Cara Memilih Lokasi Rumah yang Strategis

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Memilih Lokasi Rumah Strategis – saat pertama kali membangun sebuah rumah sering kali masalah lokasi ini terabaikan karena terlalu sibuk memilih desain rumah maupun mempersiapkan berbagai kebutuhan perencanaan keuangan. Padahal lokasi rumah yang strategis juga akan mendukung apakah rumah tersebut menjadi rumah idaman atau tidak. Untuk yang sudah tidak ada masalah dengan keuangan mungkin rumah tinggal yang paling cocok adalah di lokasi yang jauh dari keramaian dan hiruk-pikuk kota namun bagaimana jika kondisi kita masih belum begitu mendukung?

Itulah salah satu sebab dimana kita harus menentukan pilihan lokasi yang cocok untuk rumah yang akan kita bangun. Yang jelas hendaknya kita memilih lokasi rumah yang strategis dan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan kita. Untuk dapat memenuhi kebutuhan rumah yang mendukung segala aspek kebutuhan maka kita perlu mempertimbangkan dengan baik lokasi rumah yang akan digunakan. Jangan sampai nantinya kita mengalami banyak kesulitan dan tidak begitu merasa nyaman dengan rumah yang kita bangun. 

Perlu kita ingat bahwa rumah adalah tempat istirahat dari berbagai kesibukan yang melelahkan. Oleh karena itu rumah harus memiliki unsur kenyamanan sekaligus tetap bisa memenuhi unsur kebutuhan yang kita miliki. Maka dari itu, dalam memilih lokasi rumah strategis sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut!

1) Pertimbangkan jauh dekatnya rumah dengan tempat kerja
2) Pertimbangkan jauh dekatnya rumah dengan sarana pendidikan
3) Pertimbangkan tingkat kenyamanan lingkungan
4) Pertimbangkan sarana akses masuk
5) Pertimbangkan sarana pendukung lain
6) Cara agar tanaman hias tumbuh subur
7) Menata kamar tidur sempit

Pertama yang harus diperhatikan adalah jarak tempuh antara lokasi rumah yang akan dipilih dan lokasi tempat bekerja atau tempat usaha. Pastikan jika kita membangun rumah tinggal di lokasi tersebut kita tidak akan mendapatkan masalah dari sisi ini. Jadi, dalam memilih lokasi untuk rumah yang ideal kita harus memastikan jaraknya sesuai dan aman untuk mendukung pekerjaan kita. 

Kedua, aspek sarana pendidikan juga perlu kita pertimbangkan apalagi untuk kita yang merupakan rumah tangga baru. Karena dalam waktu dekat kita harus menyiapkan pendidikan bagi anak-anak kita, jangan sampai lokasi yang terlalu jauh dari sekolah akan mempersulit diri kita dalam memberikan pendidikan yang diinginkan. Sebagai contoh lokasi untuk pendidikan anak-anak mulai dari paud, tk, sd, smp dan juga sma. Ingat, jika ada kendaraan maka kita akan antar jemput anak sekolah atau kita akan membiarkan anak kita berangkat sekolah dengan membawa kendaraan sendiri. Maka dari itu segi ini juga patut untuk dipertimbangkan.

Kenyamanan lingkungan merupakan hal ketiga yang patut dipertimbangkan. Untuk rumah tinggal maka akan lebih baik jika kita memilih lokasi yang tidak begitu dekat dengan keramaian agar bisa beristirahat dengan nyaman. Selain itu perhatikan juga sistem keamanan di lingkungan yang dipilih, hindari membangun rumah di lokasi yang tingkat gangguan atau kejahatannya tinggi.

Cara Memilih Lokasi Rumah yang Strategis

Lalu selanjutnya bagaimana dengan akses jalan, apakah cukup mendukung dan tidak menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Apakah lokasi yang dipilih dapat dilalui kendaraan dengan mudah seperti mobil, motor dan sebagainya. Ini perlu kita pertimbangkan juga jika ingin membangun sebuah rumah idaman yang menyenangkan.

Jangan lupakan juga sarana pendukung lain seperti tempat ibadah, sarana kesehatan dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika kita bisa mendirikan rumah di lokasi yang akses sarana kesehatannya tidak sulit di jangkau. 

Demikianlah sedikit Tips Memilih Lokasi Rumah Idaman Strategis yang bisa kita pertimbangkan. Mudah-mudahan dengan pemilihan dan pertimbangan yang matang kita dapat menemukan lokasi rumah strategis yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Itu saja, semoga bermanfaat.