Cara Menata Ruang Sempit

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tips Cara Menata Ruang Sempit menjadi Lebar - Memiliki rumah dengan ukuran kecil biasanya akan menyisakan masalah pada ukuran ruangan. Karena umumnya rumah akan dibuat standar dengan beberapa ruangan meski ukuran luas rumah kurang begitu mendukung. Kalau sudah begitu maka kita pasti akan dihadapkan pada masalah ruang sempit yang susah untuk ditata. Untuk masalah tersebut hari ini kita akan berbagi sedikit mengenai beberapa kiat dalam menata dan atau mendekorasi ruangan yang sempit dan kurang begitu luas.

Dalam hal dekorasi, menata ruang sempit adalah hal yang cukup sulit mengingat kita harus mempertimbangkan berbagai hal yang akan diletakkan atau ditempatkan pada ruangan tersebut. Tak jarang kebanyakan gagal dalam menata ruangan ini dan akhirnya membiarkan ruangan tersebut dalam kondisi yang begitu parah.

Pada prinsipnya untuk ruangan yang sempit tentu saja kita sudah tidak bisa melakukan apapun untuk memperluasnya kecuali membongkar ruang tersebut. Yang bisa kita lakukan tak lebih dari menata dan mendekorasi ruang ini secara lebih efektif agar ukuran ruangan yang kecil tidak terlihat sumpek, berantakan dan berjubel. Maka dari itu kita membutuhkan kiat dan tips untuk penataan ruangan kecil tersebut.

Kalau kita tahu aturan dan kuncinya sebenarnya menata ruangan seperti ini tidak akan begitu sulit. Hanya saja kita tentu akan membutuhkan dana yang lebih karena beberapa benda yang akan kita gunakan dalam ruangan pastinya akan berbeda. Bagi yang ingin tahu caranya, berikut Tips Cara Menata Ruang Sempit yang bisa kita lakukan!

1) Gunakan cermin dengan ukuran lebih besar
2) Pilih furniture multi fungsi
3) Hindari penempatan perabotan dengan ukuran besar
4) Maksimalkan penggunaan sudut ruangan

Sebenarnya tentu saja bukan hanya hal itu yang bisa kita lakukan untuk menata ruangan yang ada dalam rumah kita. Namun setidaknya beberapa hal di atas akan membantu kita dalam mengatur ruangan yang ukurannya terbatas tersebut.

Gunakan cermin dengan ukuran lebih besar
Penggunaan cermin ini dimaksudkan untuk memberikan kesan luas dan lebar pada ruangan kita yang sempit. Jika kita menggunakan cermin yang lebar maka pandangan kita tidak akan terhenti pada tembok saat menatap bidang yang ada. Contoh penggunaan cermin seperti ini bisa kita lihat pada toko-toko modern seperti minimarket.

Jika diterapkan di ruangan maka kita bisa pertimbangkan untuk menempatkan cermin besar di salah satu sisi ruangan. Tentu saja penempatan ini sebaiknya kita sesuaikan dengan konsep desain yang digunakan dalam ruangan serta rumah yang kita miliki. Pilihan lainnya kita bisa juga mengkombinasikan fungsi cermin hias yang biasanya di butuhkan.

Pilih furniture multi fungsi
Yang dimaksud multi fungsi disini adalah lebih pada furniture yang bentuknya ringkas dengan beberapa fungsi sekaligus. Maksudnya, untuk ruangan yang sempit kita bisa menggunakan furniture dengan fungsi ganda misalnya furniture lemari pakaian dan meja belajar jadi satu.

Contoh lainnya dalam ruang kamar kita bisa menggunakan meja belajar plus meja hias menjadi satu dengan desain dan bentuk yang disesuaikan. Pemakaian furniture seperti ini dimaksudkan untuk menghemat space atau ruang yang ada sehingga meski tanpa banyak benda pun kebutuhan ruangan tetap tercukupi.

Hindari penempatan perabotan dengan ukuran besar
Selain memaksimalkan fungsi perabotan yang ada kita juga sebaiknya memperhatikan pemilihan ukuran perabotan yang akan ditempatkan dalam ruangan tersebut. Untuk ruang kecil sebaiknya hindari penggunaan atau penempatan perabotan yang ukurannya besar. Ini sangat penting untuk menjaga ruangan tersebut tidak penuh dengan satu benda saja.

Bisa dilihat, untuk satu saja benda yang ukurannya besar, sebuah ruangan kecil sudah akan penuh sesak apalagi jika ditambah dengan benda lainnya. Maka dari itu hal yang paling mungkin adalah dengan mendesain sendiri berbagai perabotan atau furniture yang akan di gunakan dalam ruangan tersebut dengan ukuran yang sesuai.

Maksimalkan penggunaan sudut ruangan
Tips terakhir untuk menata ruangan sempit adalah dengan memaksimalkan penggunaan sudut ruang. Untuk ruang yang terbatas ukurannya maka jangan tinggalkan sudut ruang tanpa fungsi. Contohnya kita bisa memanfaatkan sudut ruang untuk meja belajar pada ruang kamar. Di ruang tengah yang sempit contohnya kita bisa memanfaatkan sudut ruangan untuk meja kerja dan lain sebagainya.

Cara Menata Ruang Sempit

Khusus untuk ruang kamar, kita bisa memanfaatkan penggunaan ruang contohnya dengan menggunakan lemari pakaian yang tinggi. Kita bisa memanfaatkan bahkan sampai langit-langit bagian atas, tentunya dengan penyesuaian yang diperlukan.

Pasti ada jalan, tidak perlu stress dan putus asa jika memang kita memiliki keterbatasan luas pada ruangan di rumah tercinta. Kita bisa mencoba menerapkan Cara Menata Ruang Sempit yang sudah dijelaskan di atas untuk menyiasati ukuran ruang yang ada tersebut. Dengan begitu, meski ruangannya kecil tapi masih tetap bagus, nyaman dan enak dipandang atau indah. Itu saja kali ini, jangan lupa baca juga beberapa tips dekorasi lainnya di bagian bawah.