Mobil Aman Dari Maling, Perhatikan Hal Berikut!

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Mobil memang tidak bisa diangkat, digendong atau dibopong, namun mobil bisa melajut dengan kecepatan tinggi maka dari itu harus ada usaha khusus agar mobil aman dari maling atau pencuri. Kehilangan atau kecurian memang hal yang sangat menyebalkan dan menyakitkan bahkan meski anda memiliki banyak yang lain. Begitu juga dengan kendaraan mobil, jangan sampai terjadi pencurian terjadi.

Mobil merupakan kelas kebutuhan mewah dan karena itu pelaku pencurian biasanya juga lebih profesional. Maka sebagai pemilik mobil anda tidak boleh kalah dari mereka. Jika ada yang mengatakan maling pintar maka anda harus lebih pintar menjaga kendaraan anda sendiri, benar bukan? 

Maka dari itu, tidak salah jika sesekali kita menyempatkan diri untuk belajar dan mengetahui berbagai tips dan kiat dalam menjaga mobil agar terhindari dari maling atau pencuri. Seperti saat ini, kami akan mengajak anda mempelajari beberapa kiat dalam menjaga mobil dengan lebih aman. 

Sebenarnya, jika berhati-hati dan menggunakan semua fasilitas keamanan mobil dengan baik maka resiko kehilangan akan lebih sedikit. Namun sering kali orang lebih banyak ceroboh dan mengesampingkan hal-hal kecil yang jusru sebenarnya memiliki resiko besar. Untuk itu kami merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga mobil, yaitu sebagai berikut!

1) Lengkapi fasilitas keamanan mobil
Dalam kondisi baru, sebuah mobil sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan. Namun begitu terkadang selang waktu berlalu kelengkapan tersebut ada yang tidak berfungsi. Maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan melengkapi berbagai fasilitas keamanan mobil anda. 

Disini maka anda harus memperhatikan berbagai kunci pengaman yang bisa diaplikasikan pada mobil anda. Apa saja, banyak, mulai dari kunci setir, kunci pedal, kunci roda, alarm dan juga perangkat pelacak GPRS. Dengan melengkapi fasilitas keamanan tersebut maka sebuah mobil akan memiliki resiko yang lebih rendah dibanding dengan yang tidak dilengkapi dengan keamanan memadai. 

Berbagai perangkat keamanan tersebut harus bisa digunakan dan berfungsi dengan baik kapanpun dan dimanapun. Jika ada yang tidak berfungsi atau rusak segera perbaiki agar mobil bisa selalu dalam keadaan aman. 

2) Gunakan fasilitas keamanan dengan baik
Fasilitas dan fungsi keamanan yang ada di dalam sebuah mobil bukanlah pajangan, jangan remehkan dan jangan menganggap kecil. Dalam setiap kesempatan gunakanlah fasilitas tersebut dengan baik agar mobil dapat selalu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai ada kasus dimana mobil akhirnya di bawa kabur orang karena tidak menggunakan fasilitas keamanan yang tersedia. 

Usahakan, dalam keadaan apapun untuk membiasakan diri meninggalkan mobil dalam keadaan aman. Biasakanlah mengunci pintu mobil dengan baik, memasang kunci pengaman tambahan dan mengaktifkan berbagai fasilitas lain yang dimiliki. Semua memang tidak menjamin namun dengan keamanan memadai maka akan mempersulit ruang gerak pencuri.

3) Gunakan sistem keamanan tambahan
Banyak pemilik mobil yang sudah merasa cukup hanya dengan menggunakan fungsi keamanan standar, padahal sekarang ini sindikat pencurian sudah lebih pandai dan bahkan menggunakan alat yang lebih canggih. Itulah sebabnya sering terjadi kasus pencurian yang tak dapat dihindari.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda benar-benar memperhitungkan untuk menggunakan sistem keamanan tambahan yang lebih sesuai dan modern. Sebagai contoh penggunaan sistem pelacakan GPRS yang mampu mendeteksi keberadaan mobil atau alat sejenis yang fungsinya sama. 

Meski untuk produk-produk terbaru sudah secara standar langsung dilengkapi dengan teknologi yang canggih namun untuk mobil lama harus anda sesuaikan dengan baik. Jangan sayang untuk mengeluarkan sedikit uang untuk meningkatkan keamanan mobil anda. Lebih baik begitu dari pada hilang dan menyesal dikemudian hari.

4) Perhatikan lingkungan, waspada dan berhati-hati
Tetap berhati-hati juga menjadi langkah penting dalam menjaga mobil aman dari maling atau pencuri. Bentuklah sebuah kebiasaan baik dengan terus waspada dan berhati-hati dimanapun anda berada. Jangan remehkan sesuatu yang kecil, tutuplah pintu dengan benar, tinggalkan mobil di areal parkir yang aman dan selalu jaga kemungkinan yang buruk. 

Ini juga berlaku saat kita akan melepaskan mobil kepada orang lain, jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal. Jangan mudah diperdaya dengan memasukkan orang ke dalam mobil pribadi kita. Sikap hati-hati akan mendukung semua usaha kita dalam menciptakan sebuah keamanan yang diinginkan baik untuk mobil atau pun untuk kendaraan lainnya. 

5) Gunakan asuransi
Terakhir, sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya anda menggunakan asuransi. Asuransikan mobil yang dimiliki, maka dengan begitu jika sesuatu terjadi akan ada keringanan dari musibah yang timbul. 

Tentu saja, meski menggunakan asuransi anda tetap saja rugi namun tingkat kerugian yang didapat akan lebih sedikit jika dibanding tanpa menggunakan asuransi. Memiliki fasilitas pribadi sekelas mobil memang sudah semestinya memiliki tingkat keamanan yang bagus. Jadi bisa terhindar dari hal yang merugikan, benar bukan?

Itu saja, sedikit kiat di atas mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Ingat, penyesalan hanya akan terjadi setelah kita mengalami hal buruk. Jadi, sebelum terjadi akan lebih baik jika kita berhati-hati dan tetap berusaha melindungi milik kita dengan sebaik-baiknya. Demikian, salam hangat dari kami.