Model Rumah Minimalis Modern, Pilihan Keluarga Kecil

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Bagi keluarga kecil yang baru membangun bahtera keluarga, rumah minimalis yang modern dapat menjadi solusi hunian yang cocok. Rumah seperti ini lebih mengedepankan fungsi dan tidak menghamburkan ruang yang kurang berguna. Rumah modern tersebut tentu akan menjadi dambaan mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak begitu besar namun hasilnya pun tidak kalah megah.

Jenis atau model rumah seperti ini benar-benar cukup layak untuk dipertimbangkan oleh keluarga kecil. Karena, rumah ini meski tidak megah namun telah mampu mencukupi berbagai kebutuhan hunian anda. Seperti kita tahu, rumah bukan hanya untuk berteduh saja melainkan ada unsur kebanggaan, harga diri dan sebagainya. 

Bisa dibayangkan, pemilihan rumah seperti ini cukup efektif dan tidak akan menhamburkan anggaran anda. Anda bisa mendapatkan hunian yang cukup luas, indah, nyaman namun dengan anggaran yang tidak membuat pusing. Luas lahan yang digunakan juga umumnya tidak terlalu luas sehingga tidak perlu khawatir masalah tanah. 

Setidaknya, rumah yang minimalis tetapi modern tersebut bisa menjadi pilihan karena memiliki fungsi dan kegunaan yang mencukupi. Pastinya, kebutuhan akan hunian standar yang sesuai dengan keadaan keluarga dapat segera anda wujudkan. Mau tahu alasan apa saja yang membuat sebaiknya anda memilih model rumah tersebut, berikut kita bahas lebih lengkap mengenai apa yang bisa anda dapatkan.

Keindahan dan kemegahan
Anda ingin memiliki rumah yang indah, atau anda ingin memiliki rumah yang mewah? Semua itu tetap bisa anda wujudkan meski anda membangun rumah dengan konsep ini. Kebutuhan anda tersebut dapat terpenuh dari kata “modern” itu sendiri. Pasti anda tahu bahwa kata “modern” tentunya akan merujuk ke model rumah yang paling baru dan cukup terkenal.

Konsep modern yang diusung dalam rumah tersebut tentu saja akan mengedepankan keindahan dan juga kemewahan dari sebuah hunian. Jadi, anda tidak perlu takut kehilangan unsur estetis dan prestis dengan desain tersebut. 

Dari segi keindahan, anda dapat menggunakan model-model yang banyak disukai oleh masyarakat. Atau bahkan anda bisa dengan mudah mengaplikasikan keinginan atau ide anda untuk desain yang akan digunakan. Dari keindahan penataan, bahan, gaya dan seterusnya, anda tidak perlu resah karena ada banyak pilihan untuk tipe minimalis modern tersebut.

Dari sisi kemegahan, rumah – rumah dengan tipe ini juga mengusung tema yang mengadopsi unsur kemegahan. Sebagai contoh penggunaan dinding yang cenderung lebih tinggi, penggunaan ornamen yang unik dan langka dan seterusnya. Ada banyak detail yang membuat model rumah seperti ini terlihat megah mulai dari depan hingga belakang. 

Secara umum, tidak ada masalah dengan keindahan serta kemegahan rumah model ini. Sepanjang anda dapat menemukan contoh yang benar-benar ideal bagi keluarga anda maka selanjutnya anda tinggal memperhitungkannya lebih lanjut. Tapi jangan lupa untuk memperbanyak referensi gambar rumah modern dari berbagai sumber.

Kenyamanan dan fungsi
Tidak perlu khawatir dengan kenyamanan rumah karena meski menggunakan konsep minimalis namun semuanya sudah dihidung. Luas rumah secara keseluruhan dan jumlah ruang di dalamnya telah dipertimbangkan. Anda seharusnya tidak akan merasa terganggu dengan ukuran ruang yang sempit atau ruang yang pengap. 

Dalam rumah seperti ini biasanya luas sangat diperhitungkan dengan baik. Bahkan untuk luas ini sendiri terkadang sampai mengesampingkan tembok atau sekat pembatas untuk menghadirkan kesan lega meski sebenarnya ukuran ruangan tidak terlalu besar. Tapi tetap perlu diingat bahwa bagaimana pun tentu ada sisi keterbatasan dengan rumah yang ukurannya lebih kecil.

Untuk fungsinya sendiri dapat ditata dengan baik. Kebutuhan ruang cukup untuk keluarga kecil. Tidak ada yang dibuang atau ditiadakan, di rumah minimalis yang modern juga tetap ada dapur, ada ruang tamu dan sebagainya. Semua fungsi ada, bedanya adalah fungsi dari setiap bagian rumah lebih dimaksimalkan. 

Sebagai contoh, jangan heran jika suatu saat anda melihat desain rumah yang menjadikan ruang kosong di bawah tangga sebagai ruang kerja. Atau mungkin dapur yang menyatu dengan ruang tengah dan ruang makan, itu semua dimaksudkan untuk menyiasati kekurangan luas namun tidak mengabaikan estetika. 

Agar memiliki gambaran lebih jelas anda tentunya harus mencari banyak referensi sebelum memutuskan. Sebaiknya anda mencari bentuk-bentuk atau model rumah yang benar-benar sesuai. Jangan lupa juga untuk melihat bagaimana denah yang diterapkan. Jangan lupa juga untuk mempelajari penataan ruang, unsur rumah seperti taman, ruang hijau dan lain sebagainya. 

Sebagai kesimpulan, dengan semua yang dimiliki oleh desain rumah ini maka wajar jika rumah minimalis yang modern bisa menjadi pilihan keluarga anda. Meski akan lebih kecil mungkin, rumah ini tetap bisa memenuhi berbagai fungsi rumah dan juga tetap dapat dijadikan kebanggaan. 

Rumah dengan tipe seperti ini juga tidak membutuhkan lahan yang begitu luas. Selain itu dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini juga lebih kecil jika dibanding dengan rumah mewah. Maka dari itu tak salah jika anda juga mempertimbangkan model rumah tersebut. Itu saja, semoga dapat menjadi inspirasi bersama.