Aneka Pintu Rumah Minimalis

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Desain Pintu Rumah Minimalis – Untuk rumah yang sederhana, pintu yang dibuat seharusnya juga sesuai dengan konsep yang diusung. Tanpa keselarasan antara furniture dengan konsep rumah seutuhnya tentu saja pintu tidak akan dapat memenuhi fungsi estetsi yang diinginkan. Karena itulah sangat penting untuk menemukan pintu rumah yang cocok sesuai desain.

Ingin hasil rumah yang indah dari semua sisi maka anda perlu memperhatikan pemilihan desain pintu untuk rumah minimalis anda tersebut. Iya dong, tidak boleh asal pilih, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah desain pintunya cocok, bagus, kuat dan sebagainya. Baru setelah itu anda dapat menentukan pilihan.

Sekarang ini ada banyak sekali aneka desain pintu yang dapat anda gunakan, mau modern, mau minimalis semua banyak modelnya. Jadi tidak ada alasan menyesal dikemudian hari karena ternyata pintu yang dipasang tidak cocok. Karena jika sampai terjadi demikian maka anda akan rugi bukan?

Pilih-pilih dulu deh, mulai dari desain, model, bahan dan juga warnanya. Tujuannya kan ingin membuat rumah anda tampil indah, makanya harus pilih-pilih dong. Itu berarti sebelum membuat kusen pintu dan juga daun pintu tentu anda harus mencari referensi contoh desain pintu rumah minimalis anda tersebut.

Tips memilih pintu minimalis

Bukan bermaksud menggurui tetapi setidaknya ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih desain pintu. Pertimbangan ini bertujuan untuk mendapatkan model  yang pas dan sesuai keinginan dan juga kebutuhan anda. Tidak banyak, pertimbangan yang hendaknya diingat antara lain yaitu mengenai bahan, corak dan juga warna.

1) Pilih bahan yang bagus
Pintu yang cocok untuk rumah minimalis sekarang ini juga tidak hanya dari kayu saja. Sekarang bahkan banyak juga yang memanfaatkan bahan lain untuk membuat pintu yang sederhana, kokoh dan juga indah. Dalam memilih bahan pintu ini yang perlu diingat adalah tujuan atau pertimbangan anda.

Dalam arti, untuk rumah akan lebih baik jika menggunakan pintu dengan bahan yang kekuatannya cukup. Misalnya bahan kayu dari jenis kayu yang kuat. Bisa juga, jika diinginkan, anda memilih bahan selain kayu. Tetapi untuk bahan selain kayu juga sebaiknya anda pertimbangkan lebih lanjut. Sebagai contoh, bahan aluminum tentu tidak cocok untuk membuat pintu utama.

2) Pilih corak sesuai tema rumah
Untuk pintu ukir maka sebaiknya dipilih yang cocok dengan tema atau konsep rumah secara keseluruhan. Ini akan membuat rumah anda terlihat lebih indah dengan padu padan tema yang serasi dan sesuai. Pada rumah minimalis maka anda dapat memilih jenis-jenis ukiran yang lebih menonjolkan kesederhanaan.

3) Pilih warna yang serasi
Warna pintu pada rumah-rumah terbaru sekarang ini juga memiliki variasi warna yang cukup beragam. Karena itu anda juga dapat mempertimbangkan warna pintu yang akan digunakan. Tentu saja intinya adalah keserasian dengan warna lain yang sudah ada di bangunan rumah tinggal anda tersebut.

Pemilihan warna ini sangat penting karena akan menunjang juga dengan segi estetis. Selain corak dan ukuran, warna juga jelas akan melahirkan nuansa keindahan tersendiri jika diaplikasikan dengan baik. Karena itu jangan lupa juga untuk memikirkan masalah warna tersebut.

Contoh Pintu untuk Rumah Minimalis

Dimanakah tempat untuk mendapatkan banyak contoh untuk model pintu yang akan anda pilih? Jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali sumber yang dapat anda cari. Selain media cetak anda dapat mencari referensi untuk model – model pintu di internet. Khusus untuk rumah tipe minimalis anda pun demikian, anda bisa mendapatkan banyak contoh di internet.

Anda tinggal mencari saja contoh desain pintu yang diinginkan. Anda dapat mengumpulkan terlebih dahulu bebreapa contoh pintu minimalis yang ada. Kemudian setelah dirasa cukup banyak pilihan anda dapat mencetaknya dan mulai mempertimbangkan mana yang paling cocok. Jangan terlalu banyak mengambil contoh karena nanti pasti akan membuat anda bingung.

Pada langkah terakhir, setelah mendapatkan gambaran mana-mana saja yang bagus maka waktunya menentukan pilihan. Ketika menentukan pilihan model mana yang akan dipakai jangan lupa juga untuk melihat dan mencari informasi mengenai harga pintu kayu minimalis yang dipilih.

Pertimbangan harga perlu anda lakukan jika merasa ada kemungkinan anggaran anda tidak mencukupi. Jika tidak ada masalah dengan anggaran maka anda bisa dengan leluasa memilih mana pintu yang paling bagus. Sampai tahap ini anda tinggal memesan pintu yang diinginkan tersebut. Dalam pemesanan atau pembuatan usahakan juga untuk menggunakan jasa profesional agar hasilnya maksimal.