Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana - Sekarang ini desain minimalis sederhana masih menjadi pilihan yang disukai banyak kalangan khususnya yang mendambakan rumah sederhana mewah nan indah. Jika anda salah satu yang memiliki rumah idaman seperti ini mungkin membutuhkan sedikit tips yang akan diberikan yaitu berkaitan dengan desain dan juga penataan rumah.

Rumah minimalis memang memberikan kepuasan tersendiri khususnya dalam segi kesederhanaan. Namun ada kalanya kesederhanaan ini juga membuat kita bingung khususnya saat akan menata ruangan yang serba minimalis tersebut. Keterbatasan ruangan ini perlu di antisipasi dan disiasati agar rumah yang kita huni tetap nyaman, indah dan memenuhi segala fungsi yang dibutuhkan.

Yang terpenting berkaitan dengan hal itu adalah bahwa kita harus tetap memiliki hunian yang membuat kita nyaman dalam segala aspek baik keindahan maupun fungsi pemenuhan kebutuhannya. Untuk mendukung proses penataan rumah minimalis tersebut perlu adanya tips dalam penataan dan juga beberapa contoh desain penataan rumah minimalis yang sederhana namun indah dan nyaman.

Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana

Kita pasti bisa menyajikan kesan indah, nyaman, dan luas di rumah kecil yang kita miliki dengan berbagai kreativitas dan tips yang baik. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa mencoba beberapa tips penataan rumah minimalis sebagai berikut.

1. Optimalkan ruang kosong
Anda dapat mengoptimalkan ruang-ruang kosong di sudut-sudut atau di bawah tangga rumah minimalis anda sebagai tempat penyimpanan atau hal lainnya. Sebagai contoh, di bawah tangga, Anda dapat mengubahnya menjadi ruang penyimpanan untuk menyimpan segala jenis alat perumahan yang sering Anda gunakan sehari-hari, seperti alat berkebun, alat pembangun, rak sepatu, dan lain sebagainya, Sebaiknya hindari barang-barang yang menumpuk, sehingga ruangan akan terlihat rapi dan padat.

2. Penataan sistem pencahayaan
Anda dapat menggunakan dua jenis lampu sebagai penerangan utama rumah minimalis anda, yaitu neon dan bohlam. Bola yang memancarkan cahaya kuning akan memberikan kesan hangat, segar, alami dan romantis. Sementara neon yang menghasilkan cahaya putih akan memberi efek formal, dingin, luas, dan ramah ke sebuah ruangan.

3. Pemilihan posisi jendela dan kaca
Posisi jendela dan pemilihan kaca juga sangat penting dalam menciptakan kesan lebih luas dari sebuah rumah kecil dan indah. Hindari menggunakan jendela besar dan kaca yang dihiasi dengan motif terlalu banyak. tentukan posisi jendela yang tepat dimana sinar matahari bisa bebas masuk serta dapat membantu sirkulasi udara. anda dapat membaca artikel kami tentang tips dekorasi rumah untuk mengetahui aspek-aspek yang penting dan meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Desain Rumah Minimalis Sederhana

Setelah sedikit membahas mengenai berbagai tips penataan rumah di atas ada baiknya kita juga melihat beberapa desain rumah minimalis sederhana sebagai tambahan referensi. Untuk itu, berikut beberapa gambar desain rumah yang mungkin bisa anda jadikan referensi kedepan untuk membangun rumah idaman anda. 

Desain dan Cara Penataan Rumah Minimalis Sederhana


Bentuk yang sederhana dan ukuran yang tidak terlalu luas memang inti dari rumah seperti ini. Untuk contoh desain di atas bisa kita liat bahwa desain tersebut lebih mengedepankan sisi sederhana ketimbang kesan glamor dan mewah. Pemilihan warna dinding yang lembut membuat rumah menjadi terasa lebih sejuk dan nyaman. Pada desain di atas dipilih warna-warna yang tidak mencolok yang dapat mendukung kesan yang kuat.

Dari sisi model atau bentuk, desain di atas juga dapat di katakan sederhana sekali. Bisa kita lihat, pada bagian atap di desain dengan model atap dua tingkat yang cukup umum. Pada bagian depan (muka) juga tidak terdapat bentuk-bentuk yang terlalu di luar kebiasaan. 



Semoga sedikit pembahasan mengenai Cara Menata Rumah Minimalis Sederhana tersebut di atas bisa menambah referensi kita semua dan membangkitkan ide-ide kreatif dalam pemilihan, penataan, dan desain rumah minimalis yang kita inginkan. Jangan lupa baca juga beberapa tips seputar rumah tinggal lainnya di bagian bawah.