Rumah Aman dari Pencuri, Begini Caranya!

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Siapapun pasti ingin rumah yang dihuni aman dan tidak dimasuki oleh pencuri. Bahkan orang bodoh sekalipun pasti tidak ingin rumah dimasuki pencuri. Jika ingin rumah kita terhindar dari orang asing yang tidak bertanggung jawab dan berniat jahat maka sudah pasti kita harus memperhatikan keamanan rumah. 

Zaman sekarang ini sudah maju, untuk menjaga agar rumah kita selalu aman sebenarnya caranya tidaklah begitu sulit. Untuk kita yang tidak paham dengan sistem keamanan rumah sekalipun bisa dengan mudah belajar dan menerapkan keamanan yang memadai. Jangan sampai terlambat, jangan menunggu rumah anda kemasukan pencuri, lebih baik mulai dari sekarang dipersiapkan dengan baik. 

Agar rumah aman anda bisa menerapkan sistem keamanan konvensional yang sederhana atau bisa juga dengan menerapkan sistem keamanan modern. Semua bisa anda sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Dengan begitu usaha untuk membuat rumah terhindar dari pembobolan tidak akan mengganggu dan memberatkan anda sebagai pemilik rumah. 

Lalu apa yang harus anda lakukan, bagaimana cara agar rumah aman dari pencuri? Untuk mencegah, menghindari dan meminimalisir kemungkinan pencurian di dalam rumah anda bisa melakukan beberapa tips berikut!

1) Membuat konstruksi bangunan yang kokoh
Hal pokok yang pertama kali harus diperhatikan jika ingin rumah aman adalah ketika akan membangun rumah. Sedari awal mendirikan rumah hendaknya diperhatikan bahwa rumah sebaiknya dibangun dengan konstruksi yang kokoh dan memadai. Ini untuk semua bangunan rumah mulai dari pondasi sampai atap. 

Dengan memperhatikan konstruksi bangunan, pertama kita bisa memastikan rumah kita aman untuk ditinggali dan tidak khawatir roboh dan lainnya. Kedua, konstruksi bangunan yang kokoh sudah pasti akan menyulitkan orang asing untuk masuk ke rumah tanpa seizin anda sebagai pemilik. Maka dari itu, agar aman sebaiknya rumah dibangun dengan konstruksi dan bahan bangunan yang memadai. 

Tapi ingat, bukan hanya tembok, komponen rumah lain juga harus diperhatikan. Sebut saja misalnya kusen-kusen yang digunakan, pastikan kuat dan tidak ada rongga atau celah yang bisa dimanfaatkan orang untuk masuk tanpa izin. Jendela, pintu dan ventilasi juga harus dipastikan terbuat dari bahan yang kuat agar tidak mudah dibobol. Dengan begitu anda sudah memiliki dasar yang baik untuk mewujudkan rumah yang aman dari gangguan apapun termasuk maling.

2) Menambahkan teralis pada setiap akses masuk
Akses masuk harus diperhatikan dengan baik. Biasanya akses masuk termasuk pintu, jendela dan ventilasi merupakan jalan bagi pencuri untuk masuk ke rumah. Jadi selain memastikan terbuat dari bahan yang kuat kita juga harus memberikan keamanan tambahan yaitu dengan menggunakan teralis. 

Teralis yang dipasang di jendela dan juga pintu tidak hanya memiliki fungsi estetis melainkan juga memiliki fungsi keamanan. Maka saat memasang teralis hendaknya diperhatikan juga model, misalnya jangan memilih teralis yang jarak lobangnya terlalu lebar dan dapat dimasuki tubuh manusia. 

Gunakanlah teralis yang susunan besinya lebih rapat dengan bahan yang kokoh. Hal ini bertujuan agar teralis tidak mudah dipotong atau dibengkokkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Masalah harga atau biaya, lebih mahal tidak apa-apa yang penting bagus, indah, dan kokoh. 

3) Menggunakan perangkat keamanan tambahan
Jendela dan pintu yang ada di rumah normalnya sudah dilengkapi dengan kunci atau gerendel. Namun, jika hanya mengandalkan kunci atau gerendel tersebut jendela serta pintu rumah tetap masih mungkin untuk dibuka oleh pencuri. Sebagai contoh, pencuri masih bisa menggunakan pengait untuk membuka gerendel. 

Oleh karena itu, selain memperhatikan perangkat standar kita sebaiknya juga menambahkan perangkat keamanan tambahan pada seluruh akses masuk ke rumah mulai dari pintu, jendela atau bahkan ventilasi rumah. alat-alat tambahan yang bisa digunakan untuk mencegah pencuri di rumah antara lain sebagai berikut.

a. Kamera CCTV
b. Alarm anti maling
c. Jebakan maling

Kamera CCTV berfungsi untuk merekam gambar dan aktivitas di sekitar rumah. Dengan menggunakan kamera pengintai seperti ini maka anda bisa melihat siapa yang akan mencoba mencuri rumah anda. Perlu diingat, alat ini hanya berfungsi untuk merekam gambar dan tidak dapat digunakan maksimal untuk mencegah perbuatan kriminal.

Alarm anti maling dapat anda gunakan untuk memberikan peringatan kepada penghuni rumah jika ada yang memaksa masuk ke rumah tanpa izin. Jadi jika ada orang asing masuk rumah tanpa izin maka alarm ini akan berbunyi dan memberikan peringatan kepada anda. Selain itu, anda juga dapat menggunakan perangkat keamanan tambahan seperti jebakan maling. Perangkat tambahan ini berfungsi untuk menjebak maling yang akan mencuri.

4) Memastikan sistem keamanan berfungsi dengan baik
Hal lain yang harus anda perhatikan untuk melindungi rumah dari orang jahat adalah dengan memastikan semua sistem keamanan berfungsi dengan baik. Pastikan rumah cukup kokoh, semua akses masuk terkunci dengan baik dan perangkat tambahan juga berfungsi seperti apa yang diharapkan. 

Ini berarti, malam hari jika anda akan tidur atau jika ingin meninggalkan rumah anda setidaknya harus memastikan rumah dalam keadaan terkunci dengan baik, kamera cctv bekerja, alarm normal dan keamanan lainnya juga siap. Dengan begitu orang yang berniat jahat harus melalui beberapa halangan jika ingin memasuki rumah anda. Sudah pasti hal itu akan memperlambat dan mempersulit mereka, benar bukan?

5) Menyewa jasa keamanan
Sebagai alternatif langkah paling akhir, agar rumah aman anda bisa menyewa jasa keamanan. Dalam hal ini anda bisa menempatkan satpam untuk menjaga seluruh lokasi rumah selama waktu yang ditentukan. Dengan begitu, para pencuri bukan hanya harus melewati keamanan rumah tetapi juga harus berhadapan dengan satpam atau pihak keamanan yang anda siapkan. 

Jika anda menerapkan berbagai langkah dan tips di atas maka dapat dikatakan bahwa sistem keamanan rumah milik anda tersebut sudah cukup memadai. Namun begitu semua hal di atas tentu saja tidak dapat dipastikan akan mencegah pencurian di rumah. berbagai tips di atas adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko terjadinya pencurian.

Mudah – mudahan dengan adanya beberapa tips menhaga rumah aman dari pencuri di atas kita semua bisa terhindar dari tindak kriminal pencurian di dalam rumah. Mau pagi, mau siang, mau malam semoga tidak ada orang yang berniat jahat dengan kita.