Contoh Denah Rumah Minimalis Bagus

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Contoh Denah Rumah Minimalis yang Bagus - Memiliki perencanaan yang matang sebelum anda membangun sebuah rumah idaman adalah suatu keharusan yang tak bisa lagi ditawar. Hal ini karena rumah yang akan dibuat merupakan tempat yang sangat penting, jadi kita harus memastikan semua hal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Kita harus benar-benar jeli dan juga teliti saat kita sedang melakukan perencanaan ini, apalagi jika kita menginginkan hasil terbaik dan tidak ingin kecewa nantinya.

Sebelum kita sibuk dalam proses pembangunan, kita akan lebih dulu di sibuk-kan dengan proses perencanaan yang matang. Banyak hal yang harus kita lakukan saat merencanakan pembuatan rumah dan semua hal itu harus kita lakukan dengan baik. Beberapa kegiatan perencanaan rumah tersebut antara lain yaitu:

a. Pemilihan desain rumah
b. Penyesuaian model rumah yang dipilih
c. Perencanaan keuangan

Yang paling banyak dilakukan pertama kali saat kita merencanakan membangun rumah biasanya adalah memilih desain dan tipe rumah yang akan dibuat. Tentu saja, pemilihan ini butuh waktu dan butuh perencanaan yang matang karena kita harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari desain rumah, gambar denah rumah, dan berbagai perubahan yang kita inginkan.

Saat kita telah memilih desain atau tipe rumah yang cocok misalnya, akan sangat mungkin kita memiliki ide dan rencana sendiri yaitu dengan melakukan modifikasi atau perubahan bagian-bagian tertentu yang kita inginkan pada desain yang sudah dipilih. Hal tersebut perlu direncanakan, dan dipertimbangkan dengan baik sehingga hasilnya bisa maksimal.

Kegiatan yang tak kalah penting sebelum kita membangun rumah adalah perencanaan keuangan (anggaran). Dengan melakukan perencanaan anggaran kita akan lebih mudah memetakan bentuk, model dan berbagai perabotan serta bagian-bagian rumah yang ada sesuai kebutuhan, keinginan dan standar pengeluaran yang disepakati.

Jika dananya banyak kita bisa memilih desain rumah mewah dan jika pendanaan nya disesuaikan maka kita bisa menerapkan denah rumah minimalis yang dipilih dari model rumah minimalis yang lebih ramah keuangan.

Tips Memilih Denah Rumah Yang Bagus

Salah satu proses perencanaan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah proses perencanaan tata ruang yang dibutuhkan. Dalam hal ini kita akan membuat rencana untuk denah rumah yang cocok untuk hunian yang kita miliki. Meski denah rumah biasanya sudah satu paket dengan desain namun kita bisa modifikasi sesuai kebutuhan. Dalam memilih denah tersebut, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:
1. Tentukan jumlah kebutuhan ruangan (berkaitan dengan jumlah ruang yang dibutuhkan)
2. Tentukan nilai estetis yang anda kehendaki (berkaitan dengan tata letak ruang)
3. Jangan terlalu memaksa (sesuaikan dengan desain)
4. Pilih yang bagus dan sesuai kebutuhan

Meski anda bisa langsung mengadopsi contoh desain rumah yang sudah terjadi namun anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di atas jika menginginkan sedikit perubahan yang lebih sesuai kebutuhan dari gambar rumah minimalis yang sebelumnya telah dipilih.

Jumlah ruangan tentu bisa kita atur, kita bisa menentukan terlebih dahulu berapa kamar yang dibutuhkan, seberapa luas ruang tamu yang diinginkan, bagaimana dengan ruang keluarganya dan seterusnya. Kita juga bisa menentukan tata letak sebuah ruangan sesuai yang diinginkan, sebagai contoh anda ingin kamar utama menghadap kemana, bagaimana ruang kamu anda dan seterusnya.

Tentu saja, dalam membuat perubahan konsep seperti ini untuk lebih mudah anda bisa tetap berpatokan dengan denah yang asli dimana kita hanya melakukan sedikit perubahan saja. Ingat, jangan terlalu dipaksakan, jika semua di rubah berarti anda membuat sendiri desain tersebut. Untuk yang satu ini kami anjurkan khusus bagi anda yang percaya diri dan benar-benar ingin mendapatkan konsep denah rumah minimalis yang benar-benar bagus dan sesuai keinginan sendiri.

Jika anda hanya memilih atau menggunakan desain yang sudah jadi, maka pastikan ukurannya benar-benar sesuai dengan luas lahan yang akan dibangun. Jangan sampai anda sudah susah-susah mencari "denah rumah yang bagus" namun tidak bisa digunakan karena beda ukuran.

Contoh Gambar Denah Rumah Minimalis

Mungkin anda ingin membuat sendiri denah ruangan pada rumah yang akan anda bangun jadi anda membutuhkan contoh-contoh sebagai ide, bahan dan referensi tambahan. Ya, hal itu mungkin saja terjadi, kreativitas dan kebutuhan tentu bisa saja membuat kita ingin mendesain sendiri denah yang sesuai.

Jika anda membutuhkan referensi untuk contoh gambar denah rumah, baik itu sebagai acuan saja atau ingin digunakan langsung anda bisa melihat beberapa contoh yang ada disini. Berikut beberapa denah rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi untuk anda. Lihat juga: contoh denah rumah tipe 70 terlengkap



Manakah Denah Rumah Minimalis Bagus yang anda pilih, apakah sesuai dengan kebutuhan anda? Jika anda membutuhkan ide untuk model rumah dua lantai anda bisa melihat denah dua lantai di atas sebagai gambaran. Masing-masing tata ruang bisa anda modifikasi atau anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Jika anda ingin melihat beberapa gambar lain agar anda bisa lebih leluasa membandingkan maka silahkan lihat juga beberapa denah lainnya yang ada di bawah ini. Masing-masing berbeda baik dari sisi estetis keindahan, tata ruang dan juga ukurannya. 


 
 


Terakhir, dalam menentukan pilihan anda bisa menyesuaikan dengan tipe rumah minimalis yang digunakan. Pilihlah tipe dan juga gaya yang sesuai dan pastinya nyaman untuk diterapkan di hunian anda nantinya. Mana yang anda butuhkan, denah 2 lantai atau denah 1 lantai? Silahkan disesuaikan dengan apa yang ada pada benak anda.
Contoh Denah Rumah Minimalis yang Bagus
By: gambarminimalisrumah.com


Mudah-mudahan apa yang dibahas disini bisa menjadi tambahan inspirasi anda dalam menentukan penataan rumah yang sedang dilakukan. Jika anda membutuhkan beberapa Contoh Denah Rumah Minimalis Bagus lain silahkan lihat juga berbagai koleksi sebelumnya di bagian akhir tulisan ini. Sekian tips seputar rumah kali ini, semoga bermanfaat!