Membuat Taman Halaman, Solusi Rumah Indah dan Sejuk

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Taman adalah sebuah elemen penting sebuah rumah. Taman di halaman bahkan bukan hanya berfungsi sebagai elemen estetis dari sebuah hunian. Taman juga merupakan bagian yang sebenarnya tak bisa dipisahkan dari sebuah tempat tinggal. Tanpa adanya taman jelas sekali ada sesuatu yang akan berbeda, asing atau bahkan gersang. 

Bagi anda yang baru berencana untuk membangun sebuah rumah tinggal disarankan juga untuk merencanakan pembuatan taman. Tidak perlu terlalu fokus tetapi paling tidak anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan keberadaan dan fungsi taman di halaman rumah anda. Sisihkan sedikit ruang terbuka, berikan sedikit anggaran agar nantinya ruang tersebut dapat mendukung penuh aspek kebutuhan rumah yang akan anda bangun.

Sekali lagi, tidak perlu terlalu mengistimewakan keberadaan taman rumah. Tetapi anda bisa menyesuaikan saja dengan konsep rumah yang ingin dibangun. Pada bagian manapun, keberadaan tumbuhan hidup akan memberikan sentuhan lebih pada pada sebuah ekosistem. Jangan sampai rumah anda menjadi seonggok bangunan yang tidak menarik dan tidak nyaman untuk ditinggali.

Agar tidak mengabaikan keberadaan taman ini mungkin ada baiknya anda melihat kembali fungsi taman tersebut. Atau bisa juga anda dalami lagi bagaimana sebenarnya manfaat yang bisa anda dapatkan dengan adanya halaman dengan taman yang indah. Yakin, jika anda tahu apa yang sebenarnya mampu diberikan oleh sebuah taman maka anda tidak akan mengabaikan pentingnya taman untuk anda.

1) Taman untuk keindahan
Jika berbicara mengenai taman maka yang terlintas pertama kali pasti masalah keindahan. Ya, memang begitu, taman berfungsi untuk memenuhi kebutuhan estis dari sebuah rumah atau lingkungan. Bagi anda, bagi keluarga atau bahkan bagi orang disekitar anda sudah pasti bahwa fungsi estetis ini sangatlah penting.

Semua orang pasti ingin memiliki rumah yang indah, bukan hanya rumah yang besar, penuh dengan furnitur mewah tetapi rumah yang indah dalam arti yang lebih luas. Untuk tujuan itulah taman ada, taman menjadi salah satu bagian yang akan mempekuat kesan indah di dalam lingkungan tempat tinggal. 

Unsur keindahan yang dapat diberikan oleh taman bukan hanya dari tanaman yang ada didalamnya. Keindahan juga bisa didapat dari ornamen, tata letak, benda dan lain sebagainya. Taman dapat memberikan keindahan ketika dilihat dan itu akan melekat menjadi satu kesatuan dengan rumah yang anda miliki. 

Tidak perduli dimana taman itu dibuat, tidak perduli luas tidaknya taman, taman halaman rumah tetap akan menghadirkan nuansa yang berbeda di seluruh lingkungan tempat tinggal anda. Ingin rumah lebih indah, maka miliki taman segera. Tidak perlu ragu, anda dapat memulainya dari yang kecil, sederhana dan tidak menghabiskan banyak anggaran, benar tidak?

2) Taman untuk kesejukan
Selain sedap dipandang, taman juga akan sedap dirasa, dalam arti taman akan memberikan nuansa kesejukan tersendiri bagi yang ada disana. Kesejukan bukan hanya datang dari udara yang segar disekitar taman, kesejukan juga dapat dirasakan dari pemandangan yang ada misalnya warna-warni batu yang berserakan, dedaunan yang mulai menguning, bunga yang berguguran dan sebagainya.

Dengan adanya taman maka rumah anda bisa menjadi lebih sejuk dari sebelumnya. Hal ini karena di taman akan tersedia beberapa jenis tanaman. Ada juga beberapa bunga yang tumbuh dilokasi tersebut. Suara gemercik air dari kolam kecil, warna-warni ikan yang berkejaran dan hamparan rumput yang hijau rapi, semua itu akan menimbulkan suasana sejuk yang mahal harganya.

Dengan adanya taman seperti itu maka anda bukan hanya dapat membuat rumah lebih indah tetapi dapat membuat rumah lebih sejuk juga. Rumah yang indah akan membuat kita betah dan rumah yang sejuk akan membuat kita nyaman, siapa yang tidak mau hal seperti itu? Maka wajar jika dikatakan bahwa taman adalah hal yang cukup penting dan tidak boleh dilupakan.

3) Taman untuk sarana berkumpul
Baik untuk taman halaman depan atau samping, taman akan menjadi lokasi strategis untuk menghabiskan waktu santai. Besar kecil taman tidak akan terlalu berpengaruh, luas bidang pandang akan tetap menjadi hal yang menyatu dengan unsur dan elemen lain di sebuah taman. 

Meski anda memilih untuk membuat taman halaman sempit sekalipun taman tetap bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan keluarga tercinta. Ini karena taman merupakan tempat yang cukup indah, tempat yang cukup sejuk dan dekat dengan areal rumah. Kalau hanya untuk menghabiskan sore bersama anak-anak anda bisa menggunakan taman tersebut. 

Taman bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan keistimewaan rumah. Taman juga diperankan sebagai sarana tambahan untuk mempererat hubungan anda dengan anggota keluarga, dengan orang tua, anak dan lainnya. Tidak perduli apakah taman itu untuk rumah minimalis, taman modern atau oriental sekalipun, taman akan menjadi sebuah lokasi yang istimewa. 

Jadi, dari pada halaman anda dibiarkan kosong tak ditata maka lebih baik anda buat taman di halaman tersebut. Ini dapat menjadi solusi keindahan rumah dan juga sarana bermain bagi keluarga tercinta. Tidak perlu harus mahal, sederhana namun tertata juga dapat berfungsi sebagai taman yang indah.