Membangun Rumah Tingkat Lahan Sempit

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Membangun Rumah Tingkat di Lahan Sempit - Adakah tips atau kiat khusus untuk cara membangun rumah tingkat khususnya yang akan didirikan di lahan sempit? Ya, mau tidak mau, suka tidak suka, membangun sebuah hunian idaman di lahan yang tidak begitu luas memang tidak bisa bebas berekspresi dalam arti semua yang akan kita buat harus memperhitungkan luas lahan yang tersedia. Maka dari itu tak jarang banyak dari kita yang bingung bahkan pusing saat berencana mendirikan sebuah rumah di lahan atau lokasi yang terbatas.

Pembahasan artikel rumah idaman kali ini bertujuan memberikan sedikit ide dan gagasan bagaimana cara membangun rumah tingkat khususnya untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang tidak begitu luas. Diharapkan dengan adanya pembahasan ini maka kita bisa mendapatkan ide dan gagasan cemerlang yang bisa diterapkan. Dari sini kita bisa mendapatkan tips pembangunan rumah yang meliputi banyak hal mulai dari cara memilih gambar desain, menentukan ruangan, melakukan dekorasi interior dan lain sebagainya.

Sebenarnya, rumah tingkat di lahan sempit sudah merupakan pemecahan masalah yang kita miliki. Ini didasarkan pada keterbatasan lahan yang telah di cover atau di atasi dengan bentuk bangunan tingkat sehingga kebutuhan ruang yang diinginkan bisa tercukupi. Jadi sederhananya membangun rumah tingkat di lahan sempit sebenarnya tidak begitu memiliki banyak masalah. Meski begitu ada beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan dengan benar sebelum memulai tahap pembangunan rumah tersebut. Dalam merencanakan pembangunan rumah tersebut sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

1) Pilih desain rumah tingkat yang sesuai
2) Sesuaikan ukuran ruang, jangan memaksa membuat ruangan terlalu lebar
3) Tatap sisakan ruang kosong
4) Perhatikan kebutuhan parkir kendaraan
5) Optimalkan penggunaan ruang multi fungsi
6) Perhatikan pondasi

Beberapa poin di atas adalah hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang sering di hadapi ketika kita hendak membangun rumah khususnya untuk pembangunan rumah di lokasi yang tidak terlalu luas. Penjelasan lengkap mengenai poin-poin di atas bisa kita perdalam sebagai berikut.

Pilih desain rumah tingkat yang sesuai
Desain atau model rumah merupakan sesuatu yang pengaruhnya begitu banyak terhadap rumah yang akan di buat. Memilih desain yang salah maka pada akhirnya hanya akan menyisakan banyak keterbatasan dan penyesalan. Untuk itulah sebelum membuat rumah hendaknya kita pilih desain yang benar-benar sesuai, bukan saja sesuai dengan keinginan namun harus sesuai dengan kondisi luas lahan yang akan digunakan.

Untuk desain rumah tingkat ini banyak yang bisa kita pilih; ada desain rumah tingkat dua lantai, rumah tingkat 3 lantai, ada desain rumah tingkat minimalis, modern, mewah, klasik dan lain sebagainya. Tentu saja pemilihan desain tersebut bisa sesuai selera masing-masing dengan tetap mempertimbangkan masalah lahan yang sempit itu. Desain rumah menjadi hal yang begitu penting karena di dalamnya akan ada berbagai macam konsep mulai dari tata ruang, luas ruangan, desain interior dan sebagainya. Karenanya lebih baik mencari contoh yang cukup, mempelajarinya terlebih dahulu baru setelah itu menentukan pilihan.

Dalam memilih desain rumah tingkat untuk lahan sempit hendaknya pilih desain yang modern dan tidak ketinggalan zaman setidaknya untuk 10 tahun ke depan. Pastikan modelnya bagus, mewah dan denahnya sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Sesuaikan ukuran ruang
Lahan sempit rumah sempit, ini adalah sebuah kekurangan dan keterbatasan yang sebaiknya kita terima dengan lapang dada. Karena itu jangan terlalu memaksa dalam menata ukuran ruang yang akan di buat. Membuat ruang yang terlalu luas akan membuat jumlah ruang menjadi terbatas namun jika memilih ruang yang terlalu sempit maka rumah akan terkesan lebih perantakan dan lebih sempit lagi. Harus kita seimbangkan antara kebutuhan dan kenyamanan yang ada di dalam rumah tersebut.

Pertimbangan yang paling bijak adalah dengan menyesuaikan ukuran ruangan dengan luas rumah. Jika luasnya hanya cukup untuk dua ruangan maka jangan buat tiga ruangan. Tentu saja ini sedikit membingungkan karena pasti kita ingin memiliki rumah yang indah, nyaman, tidak sumpek namun dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Tips yang dapat kita lakukan untuk masalah ukuran ruang adalah dengan menerapkan sistem sekat non permanen untuk membuat ruangan di rumah tersebut.

Optimalkan penggunaan ruang multi fungsi
Karena kita membuat rumah di tanah yang tidak cukup luas maka sudah pasti ukuran ruangan yang ada pun tidak bisa terlalu lebar. Maka dari itu tipsnya adalah optimalkan penggunaan ruang multi fungsi untuk mengakomodir kebutuhan. Contoh ruang tersebut bagaimana? Misalnya saja, kita bisa fungsi ruang kerja dengan ruang tengah atau ruang tamu dengan memaksimalkan pemanfaatkan ruang kosong di sudut ruangan yang biasanya jarang digunakan.

Selain menyelesaikan masalah fungsi dan kebutuhan tadi penerapan metode ini juga bisa membuat ruangan kita terasa lebih unik dan menarik asalnya penataannya benar-benar sesuai dengan konsep yang dipilih. Untuk kita yang jarang mempelajari desain rumah atau gambar rumah mungkin tips ini akan sedikit aneh namun jika kita telah banyak melihat berbagai desain rumah modern maka konsep minimalis seperti ini sudah banyak di terapkan.

Tetap sisakan lahan kosong
Tips ketiga untuk rumah tingkat di lahan sempit adalah tetap perhatikan lahan kosong. Betapapun sempitnya lahan kita tetap harus menyisakan sedikit untuk hal lain misalnya taman dan lahan parkir kendaraan. Ingat, halaman itu adalah bagian dari rumah yang di dalamnya ada lahan parkir dan juga taman. Sesempit apapun sebaiknya kita tetap pertimbangkan kebutuhan tersebut. Tanpa semua itu maka fungsi rumah tidak akan bisa maksimal misalnya saja dari sisi keindahan, kenyamanan dan kebutuhan yang ada.

Membangun Rumah Tingkat Lahan Sempit

Jadi meskipun kita memiliki keterbatasan dalam hal luas tanah namun usahakan untuk tetap memberikan ruang kosong. Sebaiknya hindari membuat rumah yang mentok batas, selain akan mengurangi kenyamanan juga akan mengurangi unsur keindahan rumah tersebut. Pasti ada jalan jika kita mau, misalnya kita dapat menyiasati hal ini dengan memanfaatkan lantai dasar untuk beberapa fungsi yang tidak dapat tertampung. Akan sedikit menambah pengeluaran mungkin, tapi hasilnya akan lebih memuaskan karena kebutuhan taman dan juga parkir bisa didapat.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai kiat dalam Membangun Rumah Tingkat di Lahan Sempit. Dengan adanya sedikit kiat atau tips di atas maka sekarang kita tidak perlu lagi ragu jika harus membangun rumah idaman kita di lahan yang terbatas atau tidak luas. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan ide dan referensi kita bersama. Jangan lupa lihat beberapa desain rumah tingkat yang ada di bagian akhir tulisan ini.