Membuat Pondasi Rumah Murah dan Kokoh

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Membuat Pondasi Rumah yang Murah dan Kokoh - Memiliki batasan dalam hal finansial saat hendak membangun sebuah rumah idaman memang merupakan masalah yang sangat serius. Jika kita harus melangkah dan tetap membangun rumah dengan kondisi tersebut maka kita harus mengedepankan masalah kesesuaian anggaran yang dimiliki. Dari mulai pondasi rumah sampai pada tahap penyelesaian, semua harus dipertimbangkan dengan baik agar dapat sesuai dengan keadaan finansial

Kita tidak akan membahas menyeluruh mengenai masalah perencanaan finansial namun yang akan kita bahas adalah satu fokus saja yaitu mengenai bagaimana kita dapat membuat pondasi rumah yang murah dan kokoh. Jika dilihat dari tujuan tersebut maka titik fokus kita yaitu mencoba menggali berbagai tips maupun cara untuk bisa membangun pondasi rumah yang memenuhi dua syarat utama yaitu murah dan kokoh. Murah dan kokoh; kata murah ditempatkan di awal karena fokus utama kita adalah berkaitan dengan dana sedangkan kokoh dibagian kedua berarti kita ingin membuatnya dengan harga serendah mungkin namun dengan kualitas sebagus mungkin. Sebelum lebih jauh membahas hal ini mari baca dulu:

1) Membangun rumah tingkat lahan sempit
2) Mengendalikan hama rayap di rumah

Konsekuensi dari kebutuhan dan keinginan untuk pondasi murah yang kokoh ini maka kita pasti akan mengalahkan masalah kualitas. Disini karena kita mengutamakan kecukupan dana maka kita menomroduakan kekokohan pondasi. Meski begitu tapi kita akan memilih cara yang dapat menghasilkan pondasi yang masih tetap sesuai dengan standar keamanan bangunan rumah yang akan di buat. Untuk menciptakan atau membuat pondasi seperti itu ada dua cara yang bisa kita lakukan yaitu yang pertama memilih jenis pondasi yang cocok dan kedua membuat pondasi dengan bahan alternatif. Untuk pilihan pondasi, kita dapat memilih jenis pondasi dangkal atau jenis pondasi batako.

Pilihan Pondasi Rumah Dangkal
Pondasi dangkal sering juga disebut sebagai pondasi memanjang maupun pondasi jalur. Cara membuat pondasi dangkal tidak sesulit membuat pondasi cakar ayam. Biaya pembuatan pondasi ini pun relatif murah tergantung pada pilihan kualitas bahan bangunan. Untuk menyusun pondasi dangkal caranya dengan menggali tanah sedalam 40-50 cm kemudian menata batuan kali didalamnya beserta adonan semen dicampur pasir, pondasi dibangun sampai 40-50 cm di atas permukaan tanah.

Pilihan Pondasi Rumah dengan Batako
Sebagian tukang menyarankan membangun pondasi dengan batako atau susunan bata agar menghemat biaya, namun pondasi menggunakan batu bata atau batako tidak sesuai untuk tanah yang mudah gerak seperti kaplingan bekas sawah atau ladang. Lalu, bagaimana dengan cara penghematan anggaran untuk membangun pondasi murah tapi kuat seperti yang kita inginkan?

Untuk menghemat pembuatan pondasi rumah sebaiknya mengganti batuan kali dengan batuan putih, jenis batuan putih diambil dari batu-batuan yang terdapat di bukit atau pegunungan. Kekuatannya cukup memadai untuk keperluan pondasi rumah satu lantai. Batuan putih cukup murah dibandingkan batuan kali. Masih kurang murah?

Langkah awal membuat pondasi rumah yang sederhana adalah penggambaran rancangan pondasi, kemudian diteruskan dengan penggalian alur pondasi sesuai dengan gambar yang dibuat. Siapkan batuan, semen, dan pasir, bila diperlukan persiapkan juga besi lonjoran beserta kawat sebagai bekisting kolom dan sloof (lajur di atas pondasi). Bekisting kolom dan sloof diperlukan sebagai penopang dan kerangka dasar rumah terutama sebagai penguat tembok. Setelah penggalian selesai maka kerangka besi dan kawat ditata terlebih dahulu (disertai papan-papan kayu penopang cor untuk pembentukannya), kemudian ditimbun dengan semen cor lalu diiringi dengan penataan batuan putih dan adonan pasir semen hingga ketinggian mencapai 50-an cm.


Sebagai penutup, jika kita ingin Membuat Pondasi Rumah yang Murah dan Kokoh sebaiknya kita benar-benar mempertimbangkan hal itu dengan baik. Perlu kita ingat bahwa bagaimanapun juga pondasi sebuah rumah haruslah benar-benar kokoh dan dapat menopang kuat seluruh struktur rumah yang akan di bangun. Baik dari penentuan jenis pondasi dan pemilihan bahan hendaknya mempertimbangkan besar kecilnya rumah yang akan di bangun.

Jangan hanya mempertimbangkan sisi finansial dan mengabaikan kualitas pondasi yang akan di bangun. Jangan sampai kita menyesal karena terlalu mengabaikan kekuatan pondasi karena masalah biaya tersebut. Maka dari itu pilih dan tetapkan dengan bijak sesuai dengan proporsi bangunan rumah yang akan kita buat. Itu saja, semoga sedikit pembahasan tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.