Memilih Model Pintu Baru yang Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Kalau model baru ya bagus tetapi bagus itu sendiri sangat relatif tergantung sudut pandang masing-masing. Begitu juga dengan model pintu rumah, yang baru dan bagus menurut anda belum tentu bagus menurut orang lain. Lalu apa yang terpentingd alam memilih model pintu untuk rumah anda?

Tentu sebelum menjatuhkan pilihan maka anda akan memilih dari sekian banyak desain pintu baru yang ada. Nah, dalam pemilihan tersebut tentu saja ada pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan. Jelas, model pintu tidak dipilih sembarangan karena pintu juga akan berpengaru bukan hanya dari sisi fungsi saja.

Anda mungkin memiliki banyak referensi model model pintu rumah  tetapi dari sekian banyak desain atau model tersebut hanya satu yang akan digunakan. Proses pemilihan model pintu rumah tersebutlah yang akan menentukan apakah pintu yang digunakan sesuai atau tidak. Lalu bagaimana cara anda memilih desain pintu yang akan anda gunakan? Apakah anda asal memilih saja, atau asal memilih yang murah saja?

Jangan sampai menyesal, memilih pintu juga sebaiknya mempertimbangkan banyak hal. Fungsi utama pintu memang untuk akses masuk. Namun pintu juga harus memiliki nilai estetis untuk mendukung desain rumah yang dimiliki. Pintu juga harus cukup baik jika ditinjau dari sisi anggaran dan juga keamanan. Maka dari itu dalam memilih model pintu terbaru sebaiknya anda pertimbangkan beberapa hal berikut!

1) Pemilihan desain
Dalam memilih model pintu yang baru, pertama anda dapat mempertimbangkan masalah desainnya. Dari sisi desain, sebuah pintu juga hendaknya dipertimbangkan dengan baik. Caranya, akan lebih elok jika anda memilih pintu yang desainnya sesuai dengan desain atau konsep rumah.

Ya, desain rumah itu satu paket termasuk didalamnya terdapat desain untuk pintunya. Jadi, jika anda berfikir untuk menggunakan desain lain maka sebaiknya pertimbangkan masalah keselarasan atau kesesuaiannya dengan desain rumah. Kalau rumah menggunakan konsep minimalis maka paling tidak anda dapat menggunakan desain pintu minimalis.

Kalau tidak disesuaikan dengan desain rumahnya maka hasil akhirnya tentu akan lucu. Atau paling tidak tema atau konsep rumah yang diusung tidak akan terlihat. Contoh saja begini, untuk rumah lama yang cenderung menggunakan konsep rumah adat tentu akan sangat aneh jika pintunya menggunakan model yang bernuansa modern.

Tetapi tentu saja semua keputusan tergantung pada anda, orang lain hanya bisa melihat dan tidak berhak menentukan. Tetapi paling tidak anda pasti ingin memiliki rumah yang indah bukan. Indah tersebut bukan hanya untuk diri sendiri saja bukan? Ya, pandai-pandai kita saja dalam mentukan desain yang cocok, yang jelas pertimbangkan secara keseluruhan.

2) Pemilihan warna
Warna pintu umumnya memang akan mengikuti warna rumah secara keseluruhan. Tetapi sebagai pemilik anda mungkin saja akan memiliki ide sendiri mengenai warna pintu rumah. Apapun itu, perlu juga dipertimbangkan bahwa warna juga akan membentuk satu kesatuan. Jadi semua elemen warna akan terangkai menjadi satu dalam satu lingkungan rumah.

Sebelum menentukan warna yang dipilih sebaiknya anda melihat lagi skema warna yang telah diterapkan di rumah anda. Lebih baik menghindari warna yang bertolak belakang atau mungkin warna-warna yang terlalu mencolok dan mengganggu pandangan mata.

Apalagi untuk pintu depan atau pintu utama, meski anda akan menggunakan desain terbaru tetapi anda tetap harus mempertimbangkan masalah warnanya. Keselarasan warna juga akan mendukung aspek estetis jadi jika anda ingin rumah anda bagus dan indah maka perhatikan juga penggunaan warnanya termasuk warna pintu tersebut.

3) Pemilihan bahan
Apakah bahan pintu juga perlu diperhitungkan? Tentu saja, desain pintu  baru sekarang ini bahkan ada yang tersedia dari bahan lain selain kayu. Disana ada bahan dari baja dan juga alumunium yang ikut meramaikan desain berbagai pintu rumah. maka dari itu bahan juga tetap harus masuk dalam pertimbangan.

Apa yang perlu dipertimbangkan, antara lain mengenai kekuatan dari bahan tersebut. Hendaknya model pintu juga didukung dengan jenis bahan yang tepat. Dengan begitu selain model yang bagus juga harus didukung dengan bahan yang sesuai. Tentu, masalah bahan ini akan tergantung pilihan anda namun anda dapat tetap mempertimbangkan masalah tersebut.

Untuk pintu utama misalnya, anda dapat memilih bahan dari kayu tetapi yang berkualitas. Bahan kayu dapat dipilih dengan pertimbangan desain yang lebih beragam, sebut saja misalnya jati ukir yang cukup bagus dan berharga. Tinggal dipertimbangkan saja mana yang ingin anda gunakan.

4) Pertimbangan biaya
Anggaran juga akan mempengaruhi hasil, makanya perlu juga anda lihat bagaimana anggaran biaya yang ada. Jika terbatas sudah pasti anda tidak dapat memilih model-model yang mahal. Jika tidak ada masalah dengan biaya maka tinggal anda cari saja yang sesuai keinginan, itu pasti akan lebih mudah.

Pastinya, anggaran juga perlu dipersiapkan dan diukur sebelum memilih desain atau model pintu rumah. Jangan sampai anggarannya terbatas tetapi ingin yang super mahal atau sebaliknya anggaran cukup tetapi memilih pintu yang kurang berkualitas.

Jadi, secara keseluruhan, dalam pemilihan model pintu terbaru atau yang baru, ada beberapa pertimbangan yang perlu anda perhatikan. Pertimbangan tersebut meliputi warna, bentuk, desain, bahan dan juga sisi keamanan dari pintu itu sendiri. Pastikan anda memilih model yang benar-benar sesuai dengan tujuan, kebutuhan dan keinginan anda. Itu saja, salam hangat dari kami!