Mengendalikan Hama Rayap di Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Mengendalikan Hama Rayap di Rumah - Rayap adalah masalah serius yang sering merusak rumah idaman baru kita. Kita harus tahu cara membasmi rayap yang menyerang, kalau tidak bahan kayu di rumah pasti akan rusak. Oleh karena itu hari ini kita akan bahas mengenai bagaimana mengendalikan hama rayap yang menyerang di rumah kita tersebut. Hama rayap harus segera kita basmi sebelum terlambat, nah bagaimana cara efektif untuk melakukan hal tersebut?

Yang umum di masyarakat kita dalam menjaga atau merawat rumah adalah mengenai rayap yang bisa membuat semua kayu yang ada menjadi keropos, rapuh. Tentu saja untuk hunian yang menggunakan sebagian besar bahan kayu hal ini sangat mengkhawatirkan. Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai hewan ini dan bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul.

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara menangani rayap ini kita akan sedikit membahas hewan seperti apakah sebenarnya rayap si pemakan kayu tersebut. Dengan mengetahui lebih jauh diharapkan kita bisa lebih mengenal karakteristik hewan ini dan dapat dengan mudah mencegah masalah rayap yang ada di rumah kesayangan kita. 

Apa sih hewan rayap sebenarnya?

Bentuknya seperti semut, tapi kamu semua lebih mengenalnya sebagai serangga yang merugikan, "memakan" kayu. Rak buku, pintu, meja, semua bisa dimakan nya. Kadang dari luar nampak "aman-aman" saja, namun jika kamu tekan, biasanya langsung "runtuh" alias keropos. Mahluk apa gerangan yang membuat semua hal ini bisa terjadi? Kamu mungkin pernah mendengar namanya, namun belum pernah melihatnya langsung.

Serangga Rayap ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, dikenal juga dengan nama semut putih, beberapa daerah memiliki nama khusus, seperti Ranggas (Jawa tengah/timur), Anai-Anai (Sumatera), Sumpiyuh, Rinyuh (Jawa Barat). Dalam bahasa Inggris Rayap disebut juga Termites, atau White ants (semut putih)

Rayap termasuk kelompok serangga sosial, seperti juga halnya semut dan lebah. Hal yang menarik, rayap tidak bisa hidup sendiri, rayap selalu hidup berkelompok karena dengan cara itulah rayap memperoleh "kebutuhannya" untuk bisa terus hidup. Mereka membangun “rumahnya” hingga ke tempat dia mencari makan berupa "lorong-lorong" panjang dan sempit. Di beberapa daerah rayap membangun rumahnya sedemikian tingginya, uniknya rumah mewah mereka itu di bangun oleh rayap yang ternyata buta lho.

Rayap dan semut adalah satu "keluarga" yaitu Ordo Hymenoptera, namun salah satu perbedaannya adalah Rayap membutuhkan makanan kayu (selulosa) sementara semut memakan semua jenis makanan, dari serat sampai gula. Hal ini lah yang menyebabkan Rayap dianggap hama, karena memakan semua jenis kayu, bahkan rumah dan perabotan kamu yang terbuat dari kayu.

Walaupun semua jenis rayap makan kayu, tapi "cara makan" mereka berbeda-beda, ada yang makan dan sekaligus hidup bersarang di dalam kayu, ada yang membuat rumahnya di tanah, ada yang hanya memakan kayu yang hidup (pohon), ada yang hidupnya membutuhkan banyak air, ada juga yang hidup secara “kering”, dan banyak macam lainnya. Baca juga desain rumah kayu minimalis sederhana

Atas dasar inilah tidak semua Rayap adalah hama bagi manusia. Di Indonesia terdapat lebih dari 200 species, dan hanya 20 species yang merupakan hama pemakan kayu dan juga tumbuhan kayu. Walaupun begitu perilaku mereka cukup membuat repot kita.


Cara Mudah Mengendalikan Hama Rayap di Rumah

Tidak ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membasmi rayap di rumah jika kita tidak bersungguh-sungguh dalam menanganinya, apalagi kalau rumah kita merupakan rumah kayu. Mulai dari awal saat pembangunan rumah harus kita pikirkan dan pertimbangkan mengenai masalah ini. Nah, untuk menghindari dan mengendalikan hama rayap ada beberapa tips mudah melakukannya. Beberapa cara untuk dapat mengendalikan serangan tentara rayap yaitu:
  • Singkirkan sisa-sisa tumpukan kayu yang tidak terpakai, pohon-pohon mati, akar, disekitar rumah, karena itu adalah tempat yang cocok buat rayap bersarang.
  • Jika kamu membuat rumah dari kayu, sebisa mungkin hindari kontak langung atara bagian kayu dengan tanah (walaupun rayap tetap bisa membuat “lorong” menuju makanannya, tapi setidaknya kamu akan tau darimana rayap itu datang).
  • Pergunakan kayu yang “anti rayap” seperti jati, atau kayu yang telah “dilapisi” bahan anti rayap
  • Membangun pondasi yang “kebal” serangan rayap, dengan mencampurnya dengan bahan-bahan anti rayap (banyak dijual di toko bangunan)
  • Menghubungi jasa penanggulangan rayap, yang memiliki banyak metode pengendalian hama rayap ini.
Cara Mengendalikan Hama Rayap di Rumah

Memang, hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menghindari serangan hama rayap adalah memastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi. Karena itulah hendaknya kita membuang atau menyingkirkan berbagai benda yang tidak di inginkan seperti misalnya membersihkan rumah dari bekas-bekas bahan bangunan yang tidak terpakai, membersihkan dari kayu atau ranting pohon yang terjatuh dan sebagainya. 

Khusus untuk tipe rumah kayu ada baiknya kita menggunakan pondasi yang tidak terbuat dari kayu agar menghindari kontak langsung antara bahan kayu yang dipakai dengan tanah. Hal ini untuk sedikit memberikan pencegahan agar rayap tidak begitu mudah hinggap ke kayu-kayu tersebut. Jika rumah sudah di serang hama rayap maka cara ini juga akan mempermudah kita untuk mengetahui dari mana datangnya hama tersebut. Dengan begitu kita akan lebih mudah dalam membasmi hama tersebut. Pada bagian pondasi kita juga dapat mencampur nya dengan bahan anti rayap yang banyak di jual di toko. Selain itu, untuk menghindari dari serangan rayap kita juga dapat memaksimalkan penggunaan kayu yang telah dilapisi dengan anti rayap, kita juga bisa menggunakan jenis kayu tertentu yang keras seperti jati.

Apabila telah terjadi serangan hama ini yang tak terkendali maka sebaiknya kita cepat menghubungi jasa pembasmi hama untuk menangani hal tersebut. Bagaimanapun sebenarnya rayap adalah salah satu mahluk yang membantu proses siklus alami. Tidak seperti halnya mahluk hidup lain (termasuk manusia), rayap memiliki kemampuan "mencerna" selulosa. Namun karena manusia juga membutuhkan kayu sebagai salah satu penyokong kehidupannya, maka yang terjadi adalah rayap dan manusia saling berebut.

Secara alami memang kita tidak dapat secara total Mengendalikan Hama Rayap di Rumah namun setidaknya kita harus tetap berusaha mencegah dan mengurangi berbagai kerusakan yang bisa diakibatkan oleh adanya hama tersebut. Rajin memelihara rumah bisa menjadi hal yang sangat penting untuk menghindari serangan hama ini. Itu saja, semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat.

Referensi: http://b0cah.org