Cara Memilih Atap Rumah Terbaik

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Kalau berbicara tentang memilih termasuk atap rumah sekalipun sebenarnya akan sangat tergantung dengan kriteria masing-masing. Namun begitu karena anda ingin mendapatkan yang paling bagus maka sebaiknya ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus dilakukan.

Karena seperti anda tahu, atap bukan hanya berfungsi melindungi dari hujan dan terik. Lebih dari itu, atap juga memiliki nilai estetis yang harus dipertimbangkan agar rumah menjadi benar-benar indah.  Lebih jauh dari, atap rumah yang baik juga tentunya harus memenuhi pertimbangan dari segi keuangan.

Dalam arti yang paling bagus seharusnya harganya juga tidak menjadi penghalang. Dengan begitu atap tadi memang benar-benar layak menjadi pilihan bagi orang yang membutuhkan. Secara garis besar beberapa hal tersebut tentu saja akan menjadi hal yang dipertimbangkan banyak orang dalam memilih atap yang akan digunakan.

Lalu bagaimana sebaiknya kita dalam memilih bagian atas rumah tersebut? Yang awal tentu anda perlu memperhitungkan lebih dulu mengenai apa yang anda butuhkan dan juga yang anda inginkan. Kalau sudah jelas mengenai apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan maka tinggal mempertimbangkan yang berkaitan dengan barang yang akan anda pilih tersebut.

1) Memilih desain atap
Pertama mari dibahas mengenai desain terlebih dahulu. Desain adalah salah satu hal yang akan ikut menentukan indah tidaknya atap. Maka dari itu jika anda ingin mendapatkan yang paling bagus untuk rumah anda maka perlu diperhatikan masalah desain tersebut. Desain apa yang cocok harus dipertimbangkan dengan baik.

Pemilihan desain untuk atap rumah sebaiknya diperhitungkan dengan mempertimbangkan desain rumah. ini berarti desain akan disesuaikan juga dengan konsep atau desain rumah yang diusung. Ingat, rumah adalah bangunan yang berdiri secara utuh mulai dari pondasi paling bawah sampai atap paling atas. Maka dari itu keindahannya juga akan dilihat secara keseluruhan.

Jika anda menggunakan desain rumah minimalis misalnya, itu berarti desain atap yang pertama kali seharusnya anda pertimbangkan adalah yang minimalis. Kalau rumah-nya minimalis maka semuanya dari bawah sampai atas juga minimalis termasuk atapnya sekalipun.

Bisa dibayangkan terlebih dahulu. Seandainya anda membangun rumah dengan desain mewah bagaimana jika atapnya menggunakan atap klasik seperti rumah adat, lucu tidak? Itulah gambarannya, atap juga sebaiknya disesuikan dengan konsep rumah itu sendiri.

2) Memilih jenis atap
Setelah desain, yang perlu juga diperhatikan adalah jenis atap rumah. kalau jenis atau model atap rumah ini pemilihannya tergantung pada perioritas anda. Anda dapat memilih jenis atap yang seperti umumnya dipakai atau memilih jenis yang lebih modern dan baru. Semua tentunya tergantung pada selera dan keinginan masing-masing.

Untuk jenis tersebut anda juga bisa menyesuaikan dengan konsep rumah. Sebagai contoh apakah akan menggunakan model atap rumah minimalis atau menggunakan model atap rumah mewah., sesuaikan dengan rumahnya saja. Sedangkan jenisnya juga dapat disesuaikan dengan konsep rumah maupun keinginan anda. Beberapa jenis yang dapat anda pilih antara lain:

a) Jenis atap beton
b) Jenis atap baja lapis ringan
c) Jenis atap asbes
d) Jenis atap seng
e) Jenis atap keramik
f) Jenis atap tanah liat

Jenis atau macam-macam atap di atas digolongkan atau dilihat dari bahan yang digunakan. Sedangkan pemilihannya tinggal anda sesuaikan dengan keinginan dan keadaan bangunan. Untuk rumah tinggal biasanya yang paling umum adalah menggunakan atap genteng yang terbuat dari tanah liat atau jenis gentang metal.

3) Memilih rangka atap
Kalau rangka atap tidak berkaitan dengan desain tetapi lebih berkaitan dengan atap itu sendiri. Rangka tentu tidak akan tampak dari luar namun hanya akan berfungsi sebagai penopang atap. Rangka atap sebaiknya dipertimbangkan juga karena ini juga akan berpengaruh terhadap atap. Dalam arti kekuatan rangka tersebut sebaiknya tentu harus sesuai dengan jenis atap yang digunakan.

Memilih atap jangan lupa mempertimbangkan rangka atap. Rangka ini haruslah kokoh dan kuat untuk menyangga atap rumah dalam waktu yang lama bahkan sampai puluhan tahun kalau bisa. Maka dari itu perlu dipertimbangkan untuk memilih juga rangka atap yang mendukung. Jangan sampai tidak, misalnya kekuatan rangkanya tidak sebanding dengan bahan atap yang digunakan.

4) Memilih warna atap
Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah warna atap rumah. Agar rumah anda indah dan menarik maka warna yang dipilih sebaiknya serasi dengan warna lain yang sudah digunakan. Kalau warnanya apa tentu saja tinggal anda pertimbangkan sesuai dengan selera anda dan keluarga.

Terkadang memang tidak mudah untuk menemukan atap rumah yang terbaik dan yang sesuai keinginan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda memulainya dengan mengumpulkan berbagai referensi untuk aneka atap rumah yang menurut anda bagus. Berikut didalamnya anda dapat mulai mempertimbangkan model atau desain dan hal lain yang berkaitan.

Jika diperlukan, anda juga dapat mengaplikasikan atap yang berbeda pada bagian rumah anda. Misalnya untuk teras, anda pilih model atap teras rumah yang tipe A sedangkan model atap rumah bagian depan menggunakan tipe atau jenis lainnya. Intinya, dalam memilih atap untuk rumah anda adalah fungsi, keserasian, dan juga keindahan rumah.