Perlukah Pintu Anti Maling di Rumah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Yang namanya maling atau pencuri bisa masuk dari mana saja. Namun jika ditanya “perlukah pintu anti maling?” tentu saja jawabannya adalah “Perlu”. Ya, ini namanya antisipasi dan menjaga kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Sebelum hujan sedia payung, sebelum kemalingan lebih baik tingkatkan keamanan rumah, benar bukan?

Anda tentu tidak ingin orang asing dapat leluasa masuk ke rumah anda bukan? Maka dari itu jelas sekali bahwa pintu sebagai akses masuk harus diperhatikan keamanannya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan konsep pintu yang anti maling. Pintu tersebut dapat berupa pintu biasa yang dikondisikan agar sulit di bobol.

Memang, dikehidupan sehari-hari jarang terjadi ada pencuri yang masuk melalui pintu. Pintu biasanya hanya digunakan sebagai akses keluar dan akses masuknya berbeda. Namun demikian tetap saja pintu merupakan jalur masuk yang tetap harus anda perhatikan.

Selanjutnya, kalau diatas dikatakan bahwa anda perlu membuat pintu anti maling lalu pertanyaanya apa dan bagaimanakah pintu tersebut? Maksud dari kata pintu anti maling sendiri adalah sebuah pintu yang tidak mudah atau tidak dapat dimasuki pencuri. Jadi, jenis pintunya bisa apa saja yang penting memiliki standar keamanan yang tinggi.

Jenis peralatan anti maling

Bagi anda yang sudah memiliki ide dan ingin mempunyai pintu seperti itu baiknya anda cari tahu lebih jauh mengenai jenis-jenis pintunya bagaimana. Pada dasarnya pintu anti maling dapat dibuat seperti biasa. Namun pintu yang telah dibuat tersebut akan dilengkapi dengan alat atau sistem keamanan yang baik sehingga tidak dapat disusupi pencuri.

Jika anda sudah memiliki pintu jati ukir misalnya, anda tetap dapat menjadikan pintu tersebut anti maling. Atau anda sudah menggunakan pintu minimalis, anda juga dapat membuat pintu tersebut menjadi anti maling. Semua pintu bisa jika dikondisikan sesuai kebutuhan tersebut. Jadi ya tinggal ditambahkan dengan sistem keamanan yang mendukung.

Anda mempunyai pintu rumah yang bagus dan anda ingin membuat pintu tersebut tidak mudah dibobol pencuri. Caranya yaitu dengan menambahkan peralatan yang akan mempersulit orang asing masuk. Peralatan yang dapat digunakan untuk membuat pintu yang anti pencuri antara lain sebagai berikut!

1) Kunci dan gembok
Kunci dan gembok adalah peralatan standar yang sudah ada pada pintu. Kunci biasanya sudah terpasang di pintu sementara gembok digunakan untuk pengunci tambahan saat rumah ditinggal bepergian. Namun begitu jika anda ingin memiliki pintu yang bagus, kuat dan tidak mudah didobrak maka anda perlu memastikan bahwa dua alat tersebut bekerja dengan baik.

Bukan hanya bekerja dengan baik, kunci dan juga gembok juga harus dipilih yang benar-benar bagus, kuat dan tidak mudah dirusak. Hal ini untuk memberikan dasar keamanan pada pintu rumah anda. Jadi, jika anda ingin rumah anda tidak dimasuki orang asing lewat pintu tersebut maka mulailah dengan memperbaiki kunci dan gembok yang digunakan.

2) Alarm bunyi
Kalau sudah ada kunci dan juga gembok maka selanjutnya anda dapat menambahkan pengaman tambahan yaitu menggunakan alarm bunyi atau alrm anti maling. Alarm tersebut nantinya akan berfungsi sebagai peringatan dini jika ada akses yang tidak diinginkan dari pintu rumah anda. Dengan adanya alarm ini maka anda dapat mengetahui jika ada yang hendak menerobos pintu.

Untuk jenisnya, ada banyak alarm bunyi yang dapat anda gunakan. Anda tinggal mencari alarm-alarm khusus yang sudah disetting sedemikian rupa untuk kondisi pintu rumah. Atau jika mampu anda dapat membuat alarm anti maling sendiri untuk pintu rumah anda tersebut. Dengan adanya alarm seperti ini maka pencuri akan lebih susah lagi untuk membobol pintu rumah.

3) Sistem teralis
Alat anti maling lain yang dapat anda gunakan di pintu rumah adalah teralis. Dengan memasang teralis pada pintu maka anda akan lebih mempersulit orang asing untuk masuk. Pasalnya, selain harus melewati sistem keamanan standar pencuri juga harus melewati teralis pintu tersebut. Jadi, teralis ini bukan hanya berfungsi untuk keindahan saja, teralis dipasang juga untuk alasan keamanan.

Pilihannya banyak, anda dapat menambahkan teralis yang terbuka atau bahkan anda dapat menambahkan teralis yang lebih tertutup. Untuk menambahkan teralis ini anda tinggal sesuaikan saja dengan desain rumah anda. Sekali melempar batu dua tiga burung mati, selain memperindah rumah anda juga dapat memasang teralis pintu untuk keamanan.

4) Sistem cctv
Anti maling yang paling baru dan modern yang dapat anda gunakan adalah sistem cctv. Ya, jangan salah dulu, bukan berarti cctv tersebut dipasang dipintu tetapi dapat anda tambahkan di areal depan pintu tersebut. Artinya dengan adanya cctv ini jika nanti ada orang asing yang akan masuk maka sudah masuk dalam rekaman cctv tersebut.

Alat atau cctv tersebut merupakan yang dapat diintegrasikan di seluruh lingkungan rumah dan bukan hanya pada bagian dekat pintu. Sistem ini merupakan sistem yang cukup lumayan bagus. Selain dapat membuat orang kehilangan minat untuk berlaku jahat, cctv juga dapat memberikan rekaman bukti atas kegiatan pencurian.

Tips untuk pintu anti maling

Nah, di atas sudah dibahas beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk mewujudkan ide memiliki pintu rumah yang anti maling. Sekarang untuk menyempurnakan hal tersebut anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Berikut adalah beberapa tips dan kita untuk membuat pintu yang anti maling atau anti pencuri.

1) Gunakan bahan pintu berkualitas
Ya, mulai dari hal yang jarang diperhatikan. Kalau anda ingin rumah aman dari pencuri maka buatlah pintu dari bahan yang kuat, berkualitas. Maksudnya adalah agar pintu yang dipasang di rumah tidak mudah dibobol, didobrak atau dibuka paksa oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak juga harus mahal yang penting anda pilih bahan yang kuat. Anda bisa tetap menggunakan pintu dari kayu tetapi yang bagus dan kuat atau menggunakan bahan-bahan pintu modern. Bisa anda sesuaikan sendiri yang penting kekuatannya bagus sehingga tidak membuat anda selalu khawatir. Tapi bukan hanya bahannya saja ya, konstruksinya juga harus diperhatikan.

2) Gunakan kunci yang kuat
Ya, di atas sudah diingatkan masalah kunci ini. Anda sebaiknya memastikan kunci-kunci pintu rumah yang ada benar-benar kuat. Jika diperlukan anda bisa segera mengganti kunci terpasang dengan kunci baru yang lebih berkualias. Pilih yang bahannya kuat dan kuncinya tidak mudah dirusak.

3) Buat sistem keamanan yang baik
Sistem keamanan rumah sebaiknya benar-benar diperhatikan secara menyeluruh. Sebaiknya anda pastikan bahwa keamanan rumah anda dari sudut manapun baik. Jangan hanya pintu yang diperhatikan, jendela pun harus anda perhatikan juga. Dengan sistem keamanan yang baik maka semua resiko dapat dikurangi.

4) Tetap waspada
Terakhir, meski anda telah menerapkan pintu yang bagus dan aman serta sistem keamanan yang terintegrasi namun kewaspadaan anda sebagai pemilik tetap diperlukan. Pasalnya berbagai peralatan keamanan kan tidak dapat berjalan sendiri. Artinya ada yang harus anda pantai dalam sistem keamanan tersebut. Maka dari itu waspadalah.

Sebagai kesimpulan, pintu anti maling dapat anda terapkan untuk mengurangi resiko kejadian buruk di rumah. Untuk pintu itu sendiri anda dapat menciptakannya dengan menambah sistem keamanan pada masing-masing pintu rumah. Itu saja, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.