Agar Motor Tidak Dicuri, Coba Tips Ini

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Motor merupakan kendaraan yang paling banyak dijadikan sasaran pencurian, makanya anda harus punya tips khusus agar motor tidak dicuri. Jangan sampai setelah terjadi baru anda menyesal karena mengabaikan keamanan kendaraan pribadi anda tersebut. Mulai dari sekarang dan pastikan pencuri atau maling mengurungkan niat jahatnya.

Anda pasti tahu bahwa sekarang ini banyak pencuri yang pandai dan nekat dalam melancarkan aksinya. Untuk motor yang sudah diberi pengaman tambahan pun kadang masih dapat mereka curi apalagi motor polos seperti milik anda? Maka dari itu kami akan berbagi sedikit kiat dan tahapan bagaimana mengurangi resiko kerugian karena pencurian kendaraan. 

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk meningkatkan keamanan motor namun memang, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka anda harus lebih telaten dan sabar dalam menjaga kendaraan kesayangan. Dalam menjaga motor pribadi ini banyak orang yang salah kaprah dengan hanya mengunggulkan teknologi modern tanpa menggunakan alat keamanan standar. 

Untuk diketahui, alat keamanan standar yang ada di kendaraan motor juga mempunyai fungsi yang penting dan tak kalah dengan peralatan canggih. Maka dari itu dalam menjaga agar motor terhindar dari pencuri sebaiknya kita dapat menggunakan dan memadukan kesua sistem keamanan tersebut. Lalu bagaimana cara dan tahapan agar motor kita aman? Ada beberapa kiat dan tahap yang bisa anda lakukan untuk menjaga motor yaitu sebagai berikut.

1) Menggunakan keamanan standar
2) Menggunakan pengaman tambahan
3) Menambahkan stiker atau pengenal unik
4) Menggunakan asuransikan motor

Kami mengelompokkan tahapan yang dapat anda lakukan dalam empat bagian. Pertama dengan memaksimalkan fungsi pengamanan yang sudah ada, memberikan sistem keamanan tambahan, memberikan ciri fisik serta menggunakan asuransi. Jadi, beberapa kiat atau tips yang perlu anda lakukan adalah seperti di bawah ini.

1) Pastikan sistem keamanan standar berfugsi dengan baik
Pertama sekali tugas anda sebagai pemilik, jika ingin motor aman, adalah memanfaatkan fasilitas keamanan standar yang sudah ada. Sistem keamanan standar pada motor anda memang tidak akan menjamin anda terbebas dari tindak kriminal pencurian motor, tetapi dengan memanfaatkan dan memfungsikan keamanan tersebut dengan baik maka anda telah menambahkan kesulitan kepada pencuri.

Jika diterapkan sendiri, keamanan standar ini tentu saja tidak akan bisa maksimal mengingat keamanan ini tidak terlalu sulit untuk dilewati. Sebagai contoh keamanan standar yang ada di motor adalah kunci stang dan atau juga kunci tarter tersembunyi. Sekali lagi, memang tidak menjamin namun akan mempersulit kerja orang yang berniat jahat.

Agar motor memiliki resiko hilang lebih sedikit maka anda sebagai pemilik harus membiasakan diri dengan menggunakan keamanan standar tersebut dengan baik dan benar. Lakukan dengan disiplin, setiap kali akan meninggalkan motor pastikan meninggalkan motor dengan mengunci stang dan keamanan bawaan lainnya – jika ada.

2) Gunakan sistem pengaman tambahan
Pada tahap awal anda diharapkan bisa menggunakan fungsi standar di motor dan selanjutnya anda sebaiknya juga menggunakan pengaman tambahan untuk melengkapi sistem keamanan standar tersebut. Jadi, selain yang sudah ada di motor sebaiknya ditambahkan lagi pengaman yang lebih bagus. Untuk di motor apa saja pengaman tambahan yang bisa anda gunakan, ada beberapa jenis antara lain seperti di bawah ini.

a. Side stand switch dari honda
b. Gembok pengunci
c. Alarm motor
d. Kunci anti maling
e. Alat pelacak motor

Selain menggunakan kunci standar, anda juga bisa memanfaatkan pengaman tambahan berupa side stand switch dari Honda yang bisa digunakan untuk menggabungkannya dengan standar tengah pada motor. Selain itu jangan sepelekan juga dengan gembok pengunci. Gembok pengunci bisa anda tambahkan untuk lebih memastikan motor di tinggal dalam keadaan yang aman. Gembok ini bisa ditempatkan atau dipasang pada bagian cakram motor atau rantai motor. 

Pilihan lain yang bisa dilakukan juga adalah dengan menambahkan alarm motor. Alarm ini seperti juga jenis alarm lain berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pemilik jika ada akses mencurigakan terhadap motor yang dimiliki. Saat ini sudah banyak produk kreatif alarm anti maling yang bisa coba diterapkan. 

Selain itu, bisa juga dikombinasikan dengan pengaman kunci anti maling agar motor tidak dicuri orang. Atau, bisa juga dengan melengkapi motor dengan sistem alat pelacak yang menggunakan teknologi terbaru. Dengan menambahkan berbagai pengaman tersebut maka tingkat resiko kehilangan motor akan dapat ditekan sekecil mungkin. 

3) Tambahkan stiker pengenal unik
Stiker pengenal atau stiker unik juga dapat berfungsi dalam dua hal yaitu pertama memberikan peringatan kepada orang jahat dan yang kedua sebagai fungsi pelacakan jika terlanjur terjadi pencurian. 

Stiker untuk fungsi peringatan bisa ditempatkan dibagian yang mudah dilihat sedangkan stiker untuk fungsi pelacakan bisa ditempatkan di bagian yang sulit untuk dihilangkan. Untuk jenis stiker ini memang harus anda sesuaikan dan anda pertimbangkan lagi dengan bijak mengingat stiker juga akan mempengaruhi tampilan bodi motor yang anda miliki. 

4) Asuransikan motor
Untuk memastikan anda tidak mengalami kerugian besar jika terjadi hal buruk maka tidak ada salahnya menggunakan asuransi untuk motor kesayangan anda. Dengan demikian maka jika hal buruk terjadi anda tidak akan menanggung kerugian yang begitu besar. Cara ini bisa menjadi solusi dan alternatif untuk menekan angka kerugian atas kehilangan meski tidak efektif untuk mencegah pencurian.

Sebagai penutup, sistem keamanan motor sebenarnya sudah banyak. Namun banyak yang hanya menerapkan sistem keamanan dengan sesuai selera tanpa memperhitungkan kekuatan dan kemampuan alat keamanan yang digunakan. Yang paling baik dan yang paling aman tentunya anda bisa memadukan dan membuat satu paket sistem keamanan motor yang paling sesuai dan terbukti untuk diterapkan pada motor.

Tentu saja, alarm motor meski modern tidak akan menjamin pencegahan pencuri tanpa ada dukungan dari sistem lain. Makanya akan lebih baik jika ada keamanan berlapis yang diterapkan untuk mencegah pencuri. Kami rasa sampai disini saja, semoga bisa menjadi inspirasi, salam hangat dari kami!