Belajar Menata Ruang Tamu Indah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tips Belajar Menata Ruang Tamu Indah - Bagi yang tidak terbiasa dengan penataan interior menata ruang tamu tidaklah segampang yang dibayangkan. Untuk mendapatkan sebuah ruang tamu yang indah, nyaman, mewah dan berkesan perlu adanya penataan yang benar-benar pas untuk semua komponen yang ada dalam ruang tersebut. Maka dari itu untuk menambah inspirasi kita dalam proses desain interior ruang tamu tersebut kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bermanfaat.

Penataan interior sebuah ruangan atau rumah secara keseluruhan memang tidak gampang, tanpa banyak berlatih dan belajar kita tidak akan mampu menciptakan ruangan yang diinginkan. Maka dari itu, kita yang memiliki rumah idaman baru tentu harus banyak mencari referensi bagaimana konsep-konsep penataan ruang tamu yang baik. Dalam penataan tersebut kita dapat mempertimbangkan beberapa tips menata ruang tamu indah di bawah ini.

1) Pemilihan warna
2) Penggunaan perabotan
3) Penempatan hiasan
4) Pengelolaan ukuran ruang
5) Keserasian ruangan

Secara keseluruhan sebuah ruang tamu harus mampu memenuhi segala kebutuhan yang ada. Dari sisi kebutuhan ruang harus tercukupi, dari sisi kenyamanan harus dipenuhi dan dari sisi keindahan pun harus diperhitungkan. 

Pemilihan warna untuk ruang tamu
Warna memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan sebuah ruangan yang indah. Jika kita ingin memiliki ruang tamu yang indah maka saat melakukan dekorasi kita harus mempertimbangkan seluruh warna yang ada di ruangan tersebut. Warna yang perlu dipertimbangkan terdiri dari warna dinding atau tembok, warna perabotan, warna lantai dan juga pencahayaan. 

Untuk menghasilkan sebuah penataan ruangan yang indah maka mutlak diperlukan keserasian dalam pemilihran warna ruang tamu. Semua warna yang ada dalam ruangan haruslah serasi, selaras dan seimbang sesuai dengan konsep dan tema yang akan diterapkan. Tips yang bisa diterapkan adalah kita bisa menerapkan skema warna yang seimbang yang terdiri dari warna terang dan warna yang lembut. 

Contoh penerapan warnanya misalnya dengan skema warna coklat yang terdiri dari warna dinding putih susu, warna sofa coklat muda, warna lis jendela coklat tua, warna carpet sedikit coklat tua dari warna sofa, wana meja putih dengan kaki-kaki bagian bawah coklat tua dan seterusnya. Skema warna ini bisa dikombinasikan juga dengan warna coklat terang ke emasan pada bagian lampu dan bingkai hiasan. Untuk penerapannya bisa melihat contoh gambar ruang tamu di bagian bawah.

Penggunaan perabotan dalam ruang tamu
Perabot di ruangan ini termasuk semua jenis yaitu mulai dari sofa sampai pada hiasan dinding. Untuk perabotan ini harus kita pertimbangkan dari segala sisi agar sesuai baik dari sisi warna, bentuk atau model, penempatan dan juga besar kecilnya perabot. Perlu diingat, penggunaan perabot ini juga harus disesuaikan dengan luas ruangan. Jangan sampai ruang sempit dipenuhi dengan perabotan sehingga ruangan justru akan menjadi sumpek dan sempit.

Untuk bentuk dan desain perabot kita sesuaikan dengan konsep ruangan secara keseluruhan. Misalnya apakah kita ingin menerapkan konsep ruangan modern, klasik dan lain sebagainya. Penggunaan perabotan harus benar-benar dipertimbangkan sampai pada detail terkecil sekalipun agar hasil ruangan yang ditata bisa benar-benar indah sesuai keinginan.

Penempatan hiasan di ruang tamu
Hiasan di ruang tamu bisa mempertegas konsep ruang yang di inginkan. Namun demikian penempatan dan pemilihan hiasan ini juga tidak boleh sembarangan. Untuk tetap menjaga ruangan tetap rapih maka hendaknya kita gunakan hiasan yang sekedarnya saja dan tidak terlalu banyak. Idealnya untuk ruangan standar kita bisa menempatkan satu sampai tiga hiasan yang ukurannya disesuaikan dengan luas ruangan.

Dalam penempatan hiasan ini kita dapat menerapkan kombinasi ukuran, misalnya satu hiasan berukuran besar, satu berukuran sedang dan satu lagi berukuran kecil. Jangan lupa, meski hanya hiasan namun jenis dan warnanya juga harus disesuaikan dengan konsep warna secara keseluruhan. Jangan sampai melenceng dan tidak mendukung skema warna yang sudah ada.

Pengelolaan ukuran ruang ruang tamu
Sebelum menentukan pilihan perabotan dan juga tata letak jangan lupa untuk mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai ukuran ruang tamu yang kita miliki. Tentukan apakah ruangan cukup besar, sedang atau kecil ukurannya. Ukuran luas ruangan akan mempengaruhi jenis perabot yang bisa ditempatkan dan juga mengenai tata letak penempatan perabot tersebut.

Untuk ruangan yang cukup kecil kita harus bijak menentukan ukuran perabot yang akan digunakan. Jika perlu kita bisa memesan secara khusus perabot yang akan kita gunakan. Ini akan memberikan kita keleluasaan dalam pengelolaan ukuran ruang yang ada. Dengan menerapkan teknik ini kita bisa memaksimalkan ruang dan juga menghindarkan diri dari ruang tamu yang penuh sesak dan sempit. Dalam penerapan, contohnya desain rumah yang ukuran ruang tamunya sangat sempit dan diperparah dengan pemilihan sofa yang tidak bijak karena hanya mengikuti ukuran standar. 

Kasus tersebut sangat umum terjadi dalam menata ruang tamu indah maka dari itu sebaiknya kita benar-benar mempertimbangkan masalah ukuran ruang tersebut. Kalau ukuran ruang tamu sudah terlanjur kecil maka yang bisa kita lakukan hanyalah menyiasati agar ruangan tersebut tidak terasa sumpek. Maka dari itu kita harus menahan diri dan tidak menempatkan perabotan yang tidak benar-benar berfungsi.

Keserasian ruangan ruang tamu
Keserasian adalah sebuah kebutuhan mutlak untuk menghasilkan ruangan yang indah. Maka dari itu dalam menata ruangan baik itu ruang tamu atau ruang apapun kita harus membuatnya benar-benar serasi. Keserasian ini harus meliputi semua aspek yang ada di ruangan. Jika satu saja ada aspek yang melenceng dan keluar dari konsep maka secara keseluruhan konsep ruang tamu akan hancur dan tidak indah. Maka dari itu kita harus benar-benar mengingat hal ini.

Kita harus memastikan semuanya elok dan serasi mulai dari warna, perabotan, tata letak dan hal lain seperti dijelaskan di atas. Dengan begitu kita akan mendapatkan sebuah ruang tamu idaman yang indah yang bukan hanya nyaman untuk ditempati. Sebagai pelengkap dari semua kiat di atas maka mari kita lihat salah satu konsep penataan yang diterapkan dalam contoh ruang tamu di bawah ini. Semoga bisa menjadi ide dan referensi.

Belajar Menata Ruang Tamu Indah
Foto: contoh ruang tamu/desaindesainrumah

Dengan semakin banyak kita belajar menata ruang tamu indah maka kita akan semakin terbiasa dan ahli dalam melakukan penataan interior ruangan yang diinginkan. Setelah membaca artikel tentang rumah ini jangan lupa juga untuk membaca beberapa tulisan lain yang berhubungan. Beberapa tulisan yang juga kita butuhkan sudah disiapkan di bagian bawah. Jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi situs ini untuk rujukan dan referensi tentang rumah idaman kita. Itu saja, semoga bermanfaat!