Cara Usir Semut pada Tanaman

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Alami Usir Semut pada Tanaman - Urusan desain rumah tidak setiap hari atau setiap bulan kita lakukan. Yang paling sering harus kita lakukan berkaitan dengan pemeliharaan rumah adalah memelihara taman rumah. Di rumah idaman yang kita miliki, selain harus merawat tanaman kita juga harus memastikan bahwa seluruh tanaman yang ada tidak diserang hama. Pekerjaan yang tampak sederhana namun perlu dilakukan dengan benar agar taman tetap indah.

Apa yang akan kita bahas kali ini adalah berkaitan dengan pemeliharaan tanaman khususnya pemeliharaan terhadap serangan hama dan hewan pengganggu. Selain harus sehat tanaman juga harus terhindar dari hewan pengganggu bukan, seperti misalnya semut yang menyerang bunga atau pucuk daun. Nah disini kita akan bahas bagaimana menghilangkan masalah semut pada tanaman

Biasanya, jika ada hama dan hewan pengganggu yang menyerang kita langsung memberantasnya dengan pestisida. Cara yang cepat namun juga beresiko baik untuk tumbuhan maupun untuk penghuni rumah. Jadi kenapa tidak mencoba cara yang lebih alami, yang pasti aman untuk keluarga?

Masalah Semut yang Sering di Hadapi

Berkaitan dengan masalah ini ada beberapa jenis gangguan yang sering kita hadapi dan untuk itu berikut akan disinggung juga mengenai beberapa alternatif masalah dan juga solusi yang mungkin bisa membantu. Selain informasi tentang Cara Usir Semut pada Tanaman, beberapa cara lain juga sering kita butuhkan yaitu sebagai berikut:
1. Cara mengusir semut dari tanaman dan pohon
2. Cara mengusir semut pada tanaman
3. Cara mengusir semut pada tanaman cabe
4. Cara mengusir semut dari rumah
5. Cara mengusir semut merah
6. Cara mengusir semut hitam rumah
7. Cara mengusir semut rangrang
8. Cara mengusir semut merah kecil

Tidak semua solusi masalah di atas berkaitan dengan rumah tinggal yang kita miliki jadi hanya beberapa yang akan kita perdalam dalam rangka melakukan pemeliharaan rumah agar tetap indah, nyaman dan berkelas. Jangan lupa baca juga: contoh denah rumah minimalis bagus

Banyak diantara kita juga sering mengalami masalah dengan semut lainnya, karena itu pembahasan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan semut di atas bisa kita cari dan kita pelajari untuk mengatasinya. Untuk sementara pembahasan ini kita  fokus terlebih dahulu pada satu pokok, lain waktu beberapa alternatif lain yang disebutkan di atas akan kita ulas satu per satu.

Solusi Alami Usir Semut pada Tanaman

Telah disebutkan di atas bahwa kebanyakan dari kita melakukan cara instan dalam mengusir semut yang menjadi hama bagi tanaman hias namun disini kita tidak bahas cara tersebut. Yang akan kita bahas adalah solusi alami yang tidak membuat kita bergantung pada produk kimia yang mungkin akan berdampak pada kesehatan kita. Yang akan kita coba disini adalah cara usir semut menggunakan bawang putih, karena kita akan mengusir semut yang ada di areal rumah yaitu kebun.

Berkebun juga membutuhkan langkah-langkah alami. Tidak semua hama harus dibabat habis menggunakan pestisida. Cara ramah lingkungan dapat diterapkan demi sebuah lingkungan yang sehat yang akan mendukung kehidupan seluruh penghuninya.

Untuk anda yang suka praktis mungkin cara ini akan sedikit menyulitkan namun jika orientasi anda adalah keindahan dan kesehatan lingkungan jangka panjang maka anda wajib mempelajarinya lebih lanjut. Untuk mengusir semut dengan cara alami sebenarnya tidak begitu sulit, caranya yaitu:

Untuk mengontrol semut secara organik, semprotkanlah air campuran dengan essense bawang putih rutin tiap hari pagi dan sore hingga semut tidak datang kembali.

Untuk mendukung langkah alami yang dilakukan di atas tentunya akan lebih baik jika kita mulai berkebun dengan metode yang lebih ramah lingkungan (alami), dengan demikian kesehatan seluruh ekosistem lingkungan rumah bisa sehat untuk ditinggali.

Jika anda ingin mencoba, langkah-langkah berkebun yang ramah lingkungan sebenarnya tergolong mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Tanamlah tanaman yang sesuai dengan kondisi taman. Sesuaikan dengan kesuburan tanah yang ada, kebutuhan air, jenis tanahnya, serta keperluan sinar matahari dan lainnya.
  2. Pilihlah tanaman yang tahan terhadap serangan hama dan serangga. Carilah informasi yang cukup mengenai jenis tanaman yang hendak ditanam.
  3. Berilah jarak yang sesuai dengan pertumbuhan tanaman dari kecil hingga besar. Hindari kondisi yang sangat padat oleh satu jenis tanaman. Pastikan aliran udara lancar hingga ke bagian terkecil tanaman dan tidak terlalu lembab dan gelap. Umumnya kesamaan jenis tanaman dan kondisi lembap akan mempercepat dan mempermudah kehadiran serangga.
  4. Tanamlah jenis tanaman yang dapat mengundang serangga yang menguntungkan. Contohnya tanaman Bunga Matahari yang mengundang serangga pemakan hama. Atau gunakan tanaman yang mempunyai aroma dapat mengusir serangga. Misalnya, bunga Cosmos/Bunga Tahi Kotok yang mempunyai aroma yang tidak menyenangkan bagi serangga.
  5. Berikan variasi tanaman berbunga pada taman, setidaknya antara 5 hingga10% bagian taman. Serangga “baik” akan datang jika terdapat bunga yang mengandung nektar yang menjadi makanannya.
  6. Gunakan mulsa untuk mengontrol gulma dan menjadikan gulma sebagai rumah bagi serangga laba-laba yang dapat memangsa hama pada tanaman. Dalam aplikasinya, carilah informasi lebih lanjut dari cara pemakaian gulma yang tepat dan efisien.
  7. Segeralah membuang kelopak bunga yang telah layu pada tanaman. Hindari kelopak bunga yang lalu dan tetap menempel pada ujung batang.
  8. Jika terjadi serangan awal, lakukan pemangkasan dan buanglah sisa pemangkasan tersebut ke tempat yang jauh dari taman atau membakarnya pada tempat yang aman.

Keadaan lingkungan yang seimbang sebenarnya tidak akan membuat kita terganggu, sebagai contoh keberadaan hewan-hewan kecil di sekitar tanaman juga memiliki perannya masing-masing. Jika kita benar-benar peduli dengan peran lingkungan terhadap kehidupan kita maka tidak salah jika kita berusaha untuk kembali hidup lebih alami dan terbebas dari zat kimia berbahaya.

Cara Alami Usir Semut pada Tanaman

Salam sehat dan salam indah untuk semua, mudah-mudahan apa yang disampaikan berkaitan dengan Cara Usir Semut pada Tanaman di atas bisa menjadi sumber inspirasi dan ide tambahan dalam pemeliharaan hunian indah nan sehat yang anda dambakan. Tips dan info seputar pemeliharaan rumah dan taman lainnya bisa anda baca di bagian bawah. Trims