Menggunakan CCTV untuk Rumah, Solusi Keamanan Terpercaya

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Sistem keamanan rumah tidak akan lengkap tanpa adanya kamera cctv. Cctv (Closed Circuit Television) adalah sistem kamera yang terintegrasi untuk meningkatkan keamanan. Kegunaan alat ini adalah untuk memantau situasi dan keadaan lingkungan dimana alat tersebut di pasang. Jadi jelas bahwa sistem keamanan cctv ini akan memberikan visualisasi terhadap objek dan lingkungan yang ada dijangkauannya.

Penggunaan cctv di rumah sangat penting mengingat sekarang ini modus kejahatan sudah semakin beragam. Dengan penggunaan alat ini maka petugas keamanan atau anda dapat memantau kondisi terkini di sekitar lokasi pemasangan. Hal ini yang akhirnya menjadikan cctv sebagai pelengkap untuk berbagai teknik keamanan yang sudah dipasang.

Pada bangunan – bangunan penting biasanya sistem keamanan ini diterapkan berdampingan dengan sistem kartu identitas sebagai akses pintu masuk. Namun cctv rumah biasanya dapat anda terapkan berdampingan dengan sistem keamanan anti maling lainnya mulai dari alarm, berbagai macam kunci dan lain sebagainya.

Dari segi biaya, harga cctv rumah tersebut bervariasi, ada yang murah, sedang dan ada juga yang mahal dengan kualitas terbaik. Bagi anda yang ingin menggunakan perangkat tersebut dapat mempertimbangkan harga cctv untuk rumah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Untuk hasil terbaik tentu anda harus menghabiskan dana yang lebih banyak.

Keuntungan menggunakan cctv

Sistem keamanan rumah menggunakan cctv memiliki beberapa keuntungan. Secara langsung, mungkin cctv tidak mampu mempersulit terjadinya tindakan pencurian. Namun dengan adanya cctv pelaku yang berniat tidak baik akan berfikir dua kali, khususnya jika ia mengetahui bahwa rumah dilengkapi cctv.

Artinya, setiap aktivitas yang dilakukan orang tak bertanggung jawab akan terekam dalam kamera tersebut. Jelas hal ini tidak diinginkan oleh pelaku kejahatan sehingga secara tidak langsung akan meminimalkan potensi tersebut. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam penggunaan cctt di rumah yaitu sebagai berikut.

1) Leluasa memantau kondisi rumah
Cctv dipasang memang bertujuan untuk memantai lingkungan dimana alat tersebut di pasang. Dan dengan pemasangan tersebut maka anda sebagai pemilik rumah akan lebih leluasa melihat keadaan rumah baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah dimana alat tersebut di pasang. Hal seperti ini tentunya dapat mencegah terjadinya pencurian di rumah anda.

Dengan adanya kamera cctv yang terpasang maka kapanpun anda dapat mengecek lingkungan tempat tinggal anda. Dengan begitu anda akan tahu jika sewaktu-waktu ada yang mencurigakan. Misalnya ada orang tidak dikenal yang berada di sekitar rumah dengan tujuan yang tidak jelas maka dapat anda lihat pada hasil cctv.

Kapanpun sepanjang alat tersebut berfungsi dan dalam keadaan aktiv maka anda bisa melihat dan memantai bagaimana keadaan atau kondisi lingkungan. Siang, malam, pagi atau pun sore hari anda dapat secara acak memantau lingkungan rumah anda. Yang lebih menarik, untuk memantai keadaan tersebut anda tinggal melihat pada layar yang terhubung dengan cctv.

2) Memiliki rekaman kondisi rumah
Cctv berfungsi untuk mengambil rekaman dari aktivitas lingkungan dimana alat tersebut di pasang. Ini berarti sewaktu-waktu anda bisa memutar rekaman tersebut jika dibutuhkan. Nah, hasil rekaman cctv tersebut dapat sangat berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di rumah anda.

Sebagai contoh, terjadi pencurian di dalam rumah, maka anda dapat melihat hasil rekaman cctv tersebut untuk melihat dan mengetahui siapa orang yang telah mencuri. Rekaman tersebut dapat anda gunakan secara pribadi untuk melacak pencuri atau bahkan dapat digunakan sebagai barang bukti untuk tindakan yang terjadi. Tentu ini sangat berguna bagi anda untuk menjaga keamanan rumah secara berkesinambungan.

Remakan hasil cctv tersebut dapat dipergunakan oleh anda atau pihak berwenang sebagai bahan penyelidikan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu rekaman cctv juga dapat digunakan sebagai alat bukti tindakan kejahatan. Jelas bukan bagaimana fungsi cctv tersebut bagi keamanan rumah anda?

3) Mengurangi resiko pencurian
Dengan adanya sistem keamanan menggunakan cctv maka tindak kejahatan atau kriminal yang akan terjadi di rumah anda dapat dikurangi. Hal ini karena selain dapat dimanfaatkan dalam pemantaian, cctv juga akan menimbulkan rasa takut dan kesulitan tersendiri bagi pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu adanya rekaman yang dihasilkan juga akan membuat orang yang tidak bertanggung jawab akan merasa terancam karena aksi mereka dapat terekam jelas oleh cctv. Karena jika nekad menerobos masuk maka resiko dikenali akan semakin besar. Itulah sebabnya penggunaan cctv pada akhirnya dapat mengurangi resiko kejahatan atau pencurian.

4) Membuat anda lebih tenang
Adanya sistem keamanan yang berlapis dan dilengkapi dengan cctv tentu saja akan membuat perasaan anda sebagai pemilik rumah lebih terkendali. Anda tidak akan merasa terlalu takut akan ada orang yang membobol rumah anda. Secara emosional tentu saja ini sangat bermanfaat bagi diri dan kehidupan anda.

Malam hari, ketika anda harus beristirahat maka anda bisa lebih tenang dan tidak was-was. Begitu juga ketika anda bepergian meninggalkan rumah, cctv dapat membantu anda terus memantau keadaan dan membuat anda sedikit lega.

Tips memilih cctv rumah

Dari berbagai penjelasan di atas jelas sekali bahwa cctv memiliki fungsi dan peran yang begitu penting. Oleh karena itu, jika anda berniat menggunakan atau memasang cctv rumah maka ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Karena fungsinya yang sangat penting maka jangan sampai anda asal dalam memilih cctv tersebut.

Sebenarnya bukan hanya alat ini saja, untuk alat lain yang digunakan untuk sistem keamanan pun anda juga harus mempertimbangkannya dengan baik. Nah, untuk memilih cctv yang akan dipasang paling tidak ada beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan. Berikut tips untuk hal-hal yang sebaiknya diperhatikan.

1) Pilih sesuai anggaran
Sama sekali tidak bermaksud menganggap anda memiliki keterbatasan modal, tetapi ketika anda ingin menerapkan sistem keamanan menggunakan media cctv maka sebaiknya dipertimbangkan masalah anggarannya. Tetapkan terlebih dahulu anggaran maksimal yang ingin dialokasikan. Setelah itu baru anda dapat menentukan merek atau jenis produk cctv yang pantas.

Penyediaan anggaran ini nantinya juga akan mempermudah anda dalam memilih cctv baik itu dari segi merek, kualitas maupun jumlahnya. Tentu anda tahu, untuk seluruh bagian rumah tentu tidak cukup hanya memasang satu cctv saja. Tentu anda butuh lebih dari satu untuk memantau seluruh areal rumah. Inilah sebabnya anggaran perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

2) Perhatikan kualitas rekaman
Kalau sudah jelas anggaran yang akan anda habiskan maka anda dapat mulai mempertimbangkan masalah kualitas. Untuk hasil yang terbaik maka harus dipilih cctv berkualitas, berapapun harganya. Jika sama sekali tidak ada masalah dengan anggaran maka baiknya anda pilih merk cctv yang bagus dan sudah teruji kemampuannya.

Jika memiliki keterbatasan anggaran maka sebaiknya anda juga tidak mengesampingkan masalah kualitas. Sebisa mungkin anda padukan antara kualitas dan jumlah yang dibutuhkan. Demi keamanan yang lebih baik, menghabiskan lebih banyak dana untuk cctv yang bagus rasanya tidak berlebihan juga.

Kualitas ini dapat dipertimbangkan dari sisi daya tahan produknya, hasil rekamannya, dukungan daya, aksesibilitas, kemudahan dan lain sebagainya. Ya, kuncinya tinggal anda sesuaikan saja keinginan dan kebutuhan yang anda miliki. Untuk rumah minimalis misalnya, tentu saja kebutuhan cctv akan berbeda dengan rumah mewah megah yang begitu luas.

3) Sesuaikan dengan luas rumah
Kalau berbicara mengenai luas lingkungan rumah maka akan berkaitan dengan jumlah cctv yang diperlukan. Nah, dalam hal ini sebaiknya anda perhitungkan benar antara luas dan jumlah kebutuhan cctv tersebut. Idealnya, cctv rumah dapat menjangkau seluruh bagian rumah atau seluruh bagian yang dianggap rawan. Berapa jumlahnya, tentu akan tergantung luas rumah masing-masing.

Maka yang perlu diperhatikan adalah mengetahui daya jangkau dari kamera cctv. Anda dapat melihat spesifikasinya, mengukur jangkauan areal yang dapat ditangkap oleh satu kamera dan menghitung jumlah yang dibutuhkan. Tidak perlu melakukan pemborosan dengan memasang cctv di areal yang sudah tertangkap cctv lain tetapi jangan lupa terlalu irit dengan membiarkan areal vital tertentu tidak terpantau kamera.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan dalam memilih cctv untuk rumah idaman anda. Mudah-mudahan keputusan untuk menggunakan cctv untuk rumah dapat benar-benar menjadi  solusi keamanan yang terpercaya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik meningkatkan keamanan terlebih dahulu dari pada didahului oleh orang tak bertanggung jawab.