Gambar Taman Samping Rumah, Modal Ciptakan Hunian Indah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Ketika anda ingin membuat taman samping rumah maka yang perlu anda siapkan pertama kali adalah desain taman atau model taman yang akan dibuat. Cara untuk memperolehnya bagaimana, yaitu dengan mencari referensi berbagai gambar taman untuk samping rumah yang indah dan sesuai dengan keadaan lahan yang ada.

Tidak perduli apakah anda ingin membuat taman minimalis, taman rumah minimalis modern atau jenis taman lainnya anda harus mempersiapkan gambarnya dengan baik. Karena model tadi akan sangat berpengaruh terhadap ukuran taman yang akan dibuat. Sebut saja misalnya, untuk taman dengan ukuran kecil maka sebaiknya anda mencari referensi yang sesuai ukuran tersebut. 

Demikian juga dengan ukuran rumah, misalnya anda ingin membuat taman minimalis depan rumah type 36 maka sudah pasti akan berbeda dengan jenis taman yang ditempatkan disamping. Mau besa, mau kecil, referensi mutlak anda butuhkan sebelum membuat taman. Maka dari itu, di awal anda bisa mulai menyiapkan model atau desain yang akan digunakan. 

Lalu, apakah setiap model atau desain taman dapat diaplikasikan pada rumah anda? Tentu tidak, bisa saja anda memaksa menerapkan model tertentu pada rumah tersebut namun pada akhirnya anda pasti akan mendapatkan ketidaksesuaian yang membuat hasilnya tidak maksimal. Makanya, tidak sembarang gambar dapat anda terapkan. 

Dalam mencari referensi gambar tersebut anda dapat mulai dari penilaian keseluruhan dari taman yang sudah jadi. Pilih beberapa model gambar yang menunjukkan taman yang benar-benar indah dan sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu analisa lebih jauh apakah model yang terlihat pada gambar tersebut dapat diterapkan atau tidak. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut untuk mengetahuinya. 

1) Perhatikan ukuran taman
Cari informasi lebih lanjut mengenai gambar tersebut. Dalam hal ini coba perhatikan bagaimana ukuran taman pada gambar. Jika mungkin usahakan untuk mengetahui ukuran taman atau luas yang dibutuhkan untuk membuat taman tersebut. Ukuran tersebut sebaiknya dapat lebih detail baik luasnya berapa, panjangnya berapa dan lebarnya berapa.

Informasi mengenai ukuran taman tersebut nantinya dapat anda bandingkan dengan lahan yang tersedia di rumah anda. Dengan begitu anda dapat mengetahui kecocokan taman tersebut dengan ruang yang tersedia, apakah ukurannya sesuai dengan lahan atau tidak.

Kenapa harus demikian, apakah membuat taman tidak dapat disesuaikan ukurannya, misalnya apakah kita tidak dapat membuat versi mini dari taman yang ada digambar tersebut? Bisa, jawabnya tentu bisa tetapi perbedaan ukuran taman model dengan lahan yang tersedia nantinya akan menghasilkan kesulitan tersendiri. 

Kalau memang akan dilakukan demikian maka anda harus memperhitungkan dengan cermat berbagai porsi elemen taman tersebut. Jika tidak maka setelah selesai taman tersebut dibangun biasanya tidak akan sesuai indahnya dengan yang ditiru atau yang dicontoh. Dalam hal ini ukuran merupakan aspek penting yang harus anda pertimbangkan lebih jauh. 

2) Pertimbangkan bentuk taman
Bentuk taman dalam gambar yang anda miliki hendaknya juga dipertimbangkan. Dari yang besar sampai yang kecil. Harus anda pastikan bahwa dari segi bentuk tidak akan ada masalah jika diterapkan pada taman yang akan dibangun. Ini cukup penting agar nantinya taman yang dibuat juga dapat disesuaikan dengan baik.

Jika tidak dapat dibuat persis seperti gambar yang dipilih maka sudah pasti keindahan yang didapat akan berbeda. Meski sangat sulit untuk membuat yang serupa namun anda dapat menangkap konsep-konsep bentuk yang membuat taman tersebut terlihat begitu indah. Keunikan bentuk, tata letak atau penempatan, porsi dan perbandingan dengan elemen lain juga akan menghasilkan rasa berbeda.

3) Perhatikan elemen taman
Selanjutnya coba perhatikan lebi dekat berbagai elemen taman yang ada pada gambar tersebut. Coba identifikasi bagian-bagian mana saja yang menonjol, bagian mana yang menimbulkan kesan indah, bagian mana yang memperkuat kejernihan, ketenangan dan seterusnya. Sebaiknya anda dapat menangkap detail elemen tersebut. 

Dengan memperhatikan detail elemen taman maka nantinya anda dapat menggambarkan sendiri sisi mana yang mengambil peran. Pada saat pembuatan anda juga dapat memperkirakan kemungkinan – kemungkinan perubahan yang dapat dilakukan tanpa menghilangkan atau mengurangi unsur keindaha yang terletak pada taman samping rumah tersebut. 

Berbagai hal di atas dapat dipertimbangkan lebih jauh jika anda ingin membuat sendiri taman tersebut. Jika anda tidak ingin repot dengan berbagai persiapan maka anda dapat menggunakan jasa orang lain untuk mewujudkan keinginan tersebut. Kadang, untuk memiliki taman yang indah anda tidak perlu bersusah payah, tinggal serahkan saja pada ahlinya dan semua beres.