Ingin Pintu Tidak Berbunyi, Begini Cara Mencegahnya

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Umumnya orang menginginkan pintu rumahnya tidak berbunyi karena akan berisik dan mengganggu namun sebenarnya pintu yang berbunyi juga bisa bermanfaat terutama ketika malam hari ada yang hendak mencuri. Dengan daun pintu yang berdecit maka pemilik rumah bisa tahu jika ada orang yang membuka pintu. Namun yang akan kita bahas bukan hal itu karena itu sudah masuk ranah keamanan rumah. Yang akan kita bahas adalah bagaimana solusi agar pintu tidak berbunyi.

Masalah bunyi berisik pada sebuah pintu atau daun pintu yang dibuka atau ditutup sebenarnya bisa terjadi pada semua jenis pintu rumah. Pintu biasa yang sederhana bisa berisik, pintu yang bagus dan berukir pun bisa saja berdecit berisik. Jadi jangan heran jika suatu saat anda mendapati salah satu pintu di rumah dengan masalah tersebut.

Sebenarnya hal ini adalah masalah yang ringan dan sederhana karena hanya mengganggu estetika dan kenyamanan telinga saja. Tetapi tetap saja akan lebih baik jika pintu-pintu di rumah tidak menimbulkan suara yang berisik dan membuat orang tidak nyaman. Lalu bagaimana agar semua itu tidak terjadi?

Penyebab daun pintu berbunyi
Agar terlepas dari masalah ini tentu saja hal yang harus dipelajari dan diperhatikan adalah penyebab daun pintu bisa menimbulkan bunyi yang mengganggu. Anda harus tahu lebih dahulu kenapa dan apa yang menyebabkan itu terjadi. 

Untuk mengetahui penyebab masalah ini anda bisa mengamati langsung pintu yang bermasalah. Anda bisa mengamati secara urut mulai dari engsel, dudukan engsel dan komponen lainnya. Karena pintu yang berisik biasanya disebabkan fungsi engsel pintu yang tidak bisa berjalan dengan semestinya. Beberapa penyebab umum yang teradi antara lain sebagai berikut:

a. Engsel pintu kotor
b. Dudukan engsel bergeser dan tidak pas
c. Materi engsel yang mulai rusak
d. Terdapat penghalang pada engsel
e. Engsel tidak terpasang dengan benar.

Untuk rumah yang sudah cukup lama biasanya masalah terjadi karena engsel yang terdapat pada pintu sudah kotor karena debu yang menumpuk. Bisa juga karena engsel kotor dan begitu kering sehingga timbul gesekan yang akhirnya menimbulkan bunyi.

Selain itu bisa juga karena dudukan engsel sudah bergeser dan tidak pas sehingga engsel tidak terpasang dengan benar. Sebagai contoh engsel miring sehingga salah satu bagian mengalami gesekan. Pada kasus lain bisa juga disebabkan karena materi engsel sudah mulai rusak karena sudah lama digunakan. 

Atau, bisa juga ada benda asing yang menjadi penghalang jalan engsel sehingga engsel tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan akhirnya menimbulkan suara yang tidak diinginkan. Untuk mengetahui masalah apa yang terjadi maka anda perlu mengecek dengan teliti keadaan engsel pintu yang berbunyi tersebut.

Cara mencegah agar pintu tidak berbunyi
Untuk mencegah atar pintu di rumah tidak berbunyi sebenarnya tidak begitu sulit. Caranya yaitu pertama kita pastikan terlebih dahulu apa penyebab pintu berbunyi. Setelah mengetahui apa sebanya maka kita bisa melakukan tindakan yang sesuai untuk mengatasinya. Sebagai contoh, jika ternyata penyebabnya adalah karena engsel terlalu kering dan kotor maka solusinya adalah dengan membersihkan engsel tersebut dan juga memberikan sedikit pelumas. 

Jika masalahnya adalah karena engsel pintu yang bergeser dan tidak terpasang dengan benar maka kita bisa menyesuaikan atau memasangnya seperti semua. Engsel harus dipasang dengan pas dan benar agar semua sisi tidak ada yang terhimpit atau terhalang, misalnya dudukan dan engselnya tidak sejajar. 

Untuk memastikan suara berisik hilang anda bisa juga mengencengkan engsel tersebut agar engsel bisa bekerja dengan baik. Kalau menggunakan pelumas maka gunakanlah pelumas khusus agar lebih efektif dan tahan lama. 

Umumnya, jika tidak ada masalah pada engsel namun engsel masih saja menghasilkan bunyi yang mengganggu maka sebaiknya anda ganti engsel pintu dengan yang baru. Hal ini karena engsel bagian dalam biasanya sudah tidak mendukung, bisa juga sudah aus, sehingga menimbulkan suara. 

Jika terpaksa mengganti engsel pintu hendaknya anda pastikan bahwa pemasangan engsel tersebut sudah tepat dan benar-benar kuat dan rata. Kalau tidak engsel baru pun memiliki kemungkinan akan berdecit jika pemasangannya tidak benar. 

Itulah tadi sedikit tips dan kiat dalam mengatasi agar pintu tidak berbunyi. Meski saya pribadi membiarkan salah satu pintu rumah saya berdecit untuk alasan keamanan namun saya sama sekali tidak menyarankan anda membiarkan pintu rumah berbunyi seperti itu. Mudah-mudahan sedikit yang disampaikan bisa menjadi bahan belajar dan referensi.