Pintu Rumah Aluminium, Awet dan Tahan Lama

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Yang ini lumayan asyik nih yaitu mengenai penggunaan pintu rumah dari bahan alumunium. Kenapa asyik karena jelas sekali dari judul dikatakan bahwa pintu ini lebih awet dan tahan lama. Jelas, jika dibandingkan dengan bahan kayu tentu saja bahan alumunium ini lebih tahan dari perubahan bentuk dan juga serangga pengerat.

Tapi tahan dulu, pembahasan kita ini tidak bermaksud menganjurkan anda untuk beli pintu rumah  dengan bahan tersebut tetapi lebih kepada berbagi pertimbangan kepada kita semua ketika hendak menggunakan pintu tersebut. Tentu anda tahu bahwa pintu adalah akses masuk yang bukan hanya harus diperhitungkan dari sisi estetis. Lebih jauh, pintu juga harus dikaitkan juga dengan keamanan rumah.

Mengingat hal tersebut maka memilih jenis pintu rumah tentu tidak boleh sembarangan. Setidaknya selain perhitungan masalah efektivitas juga perlu diperhitungkan masalah keamanan, keindahan dan beberapa aspek lain. Lalu bagaimana jika ingin menggunakan jenis pintu dengan bahan khusus tersebut? Ya, tinggal dipertimbangkan saja karena tentu saja jenis pintu ini tentu  memiliki kelebihan tersendiri.

Bagi anda yang berniat menggunakan pintu seperti ini maka paling tidak anda dapat mempertimbangkan masalah manfaat yang didapat. Selain itu kelayakan juga harus diperhitungkan artinya harus dipertimbangkan lebih jauh pintu-pintu yang akan menggunakan bahan tersebut. Lebih jauh mari kita lihat keuntungan dan juga penempatan dari pintu bahan alumunium tersebut.

Kelebihan dan kekurangan
Sebelum memutuskan untuk menggunakan kusen pintu dengan bahan tersebut tentu anda dapat mencari informasi lebih jauh mengenai keunggulan atau kelebihan dari pintu tersebut. Selain itu anda juga dapat mempertimbangkan masalah kekurangan dari penggunaan bahan kusen pintu dari alumunium tersebut. Pertimbangan seperti itu jadi anda akan lebih mengetahui bagaimana kualitas pintu tersebut secara keseluruhan.

Salah satu alasan pemilihan jenis pintu ini tentu adalah karena kelebihannya. Kalau berbicara mengenai kelebihan, ada beberapa kelebihan yang dimiliki pintu atau kusen pintu dengan bahan tersebut. Untuk kelebihan tersebut paling tidak ada beberapa poin penting yang dapat dipertimbangkan. Kelebihannya yaitu sebagai berikut:

1) Lebih tahan lama dan awet
2) Bahan lebih ringan
3) Bahan mudah dirawat
4) Lebih ekonomis
5) Dapat disesuaikan

Jelas, bahan dari alumunium ini jika ditinjau dari sisi daya tahannya tentu lebih awet. Pasalnya bahan alumunium akan lebih tahan dari serangga pengerat, tidak mudah berubah bentuk dan juga lebih tahan dari cuaca. Tentu masalah awet tidaknya ini akan perlu dipertimbangkan mengingat hal ini akan berhubungan dengan hal lain juga. Yang jelas, pintu atau kusen pintu alumunium ini bisa lebih awet.

Yang kedua, dengan menggunakan bahan ini maka kusen dan pintu rumah anda akan lebih ringan. Ini berarti jika diperlukan daun pintu tentu akan lebih mudah dipindahkan sesuai kebutuhan. Selain itu, tidak seperti bahan lain, bahan ini juga cukup mudah untuk dirawat misalnya mudah dibersihkan.

Karena lebih awet tadi maka dari sisi anggaran tentu saja lebih ekonomis. Anda tidak akan perlu sering-sering mengganti pintu tidak seperti menggunakan bahan kayu yang dapat keropos dan harus segera diganti. Untuk biaya pembuatan dan pengadaan juga cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan pintu dari bahan kayu misalnya kayu berkualitas.

Berikutnya, meski menggunakan bahan alumunium namun anda tetap bisa menyesuaikan model atau bentuk dari pintu tersebut. Sebagai contoh anda dapat memilih mana yang lebih cocok dengan rumah antara model pintu sliding, swing atau pintu lipat. Selain itu masalah warna juga tetap dapat disesuaikan karena bahan ini juga dapat dilapisi warna, bahkan dapat dibuat dengan corak kayu juga.

Itu tadi masalah kelebihan tetapi tentu saja selain kelebihan tentu ada kelemahan dari bahan tersebut. Apa saja kelemahan jika menggunakan pintu alumunium tersebut? Beberapa kelemahan menggunakan pintu dengan bahan ini antara lain yaitu:

1) Pemasangan lebih rumit
2) Model lebih terbatas

Dari sekian hal kekurangan yang paling menonjol dan dapat dilihat adalah mengenai pemasangan dan juga model atau desain pintunya. Untuk pemasangan, pintu ini lebih sulit di pasang dalam arti tidak semua orang dapat memasang pintu tersebut. Pintu ini mengandalkan kekuatan skrup yang dalam pemasangannya harus benar-benar presisi.

Selain itu saat memasan pintu atau kusen pintu harus menggunakan ukuran yang benar-benar pas karena jika tidak dapat mengakibatkan kesulitan pemasangan yang fatal. Namun demikian, masalah pemasangan ini tentu tidak perlu anda risaukan jika anda menyerahkan semua itu kepada ahlinya. Artinya anda tidak perlu mengerjakan pemasangan sendiri jika ingin menggunakan model pintu seperti ini.

Perlu juga anda pertimbangkan, pintu menggunakan bahan alumunium ini memiliki model atau desain yang lebih sedikit. Kenapa demikian, ini karena bahan yang digunakan merupakan hasil cetakan pabrik yang bentuknya sudah seperti itu.

Saat ini belum begitu banyak variasi yang bisa dijadikan pilihan. Jadi, jika anda ingin menggunakan pintu alumunium anda tidak dapat menemukan model-model pintu seperti bahan kayu. Namun begitu dari sisi fungsi dan manfaatnya tentu saja anda bisa mempertimbangkan sendiri apakah sesuai atau tidak.

Penempatan pintu alumunium
Jika dibandingkan dengan pintu dari kayu, pintu bahan alumunium ini menurut saya kurang begitu bisa ditempatkan dimana saja. Artinya, untuk rumah tinggal saat ini masih jarang yang mengaplikasikan pintu jenis ini di bagian pintu utama. Pengaplikasian pintu ini umumnya lebih pada jenis-jenis pintu dibagian dalam.

Pertimbangan pertama mengenai penempatan ini misalnya dari unsur keamanan. Pintu ini umumnya menggunakan material lain berupa kaca atau aluminium semua sehingga dianggap kurang begitu kokoh jika ditempatkan di pintu utama. Sebenarnya bisa saja pintu tersebut selanjutnya dilengkapi dengan alarm pintu rumah tetapi semua itu tentu tergantung pertimbangan masing-masing.

Untuk sementara ini, jika anda ingin mencoba bagaimana kemampuan dan juga kualitas dari pintu tersebut anda dapat menggunakannya untuk ditempatkan pada bagian dalam. Yang paling umum, anda dapat menggunakan pintu ini untuk pintu kamar mandi. Atau jika mungkin anda juga dapat mempertimbangkannya untuk penggunaan pintu lain dibagian dalam.

Dengan begitu anda dapat mulai membuktikan sendiri bagaimana kekuatan dari pintu rumah bahan alumunium tersebut. Sebagai kesimpulan, jika anda ingin lebih ekonomis maka anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jenis pintu alumunium. 

Karena bahan ini memang cenderung menghasilkan biaya yang lebih rendah. Namun begitu perlu anda pertimbangkan juga mengenai penempatan dan juga jenis pintu yang akan anda gunakan. Itu saja, semoga sedikit pembahasan ini dapat bermanfaat!