Contoh Taman Gaya Eropa Klasik

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Contoh Taman dengan Gaya Eropa Klasik - Taman adalah salah satu bagian rumah yang sangat penting. Keberadaan taman bukan hanya untuk kebutuhan unsur keindahan semata melainkan juga untuk unsur kesehatan dan juga kenyamanan. Seperti kita tahu, dengan adanya taman maka rumah idaman kita akan terasa lebih indah dan tentunya lebih nyaman. Nah, bagi yang sedang mempersiapkan pembuatan taman dan membutuhkan contoh penataan taman maka bisa melihat beberapa contoh untuk gaya taman eropa yang akan segera kita bahas.

Membuat taman rumah bukan berarti hanya menanam bunga dan beberapa tanaman hias lain di depan rumah. Taman memiliki konsep dan desain tersendiri di mana konsep atau desain taman tersebut bisa diterapkan untuk mendapatkan sebuah taman yang menakjubkan. Maka dari itu sebelum memutuskan membuat taman rumah kita sebaiknya tidak lupa untuk mencari referensi mengenai konsep taman seperti apa yang akan kita buat.

Ada banyak konsep atau desain yang bisa diterapkan, ada taman modern, ada taman klasik dan lain sebagainya. Untuk kali ini kita akan membahas konsep taman dengan gaya eropa klasik. Pembahasan ini tentu bukan bermaksud menggurui namun hanya sebagai bahan ide dan pertimbangan kita semua dalam memilih gaya taman rumah yang diinginkan. Maka dari itu sebelum menentukan langkah hendaknya jangan lupa mencari referensi terlebih dahulu misalnya:

1) Contoh gaya taman yang indah
2) Gaya taman rumah minimalis
3) Konsep taman rumah terbaru
4) Cara desain taman rumah asri
5) Gambar taman eropa yang menarik

Untuk taman dengan gaya eropa klasik ini cocok dengan rumah beraksitektur klasik juga seperti rumah model Spanyol maupun Eropa, bisa juga diaplikasikan pada model rumah lainnya, contoh taman indah klasik seperti di Perancis, di sana dikenal istana Versaille yang mempunyai taman klasik mempesona. Taman ini mempunyai model khas yaitu teratur dan mengikuti pola-pola geometris seperti segitiga, lingkaran ataupun kotak. Karena keteraturan bentuk dan model ini maka penyesuaian pada tanaman patut dilakukan. Tanaman ini bisa menjadi acuan, seperti pohon serut, teh-tehan, gardenia, mirten, lantana, cemara, bambu jepang, beringin, siantau, soka, bougenville, azalea.

Tanaman yang memiliki ciri tajuk daunnya dipakai untuk memberi kesan klasik yang terlebih dahulu dibentuk sesuai dengan yang kita inginkan, atau pemasangan kerangka yang dibentuk pergola (pergola dianggap mewakili karakter klasik) dan diberi tanaman rambat sekelilingnya.


Untuk pergola dibutuhkan tanaman rambat seperti bougenville terutama yang berbunga merah karena cepat tumbuh, alamanda, stepanot, thunbergia, ceguk/wundani, air mata pengantin dan satu lagi bisa dengan pohon anggur untuk yang tinggal di daerah panas. Berbeda dengan taman bergaya tropis yang perawatannya relatif lebih ringan, gaya klasik lebih membutuhkan kesungguhan anda untuk menjaga bentuk geometrisnya dengan memangkas secara teratur.

Versaille Palace by.Jason Burmeister


Contoh Taman Gaya Eropa Klasik
Foto: Ilustrasi/ideaonline.co.id

Dengan memperbanyak referensi berbagai gambar desain atau konsep taman maka kita akan lebih leluasa untuk menerapkan mana yang paling indah dan cocok untuk kita buat di hunian kita. Jangan lupa, sebelum menata taman baca juga beberapa tips membuat taman rumah yang ada di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga Contoh Taman Gaya Eropa Klasik di atas bisa bermanfaat.