Desain Rumah Kecil Sederhana

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Contoh Desain Rumah Kecil Sederhana - Kebutuhan akan hunian yang indah dan nyaman pasti akan terus di usahakan meski dengan kondisi apapun. Bagi kita yang memiliki keterbatasan baik dari sisi luas lahan maupun pendanaan tentu untuk mewujudkan rumah idaman tersebut kita bisa memilih desain rumah kecil yang sederhana namun tidak ketinggalan zaman dan tetap indah. Maka dari itu kita bisa mencari referensi berbagai gambar rumah kecil yang sesuai dengan keinginan kita.

Semua tergantung niat, jika kita memang ingin mewujudkan untuk memiliki rumah kecil sederhana maka pasti akan ada jalan yang bisa ditempuh. Tidak perlu pusing dan tidak perlu ragu, meski kita akan membangun hunian yang mungil sekalipun namun kita tetap bisa mendapatkan sesuatu yang hasilnya sangat maksimal bahkan meski menerapkan konsep sederhana sekalipun. 

Untuk alasan itu kita akan membahas dua hal penting, pertama kita akan membahas mengenai beberapa kiat dalam memilih desain atau model rumah untuk yang sesuai keinginan kita tersebut, kedua kita akan melihat dan mempelajari contoh gambar yang bisa kita jadikan sumber inspirasi. Namun sebelum itu mari kita lihat beberapa penjelasan lain yaitu:
  1. Gambar rumah sederhana minimalis
  2. Contoh rumah menarik keluarga kecil
  3. Cara dekorasi rumah kecil yang bagus
  4. Sketsa rumah mungil
  5. Desain rumah sederhana 2015
  6. Desain rumah minimalis sederhana
  7. Desain rumah klasik sederhana
  8. Desain rumah sederhana gratis
  9. Desain rumah kecil sederhana 2 lantai
  10. Desain rumah sederhana 3 kamar
  11. Desain rumah sederhana modern

Andai saja kita tidak menyerah dan pasrah maka sudah tentu kita bisa mendapatkan pilihan desain rumah yang memang benar-benar sesuai dengan keinginan baik dengan kriteria ukurannya yang kecil maupun konsepnya yang sederhana. 

Tips Membangun Rumah Kecil Sederhana

Meski hendak mendirikan rumah dengan ukuran yang terbatas namun kita tetap harus memikirkan dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Tanpa pertimbangan dan rencana yang baik maka kebanyakan kita akan menyesal karena banyaknya hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan semua. Hal ini jangan sampai terjadi pada kita, karena pasti akan membuat kita pusing baik dari sisi kegunaan maupun dari sisi penataan rumah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal ketika memilih desain yang akan digunakan maka sebaiknya kita mempertimbangkan beberapa aspek penting yang berkaitan dengan pemilihan desain tersebut. Beberapa tips untuk membangun rumah yang ukurannya kecil yaitu sebagai berikut:

1) Pelajari dan sesuaikan sketsa rumah
2) Perhatikan benar ukuran ruang
3) Hindari terlalu banyak ruangan
4) Gunakan desain terbaru
5) Pertimbangkan lahan kosong

Pertama sekali sebelum menentukan pilihan sebaiknya perhatikan dan pelajari terlebih dahulu bagaimana sketsa rumah yang akan di bangun. Dalam hal ini kita harus memastikan bahwa sketsa tersebut sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Kita bisa melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan agar konsep yang diusung tersebut benar-benar dapat menampung aspirasi kita.

Karena kita akan membangun rumah yang ukurannya tidak luas maka sebaiknya kita memperhatikan benar bagaimana ukuran dari masing-masing ruangan yang akan di buat. Kita harus bijak dan berpikir ke depan dalam menentukan luas ruangan yang ada, jangan terlalu sempit tetapi jangan terlalu lebar. Pokoknya jangan lupa untuk menyesuaikan dengan rencana jangka panjang.

Penggunaan terlalu banyak ruangan juga pada rumah seperti ini akan mengakibatkan ruangan memiliki ukuran yang kecil. Maka dari itu hendaknya hindari membuat banyak ruang dalam rumah seperti ini. Bisa di bayangkan, jika ruangannya sempit misalnya kamar maka akan sulit untuk melakukan dekorasi, contohnya bagaimana mau mendekorasi dengan leluasa jika untuk menempatkan ranjang saja ruang kamar sudah penuh. Hal seperti ini bisa disiasati dengan tidak membuat ruangan permanen pada bagian tertentu, misalnya kita menggunakan sekat untuk membedakan ruang keluarga dengan dapur dan sebagainya.

Meski menghendaki desain yang sederhana namun bukan berarti yang sederhana tersebut ketinggalan zaman bukan? Maka dari itu sebaiknya kita memilih desain rumah yang benar-benar masih sesuai dan cukup modern atau baru. Selain itu, meski memiliki keterbatasan dalam hal lahan sehingga membuat kita harus memilih desain kecil namun kita tetap harus mempertimbangkan lahan kosong.

Tidak adanya lahan kosong tentu akan membuat rumah terkesan sumpek, misalnya saja tidak bisa membuat taman rumah, tidak ada lokasi untuk parkir kendaraan dan sebagainya. Maka dari itu jika memang lahan tidak memadai lebih baik kita memilih konsep rumah tingkat yang bisa menampung berbagai kebutuhan hunian kita.

Contoh Desain Rumah Kecil Sederhana

Di atas kita sudah membahas sedikit mengenai beberapa hal yang sebaiknya kita pertimbangkan baik dalam memilih maupun dalam membangun rumah yang diinginkan. Sekarang lebih baik kita mencari referensi untuk menentukan pilihan desain rumah yang akan kita gunakan. Berikut ini ada contoh desain rumah kecil sederhana yang bisa kita pertimbangkan.

Walau bagaimanapun keadaannya kita pasti ingin mendapatkan yang terbaik sesuai keinginan maka dari itu lebih bijak jika kita banyak menimbang dan mempelajari berbagai desain rumah yang sesuai kriteria. Sekarang mari kita bandingkan dua contoh model rumah yang ada di bawah ini.


Contoh Desain Rumah Kecil Sederhana


Pada contoh pertama di bagian kanan terlihat sebuah desain rumah yang tidak terlalu luas yang bisa kita pilih. Desain yang digunakan masih termasuk desain terkini dan tidak begitu jadul meski sudah mulai ditinggalkan. Pada desain tersebut di mulai dari desain atap tidak begitu mewah dan sudah sangat umum di temui di berbagai konsep rumah yang digunakan masyarakat. Di bagian depan, konsep jendelanya pun sudah tidak asing sedangkan di bagian pintu utama di desain mirip pendopo seperti yang umum pada tipe ini.

Berbeda dengan contoh pertama, meski masih sederhana desain rumah di sisi kanan terlihat lebih mewah karena menggunakan konsep warna yang sedikit berbeda. Hal ini juga bisa dilihat dari adanya konsep garasi luar rumah di sesuaikan dengan tampak depan. Tentu saja model yang satu ini berbeda dengan yang pertama, bisa kita lihat dari tinggi bangunan rumah tersebut dan model atap yang digunakan. 

Setidaknya dari dua contoh tersebut kita bisa memilih dan memilah ide dan gagasan untuk Desain Rumah Kecil Sederhana yang akan kita terapkan di rumah kita. Mudah-mudahan bisa menjadi tambahan inspirasi bagi kita semua yang hendak membangun rumah idaman. Jangan lupa baca juga beberapa artikel lainnya seperti interior rumah sederhana, rumah modern, rumah sederhana, dan juga rumah terbaru 2015 yang ada di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga bermanfaat!