Agar Tidak Dicopet, Lakukan Tips Ini

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Tahu bagaimana cara agar tidak dicopet? Musibah bisa datang kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja namun sebagai manusia kita wajib berusaha mencegahnya. Wajib bagi kita untuk berusaha dan melakukan cara-cara yang jitu untuk memperkecil kemungkinan terjadinya pencopetan. 

Masalah copet ini sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dan masalah ini juga tergolong lumayan sulit untuk dihindari secara mutlak. Namun begitu bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah terjadinya pencopetan kepada anda. Langkah – langkah yang dilakukan tentu saja sifatnya hanyalah pencegahan yang tujuannya mempersempit ruang gerak dan kesempatan pencopet untuk melakukan aksinya.

Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan, bagaimana jika ingin terhindar dari copet saat anda berada di areal publik? Tentu saja ada cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari kejahatan tersebut. Ada hal yang bersifat dari dalam dan ada juga beberapa hal yang berupa upaya peningkatan keamanan. Berikut beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan agar terhindar dari copet!

1) Waspada adalah utama
2) Jangan undang copet
3) Buat saku yang aman
4) Pilih areal publik yang mendukung

Empat langkah di atas tentu saja tidak dapat menjamin dengan pasti anda akan terhindar dari kasus pencopetan. Namun demikian langkah di atas bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan yang akan mempersempit peluang copet menggasak barang kita. Lebih jelas mengenai hal tersebut kita ulas saja satu persatu.

1) Waspada adalah utama
Tempatkan kewaspadaan dan kehati-hatian pada posisi pertama. Kewaspadaan adalah hal dasar yang dapat mendeteksi secara dini hal-hal yang bisa mengancam keamanan anda. Dimanapun dan dalam keadaan apapun tetaplah selalu waspada dengan yang ada di sekeliling anda. Apalagi ketika anda berada di ruang publik dimana anda akan berhubungan dengan banyak orang asing yang tidak dikenal.

Menurut kami, waspada dan hati-hati adalah cara yang paling ampuh untuk mencegah copet. Sebagai contoh dengan waspada anda bisa mengenali dan mengetahui gerak-gerik orang yang mencurigakan. Setelah itu anda dapat mengambil langkah pencegahan baik itu dengan menghindari orang yang mencurigakan tersebut atau lebih meningkatkan lagi kehati-hatian kita. 

Banyak orang yang sebenarnya telah melakukan antisipasi copet namun akhirnya kecopetan karena meraka tidak bisa berhati-hati dan waspada khususnya di tempat umum yang ramai. Buka mata dan buka telinga, sembari melakukan aktivitas seperti biasanya anda harus tetap waspada akan semua kemungkinan. 

Jika menemukan orang yang mencurigakan anda bisa mengamati tingkah lakunya dengan tidak langsung agar anda bisa mencegah terjadinya kriminal. Biasakanlah agar anda selalu waspada dan hati-hati dalam setiap kesempatan.

2) Jangan undang copet
Pencopet mungkin memiliki target dengan ciri-ciri tertentu yang kita tidak tahu. Yang jelas mereka tentu harus menentukan terlebih dahulu target yang akan dicopet. Maka dari itu akan lebih baik jika kita tidak mencolok dalam membawa dompet atau barang bawaan lain yang bisa dicopet.

Akan lebih bijak jika anda jangan menundang perhatian copet. Lebih baik hindari menggunakan atau membawa dompet yang terlalu tebal, menempatkan dompet yang menyembul di saku celana dan lain sebagainya. Jangan biarkan orang tidak bertanggung jawab menjadikan anda adalah sasaran empuk yang akan menjadi mangsa kejahatannya. 

3) Buat saku yang aman
Sudah menjadi rahasia umum bahwa dompet di saku celana adalah yang paling sering menjadi sasaran pencopet. Maka dari itu untuk menghindari copet anda dapat membuat saku yang lebih aman dari saku yang biasanya. Untuk saku, menurut pengamatan kami, yang paling aman adalah saku seperti pada celana dasar pria, ada penutupnya dan ada kancingnya. 

Atau, jika tidak bertentangan dengan etika berpakaian anda maka anda bisa juga memodifikasi saku dengan model yang lebih memadai, misalnya dengan menambahkan resleting atau kancing, menambahkan rantai dan lain sebagainya. Jika diperlukan anda juga dapat membuat saku khusus di bagian pakaian yang sulit dijangkau. 

4) Pilih areal publik yang mendukung
Yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah anda sebaiknya mengakses tempat umum dengan melihat bagaimana keadannya. Lebih baik memilih area publik yang terkenal aman dan jarang terjadi kasus kriminal. Jika terpaksa sebaiknya anda bisa menghindari tempat-tempat yang terlalu penuh sesak atau sebaliknya tempat yang terlalu sepi. 

Dengan dasar hati-hati dan waspada, memilih akses ke tempat aman akan lebih membatasi kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan hal terburuk misalnya dengan tidak menempatkan barang berharga di dompet atau tas atau tempat lain yang dapat diakses copet. 

Sebagai kesimulan dari berbagai hal di atas, anda dalam menghindari copet sebaiknya memang harus terus waspada dan berhati-hati. Jangan terlalu meremehkan sesuatu yang kecil, jangan lupa persiapkan kemungkinan terburuk jika terjadi pencopetan dan tentunya jangan berhenti berusaha untuk terhindari dari tindak kejahatan copet. 

Mudah-mudahan beberapa tips agar terhindar dari copet yang sudah kita bahas di atas dapat menjadi inspirasi dan bahan belajar bagi kita semua. Ingat, tetap berhati-hati, tetap waspada dan hindari memancing keadaan yang buruk. Semoga kita semua terhindari dari kejahatan seperti itu. Itu saja, salam hangat dari kami.