Cara Merawat Batu Alam di Taman Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Merawat Batu Alam di Taman Rumah - Memiliki ruangan yang sedikit luas di halaman rumah idaman dengan taman indah memang menjadi dambaan bagi banyak orang. Banyak yang dilakukan untuk mendapatkan hal itu salah satu diantaranya dengan menata sebuah taman rumah dengan berbagai ornamen hiasan yang terbuat dari batu alam. Nah berkaitan dengan hal ini kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar batu alam tetap awet tidak ditumbuhi lumut.

Patung, ornamen, dinding dan lantai batu alam di dalam rumah tidak terlalu bermasalah, tapi bila di halaman taman rumah dan di teras rumah bagaimana? Tentu saja, flek hitam karena lumut akan hadir dimana-mana, mari simak cara pencegahan dan dan juga perawatan-nya. Tentunya kita harus tahu cara merawat taman rumah tersebut.

Hal pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana cara mencegah tumbuhnya lumut pada batu alam yang kita gunakan baik di taman atau bagian luar rumah lainnya. Setelah itu akan diuraikan juga cara mengatasi masalah batu alam yang sudah terlanjur terkena tumbuhan lumut.

Batu alam memang cantik bila berpadu dengan dinding pagar maupun tembok rumah, tekstur dan warna alami yang tiada dua, tapi sayang batu yang indah baik yang lunak seperti batu palimanan dan yang keras seperti batu marmo, yang berharga standart maupun yang mahal, tidak ada pengecualian dari serangan lumut dan jamur. Kita harus tahu cara merawat batu alam yang ada di taman rumah kita tersebut.

Untuk mencegah tumbuhnya lumut pada batu alam yang kita gunakan kita bisa mengatur tata kelola air talang di rumah kita. Talang air hujan harus kita kontrol dan di arahkan langsung kesaluran pembuangan, air hujan yang turun dari genting pun bila terpercik kedinding dalam volume banyak dan terus menerus terutama saat musim hujan bisa menumbuhkan lumut karena lembab dan berpori-pori, begitu pula pada batu alam yang berada di luar bangunan rumah, biasanya akan berlumut.

Dengan mengelola jatuhan air dari talang hal ini tentu akan berdampak pada batu alam yang ada di halaman rumah dan juga tentunya keawetan cat tembok pada rumah kita. Sosuli ini bisa dilakukan terutama untuk rumah baru. 

Jika lumut ini sudah terlanjur cinta sama batunya yaitu menempel erat karena lupa merawat maka sulit sekali membersihkan-nya karena yaitu tadi batu alam memiliki pori-pori, bisa di bersihkan dengan sikat besi tapi akan merusak warna alami, dengan air keras pakai sikat plastik juga dapat membuat kusam warna tetapi tidak parah dianjurkan pakai kacamata renang agar mata tidak buta, coba pikir maksud saya, percikan air keras menjadi liar bila kita menggosok dengan sikat pada media tidak beraturan.

Pencegahan pada lumut adalah dengan melapisi batu alam pada dinding dan patung serta ornamen dengan cat pelapis yang biasa disebut dengan coating yang khusus untuk batu alam, coating ini tidak mempengaruhi warna alami batu, tapi malah akan memunculkan warna yang terang dan indah pada batu, sekedar pengetahuan bahwa coating ini berwarna bening.

Ada dua jenis cat coating yaitu mengkilap dan tidak, pelapis khusus ini juga menghindari batu dari kotoran karena mudah dibersihkan, dan pesan saya pakailah coating tidak terlalu tebal tetapi menutup semua pori-pori yang ada dengan rata.
Cara Merawat Batu Alam di Taman Rumah

Dapat disimpulkan bahwa tindakan pencegahan akan tumbuhnya lumut dapat dihindari dengan mengusahakan batu alam tidak terkena grojokan air terus menerus dari talang, dan pemakaian coating hendaknya dilakukan setelah pemasangan, sekedar informasi bahwa tembok semen juga bisa dihindarkan dari lumut dengan teknik tersebut. Itulah sedikit mengenai Cara Merawat Batu Alam di Taman Rumah, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.