersebut dari manapun yang penting bagus dan anda suka. Bisa saja anda mencari dari majalah, koran atau internet atau bisa juga anda menyerahkan langsung kepada ahlinya yaitu dalam hal ini desainer taman.

Intinya dipersiapkan terlebih dahulu taman yang akan dibuat seperti apa, konsepnya bagaimana, penataannya bagaimana dan seterusnya. Jangan asal membuat karena nanti bisa jadi justru taman tersebut akan mengurangi keindahan rumah secara keseluruhan. Kalau tidak biasa memang lebih baik jika diserahkan langsung pada ahlinya tetapi anda tentu harus menyiapkan anggaran lebih tentunya.

Memilih landscape taman

Pemilihan model atau desain taman yang akan dibuat menjadi aspek persiapan yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena nantinya jika proses pembuatan telah dilakukan maka akan sedikit sulit untuk melakukan perubahan ditengah jalan. Tanpa pertimbangan yang matang justru bisa jadi taman yang tadinya bertujuan memperindah justru membuat penampilan rumah jadi aneh.

Anda tentu tidak ingin hal seperti itu terjadi bukan? Tentu saja karena taman juga dibuat dengan modal dan tujuan khusus. Kenapa harus susah-susah memilih desain terlebih dahulu? Ya tentu, pemilihan desain tersebut tujuannya adalah agar taman yang dibuat nanti benar-benar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Taman adalah satu kesatuan dengan rumah maka dari itu dalam pembuatannya juga harus mempertimbangkan rumah dan lingkungan di sekitar rumah yang anda miliki. Jika tidak diperhitungkan bisa saja elemen tersebut justru bertolak belakang.

Contohnya anda memiliki konsep klasik tetapi justru menerapkan landscape taman modern, tentu tidak sesuai bukan? Maka dari itu ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam memilih landscape atau desain taman tersebut.

1) Perhatikan luas dan ukuran
Pertama sekali jangan lupa untuk memperhatikan luas dan ukuran taman yang akan dibangun. Jika anda telah memiliki pilihan desain yang akan diterapkan maka coba perhitungkan apakah luas lahan yang ada dapat mencukupi dan sesuai dengan taman yang akan dibuat? Dengan memperhitungkan luas dan ukuran taman maka anda akan dapat memilih ukuran taman yang proporsional dengan luas lahan yang tersedia.

Terkadang ada yang sama sekali tidak mempertimbangkan hal ini, luas lahan bebas yang sempit justru ditambah dengan taman yang ukurannya tidak proporsional. Sehingga akhirnya, meski taman secara mendiri terlihat begitu indah namun jika dilihat secara lebih luas maka kurang begitu menarik. Hal ini disebabkan karena tidak sesuainya lahan luas taman dengan lahan dan ruang yang lain sehingga akhirnya menimbulkan kesan sumpek dan tidak beraturan.

Atau sebaliknya, terkadang areal kosong masih luas namun hanya membangun taman yang terlalu kecil sehingga keberadaan taman tersebut pada akhirnya tidak dapat benar-benar terlihat dan dirasakan. Hal ini karena masih terlalu luasnya lahan kosong yang berdiri sendiri dan tidak membentuk satu kesatuan baik dengan taman maupun dengan rumah secara keseluruhan. Jadi, tetap penting untuk setidaknya memperhatikan dan mempertimbangkan aspek tersebut.

2) Perhatikan bentuk dan ornamen
Bentuk dan ornamen atau hiasan juga sangat berpengaruh dalam sebuah taman. Maka dari itu untuk mendapatkan kesan indah yang benar-benar terasa diseluruh areal rumah anda maka sebaiknya bentuk dan ornamen taman tersebut perlu dipertimbangkan juga. Bentuk tamannya bagaimana, kemudian ornamen hiasannya bagaimana, hendaknya dipertimbangkan.

Pertimbangan ini tujuannya untuk mendapatkan kesesuaian dengan konsep rumah secara keseluruhan. Jadi harapannya dengan juga mempertimbangkan bentuk dan hiasan taman maka akan didapatkan sebuah taman yang menyatu dengan rumah, pagar dan lainnya. Jadi yang indah nantinya bukan hanya tamannya tetapi rumah anda secara keseluruhan.

Tamannya bagus tetapi tidak sesuai dengan rumahnya, tentu saja itu kurang memuaskan bukan? Misalnya lagi tamannya klasik tetapi rumah dan lainnya lebih cenderung glamor maka juga kurang begitu pas dipandang, benar tidak? Ya, paling tidak ada kesesuaian yang saling mengisi sehingga tercipta keindahan secara menyeluruh.

3) Pertimbangkan anggaran
Hal lain yang juga patut untuk anda pertimbangkan adalah mengenai anggaran atau biaya untuk membuat taman tersebut. Ya, meski sebenarnya anggaran untuk membuat taman tidaklah terlalu besar namun tetap saja anda harus menyesuaikan dengan taman yang akan anda buat. Karena meski bagaimanapun tetap dibutuhkan sejumlah uang untuk membuat taman yang anda inginkan.

Pengerjaannya mungkin tidaklah terlalu lama namun ornamen hiasan yang anda butuhkan mungkin saja membutuhkan biaya tambahan. Misalnya untuk menyediakan jenis batu taman yang diinginkan, ornamen lampu, rumput taman dan lain sebagainya. Jangan sampai berhenti atau mangkrak di tengah jalan, harus anda perhitungkan besar anggaran yang akan dibutuhkan.

4) Sesuaikan dengan konsep rumah
Yang sudah beberapa kali disebutkan di awal, taman apapun desain yang dipilih harusnya menyatu dengan keseluruhan tema rumah yang anda miliki. Maka dari itu buatlah kesesuaian antara gaya taman yang akan dibuat dengan konsep rumah yang diusung. Contohnya, untuk rumah dengan konsep tradisional akan lebih selaras dengan taman yang bernuansa tradisional.

Demikian juga jika anda memiliki rumah dengan konsep unik maka taman hendaknya juga dapat disesuaikan dengan tema tersebut. Menggunakan satu kesatuan konsep antara rumah dan taman akan menghasilkan satu keindahan yang menyeluruh. Keindahan rumah tidak akan timpang dan akan mendukung satu sama lain.

Itulah sebabnya maka akan lebih baik jika anda dapat menyesuaikan desain taman dengan konsep rumah anda. Anda dapat mengkombinasikan atau menyesuaikan elemen taman dengan berbagai pernak-pernik, tanaman dan hal lain yang dapat meningkatkan keindahan dan kenyamanan hunian secara menyeluruh.

Contoh landscape taman

Di atas telah dijelaskan beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan ketika memilih landscape yang akan diterapkan pada taman anda. Dan sekarang aksi nyatanya adalah dengan mulai mencari desain-desain yang cantik dan sesuai keinginan. Untuk sekedar tambahan ide, berikut telah disiapkan daftar beberapa contoh landscap yang bisa anda cari gambarnya. Beberapa yang dapat anda pertimbangkan antara lain sebagai berikut!

1) Landscape taman minimalis
2) Landscape taman hotel
3) Landscape taman belakang rumah
4) Landscape taman kantor
5) Landscape taman perumahan
6) Landscape taman kecil
7) Landscape taman rumah

Dari beberapa ide tersebut anda bisa mulai menelusuri desain yang menurut anda sesuai. Misalnya, jika rumah anda minimalis maka anda dapat mencoba mencari ide-ide taman dengan konsep minimalis. Atau bisa juga anda menerapkan desain taman pada hotel, kantor, perumahan dan lain sebagainya.

Setelah mencari beberapa contoh pada akhirnya anda akan dapat menemukan ide desain yang benar-benar pas dengan keinginan. Dengan berbagai pertimbangan yang telah dilakukan maka anda siap membawa ide tersebut untuk diwujudkan. Asal tidak tergesa-gesa maka pasti anda akan menemukan yang terbaik.