Jangan Ceroboh, Ini Cara Aman Belanja Online

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Kemajuan teknologi membuat kita dapat berbelanja online bahkan dari rumah, tetapi jangan sampai ceroboh, anda harus tahu cara aman belanja online tersebut. Saat ini memang era kemajuan baru dimana banyak kemudahan yang bisa dinikmati. Namun begitu banyak juga yang mencari celah untuk mengambil keuntungan demi diri sendiri dengan melakukan tindakan tidak terpuji. Banyaknya kasus yang menimpa para pembeli harus dijadikan pelajaran agar berhati-hati dalam berbelanja secara online.

Adanya kasus penipuan jual beli sebenarnya juga dikarenakan banyaknya ketidaktahuan masyarakat tentang teknologi yang digunakan. Bahkan sering kali orang hanya tahu yang penting belanja tanpa memperhatikan sama sekali sisi keamanan dari kegiatan yang dilakukan. Maka dari itu hendaknya kita belajar dan mencari informasi agar kegiatan yang kita lakukan tetap aman.

Belanja online sebenarnya mudah apalagi jika dibarengi dengan kemampuan dan kesadaran akan pentingnya transaksi online secara aman. Maka dari itu anda selaku konsumen tidak salah jika mengetahui dasar-dasar transaksi yang aman jika menggunakan media online seperti di internet. Lalu, agar terhindar dari kejahatan online apa saja yang dapat kita lakukan. Yang dapat anda lakukan agar transaksi jual beli aman setidaknya ada dua poin utama yaitu:

1) Lakukan belanja di tempat yang aman
2) Lakukan belanja dengan cara yang aman

Dua hal tersebut merangkum beberapa langkah mudah dan praktis dalam melakukan transaksi jual beli online melalui toko online. Pada prinsipnya dua hal tersebut akan mengarahkan kita pada kegiatan yang tingkat resikonya lebih sedikit. Mari kita kupas satu-satu agar lebih jelas.

Belanja di tempat yang aman
Kegiatan belanja online berbeda dengan belanja di dunia nyata dimana penjual dan pembeli dapat langsung bertatap muka. Dalam jual beli online anda hanya bisa bertatap dengan toko online yang mewakili penjual. Bahkan seringkali pembeli tidak tahu sama sekali satu dengan lainnya artinya tidak saling mengenal. 

Karena itulah sangat penting untuk menelusuri terlebih dahulu toko online yang akan digunakan untuk belanja. Perlu anda pastikan bahwa anda akan berbelanja di tempat yang benar-benar aman. Anda harus dapat memastikan tingkat keamanan dari situs yang akan digunakan. Jadi, belanja online – untuk saat ini – tidak dapat dilakukan atau kurang aman jika dilakukan disembarang tempat atau toko yang belum terjamin keamanannya. Dalam hal ini kita harus belanja online dengan:

a. menggunakan situs belanja online aman
b. menggunakan situs belanja terpercaya

Lalu pertanyaan selanjutnya bagaimanakah caranya untuk mengetahui apakah situs tersebut aman atau tidak? Yang perlu dilakukan pertama kali adalah memastikan situs belanja terbebas dari kegiatan peretasan. Belanja online tentu kebanyakan akan menggunakan kartu kredit atau semacamnya, maka dari itu sangat penting untuk memastikan bahwa situs belanja tidak bertindak sebagai perangkat untuk mencuri informasi dari alat pembayaran yang kita gunakan. 

Cara untuk mengetahui apakah situs tersebut aman dari kegiatan pencurian informasi adalah dengan mengamati alamat situs tersebut. Caranya dengan melihat ikon gembok yang ada pada alamat situs. Situs yang aman menggunakan awal https:// sedangkan yang belum dijamin keamanannya hanya menggunakan http://.

Selain memperhatikan keamanan situs sebaiknya anda juga harus memperhatikan situs yang anda gunakan apakah situs tersebut sudah terpercaya atau tidak. Akan lebih baik jika anda berbelanja menggunakan situs jual beli yang sudah dikenal dan sudah dipercaya. 

Situs yang dapat dipercaya umumnya memiliki ciri menggunakan alamat kantor fisik yang jelas, memiliki nomor kontak yang bisa dihubungi dengan baik dan dapat dilacak pihak-pihak yang berkaitan dengan toko tersebut. Jangan mudah terkecoh, lakukan analisa dan cari informasi yang akurat sebelum melakukan transaksi dari situs yang belum dikenal. 

Belanja dengan cara yang aman
Selain berbelanja di tempat yang aman, agar aman belanja online caranya adalah dengan berbelanja dengan cara yang aman. Artinya apa, artinya adalah anda hendaknya melakukan transaksi belanja dengan cara-cara yang bisa melindungi anda dari tindak kejahatan dan penyalahgunaan. Ada beberapa poin yang bisa diperhatikan dalam hal ini yaitu:

a. Lebih baik gunakan kartu kredit
b. Jangan berikan informasi yang tidak relevan
c. Simpan sandi dengan baik
d. Simpan detail pesanan

Dalam berbelanja di internet biasanya ada beberapa pilihan metode pembayaran, nah jika memungkinkan akan lebih baik jika kita menggunakan kartu kredit untuk pembayaran. Salah satu alasannya adalah karena kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit dan berbeda dengan kartu debit yang akan langsung terhubung dengan data rekening bank milik anda. 

Dengan menggunakan kartu kredit maka anda dapat mengurangi resiko peretas yang bisa langsung terhubung dengan akun bank jika anda menggunakan kartu debit dan data informasinya bocor. Namun yang terpenting adalah anda sebaiknya selalu bisa memastikan semua aman dari pencurian informasi baik itu menggunakan kartu kredit atau kartu debit. 

Selanjutnya, saat berbelanja sebaiknya anda juga tidak sembarangan memberikan informasi di dalam situs belanja tersebut. Jika ada informasi lain yang diminta dan dirasa janggal dan tidak berhubungan dengan transaksi yang akan dilakukan maka sebaiknya anda tidak memberikan informasi tersebut. Sebagai contoh, jangan memberikan informasi akun, data bank atau identitas dan informasi lain yang tidak diperlukan. 

Jangan lupa juga untuk selalu memastikan sandi akun anda tersimpan dengan baik. Ini sangat penting karena jika informasi akun termasuk sandi anda diketahui peretas maka resikonya akan sangat besar. Maka, jangan beritahukan sandi kepada siapapun apalagi di sebuah situs. 

Yang tak kalah penting dalam melakukan transaksi belanja di internet adalah dengan menyimpan bukti pesanan yang dilakukan. Ini dapat digunakan untuk jaga-jaga andaikata terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja barang tidak sesuai dengan yang anda pesan. Anda bisa menggunakan bukti pesanan tersebut untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak penjual dalam hal ini toko online. 

Dalam hal transaksi atau kegiatan belanja online ini anda tidak hanya harus berhati-hati dan waspada. Sebagai pengguna situs belanja anda juga harus selalu mengupdate informasi-informasi terbaru yang berkaitan dengan teknologi yang anda gunakan tersebut. Cari tahu apa yang baru khususnya yang berkaitan dengan keamanan berbelanja secara online. 

Itu saja, cara-cara di atas tidak dapat memberikan jaminan anda terlepas dari tindakan penyalahgunaan namun dengan mempertimbangkan berbagai hal tersebut setidaknya anda telah mengurangi resiko menjadi korban kejahatan di dunia maya. Mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat menjadi pertimbangan dan inspirasi. Sekian, terima kasih atas perhatian anda.