Cara Menata Kamar Tidur Kecil Efisien

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Menata Kamar Tidur Kecil Yang Efisien - Jika anda sembarangan melakukan dekorasi kamar yang sempit maka siap-siaplah mendapat ruangan yang berantakan dan tidak nyaman. Untuk mendesain kamar yang kecil anda harus menggunakan teknis khusus dan beberapa tips desain. Ingin tahu bagaimana Cara Menata Kamar Tidur Kecil tersebut?

Sudah bisa dijamin, tanpa penataan atau desain yang baik sebuah kamar tidur sempit (kecil) akan menjadi bak sebuah gudang yang penuh dengan barang. Anda tidak ingin kamar tidur anda seperti itu bukan? Nah, anda perlu mempelajari cara dekorasi kamar yang sempit agar kamar yang anda miliki meski tidak luas namun tetap indah dan nyaman.

Untuk anda ketahui, kamar yang kecil jika tidak ditata dengan baik maka akan penuh dengan banyak kekacauan yang membuatnya terlihat lebih kecil. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan tata ruang yang efektif. Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih tata ruang tersebut?

Tips Menata Kamar Tidur Kecil (Sempit)

Jika anda sedang membutuhkan ide dan referensi bagaimana melakukan penataan yang baik untuk kamar tidur yang sempit anda bisa memilih dekorasi ruangan yang efektif dan efisien. Untuk penataan tersebut anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Gunakan warna yang tidak terlalu banyak
2. Sesuaikan ukuran furniture dengan kebutuhan
3. Pertimbangkan penggunaan furniture all in one
4. Hindari menempatkan pernak pernik yang terlalu banyak
5. Aplikasikan cermin dengan ukuran yang lebih besar
6. Hindari penggunaan sekat permanen

Anda mungkin tidak menyadari bahwa penggunaan lebih dari satu warna yang ramai bisa juga menimbulkan kesan sempit pada ruangan, tak heran jika banyak dekorasi rumah menggunakan paduan warna yang sangat sedikit atau hanya satu warna. Anda bisa memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, bentuk dan ukuran furniture yang anda gunakan akan sangat berpengaruh pada luas tidaknya ruang yang tersisa, untuk itu ruang penyimpanan kreatif dengan memasang sistem lemari bisa dijadikan alternatif. Contoh lain anda bisa menghindari penggunaan meja rias dan lemari standar dan lebih menggunakan modular dan built in furniture untuk lebih memaksimalkan luas ruangan yang ada.

Memperpanjang furniture penyimpanan ke langit-langit juga dapat menjadi solusi yang baik untuk kamar tidur kecil anda sehingga Anda tidak akan membuang-buang ruangan apapun. Lemari gantung juga baik untuk tempat menyimpan yang efisien.

Contoh Gambar Penataan Kamar Tidur Kecil Efisien

Setelah sedikit menguraikan beberapa teknik yang bisa anda lakukan dalam penataan ruangan sempit kali ini kita kasih contoh penerapan nya. Yang akan anda lihat berikut ini adalah contoh penataan kamar kecil yang efisien dan bagus untuk anda coba di rumah anda.

Pola penerapan teknik penataan sangat terlihat rapi dan tentunya efektif sehingga ruangan yang sempit pun bisa maksimal dan tidak terlihat berantakan. Dengan mengaplikasikan beberapa teknik penataan di atas anda bisa membuat kamar sempit terlihat lebar dan nyaman serta rapi seperti pada contoh berikut.

Cara Menata Kamar Tidur Kecil Yang Efisien
Contoh Penataan Kamar Tidur Sempit
(Sumber gambar: www.gambarrumahminimalis.net)


Coba perhatikan gambar penataan di atas, jelas sekali bahwa ruangan yang tidak terlalu luas pun bisa menjadi ruangan yang sangat nyaman. Dari penataan di atas, coba perhatikan detail-detail teknik yang diaplikasikan antara lain yaitu:

1. Pemilihan furniture
2. Penempatan furniture
3. Pemilihan warna

Coba perhatikan desain ranjang yang digunakan, kombinasi antara media penyimpanan berupa lemari sangat apik dalam satu pilihan model furniture. Penempatan pun terlihat maksimal dengan menggunakan bagian atas dinding ruang untuk kabinet, indah tertata dengan dukungan warna yang menarik dan tidak terlalu ramai.

Desain di atas hanya salah satu contoh yang bisa anda adopsi, anda yang hendak belajar menata ruangan-ruangan yang sempit anda bisa mendapatkan berbagai contoh lain baik di media cetak maupun online. Untuk menghasilkan pola penataan yang sesuai dengan keinginan sebaiknya anda jangan ragu dan takut melakukan uji coba. Pembahasan kali ini mengenai Cara Menata Kamar Tidur Kecil mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan sumber inspirasi bagi anda semua.