Model Penataan Ruang Tamu Sederhana dan Indah

Ditulis oleh: Rumah Idaman Baru -
Penataan Ruang Tamu Sederhana Indah - kalau ruang tamu jelek tentu malu dong? Maka dari itu kita harus bisa membuat ruang tamu tampak megah, indah dan tentunya nyaman bagi siapapun terutama tamu yang berkunjung ke rumah kita. Menata ruang tamu bukan sembarangan dan merupakan perkara yang mudah loh, pasalnya berbagai sisi harus kita pertimbangkan dalam mengelola ruangan tersebut. Bukan hanya furniture yang penting, tata letak pun memiliki peran yang cukup penting. Penasaran bagaimana cara menata ruang tamu yang indah, simak penjelasan berikut!

Kalau kita tidak memiliki ide sendiri maka sebenarnya kita bisa mencari ide dari berbagai model penataan ruang tamu sederhana dan indah yang ada. Kita dapat mencari ide dan referensi dari berbagai sumber baik media cetak maupun online. Seperti pada situs rumah idaman ini, kita bisa mendapatkan banyak sekali referensi untuk mendapatkan ide-ide penataan berbagai ruangan yang ada di rumah kita. Kita dapat mempelajari dari mulai cara memilih cat dinding, model-model perabotan dan lain sebagainya.

Khusus untuk penataan ruang tamu ini kita akan membahas dua hal penting, pertama kita akan membahas mengenai beberapa kiat penataan yang bisa kita tiru, kedua kita bisa mencari inspirasi dari berbagai contoh yang nanti juga akan dihadirkan. Tapi sebelum itu, mungkin ada beberapa yang juga ingin mendapatkan lebih banyak rujukan, bila benar silahkan coba pelajari juga beberapa artikel berikut:

1) Penataan ruang tamu minimalis sederhana
2) Penataan ruang tamu keluarga makan
3) Penataan ruang tamu luas
4) Penataan ruang tamu lesehan
5) Penataan ruang tamu ukuran kecil
6) Penataan ruang tamu rumah type 36
7) Gambar penataan ruang tamu


8) Desain ruang tamu sederhana

Beberapa artikel tentang rumah di atas juga bisa menjadi sumber inspirasi dan bahan pertimbangan kita dalam menemukan dan memilih konsep atau model penataan yang benar-benar sesuai dan dapat mewakili semua keinginan kita.

Tips Penataan Ruang Tamu Sederhana

Pengalaman sebenarnya memberikan pengaruh penting dalam konsep penataan ruang yang akan kita implementasi kan. Bagi kita yang belum atau jarang sekali mempertimbangkan model penataan sebuah ruangan mungkin pendekorasian ruangan agar terlihat indah akan terasa sulit. Namun jika kita sering mempertimbangkan dan melakukan penataan maka sekali melihat ide model penataan saja kita akan mengerti poin-poin yang harus di perhatikan.

Untuk kita yang belum begitu terbiasa dan ingin membuat ruang tamu yang sederhana tampak lebih indah dan nyaman maka kita harus sedikit bersabar dan menyiapkan waktu untuk mencoba. Dalam melakukan penataan kita bisa memperhatikan beberapa tips menata ruang tamu yang ada di bawah ini.

  1. Padukan warna yang ada di ruangan
  2. Pilih bentuk furniture yang sesuai konsep
  3. Bentuk dan warna lampu juga penting
  4. Jangan berlebihan pada hiasan dinding
  5. Hindari penggunaan warna yang terlalu terang
  6. Sesuaikan dengan luas ruangan
Masalah warna yang ada dalam satu ruangan harus benar-benar di pertimbangkan. Perhatikan pemilihan warna untuk cat dinding, perabotan, meja kursi dan bahkan warna lantai sekalipun. Ruang tamu akan tampak lebih indah dan nyaman jika masing-masing warna cocok satu sama lain. Selain itu, untuk mendapatkan kesan ruangan yang nyaman sangat jarang di pilih warna-warna yang begitu mencolok, yang banyak di pilih adalah warna-warna yang lebih lembut.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan pilihan model dan bentuk furniture yang akan digunakan. Perhatikan bentuk dan model sofa atau kursi yang digunakan. Perhatikan juga bentuk ornamen lain yang ada di sekitar ruang baik itu meja, pot bunga dan sebagainya.

Selanjutnya, mendapatkan kesan indah kita bisa menggunakan hiasan untuk di pasang di dinding namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan perbandingan ruang yang ada. Jangan terlalu penuh sesak, tempatkan hiasan secukupnya saja agar ruangan tidak terkesan sumpek dan sempit. Ini bisa kita lakukan dengan menyesuaikan dengan luas bidang keseluruhan yang ada dalam ruang tersebut.

Contoh Konsep Penataan Ruang Tamu

Kalau hanya menerawang mungkin akan lebih sulit bagi kita untuk mendapatkan penataan ruang tamu indah yang sesuai keinginan. Maka dari itu, untuk tetap menonjolkan sisi sederhana dan indah tersebut kita bisa mulai untuk mencari berbagai rujukan dan bahan lain untuk mendapatkan ide penataan yang sesuai. Kita bisa meniru konsep yang dianggap sesuai dan tentunya kita juga bisa menerapkan ide kita sendiri. Sekedar untuk referensi, berikut ada satu konsep ruang tamu yang lumayan sederhana dan indah.

Gambar interior ruang tamu berikut ini menggambarkan konsep atau model penataan yang elegan namun tetap berkesan tidak berlebihan alias sederhana. Tidak terlalu banyak polesan, penataannya sederhana namun terlihat sekali bahwa hasil ruangan-nya begitu nyaman dan indah. Hal itu tidak terlepas dari pemilihan warna yang begitu apik dan serasi satu sama lainnya.

Penataan Ruang Tamu Sederhana dan Indah

Demikianlah sedikit mengenai pembahasan kali ini. Semoga apa yang disampaikan bisa menambah referensi untuk Model Penataan Ruang Tamu Sederhana dan Indah yang sedang kita butuhkan. Jangan lupa juga untuk melihat beberapa model dan contoh lain di bagian bawah.